Comscore Tracker

Ada Taeyong NCT, Ini 6 Artis SM yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyak

Emang terbukti berbakat nih! #WaktunyaKorea #HypeIDN

Korean Music Copyright Association atau biasa disebut KOMCA merilis daftar terbaru dari Top 100 Most Copyrighted Kpop Idols hingga bulan Oktober 2020. Daftar ini dibuat berdasarkan jumlah lagu yang melibatkan para idol sebagai lyricist, composer maupun arranger.

Diisi oleh deretan idol dari berbagai generasi dan beragam agensi, terdapat enam artis SM Entertainment yang masuk dalam daftar ini. Sudah tahu siapa saja enam artis berbakat tersebut? Yuk, cek di bawah ini!

1. BoA

Ada Taeyong NCT, Ini 6 Artis SM yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyakinstagram.com/boakwon

Memulai debutnya sebagai solois sejak tahun 2000, BoA merupakan salah satu artis SM Entertainment dari generasi pertama. Diusianya yang belum genap 14 tahun, ia merilis album studio pertama yang kemudian disambut baik oleh penikmat musik saat itu.

Memasuki tahun ke-20 berkarier di dunia musik, hingga kini BoA tercatat telah menciptakan 66 lagu. Ia menjadi artis SM Entertainment yang memiliki hak cipta lagu terbanyak di KOMCA.

2. Lay 

Ada Taeyong NCT, Ini 6 Artis SM yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyakinstagram.com/layzhang

Debut sejak tahun 2012, Lay merupakan personel EXO yang paling banyak memiliki hak cipta lagu. Idol kelahiran 1991 ini tercatat telah bergabung dalam pembuatan 53 lagu selama berkarier di dunia musik. Deretan lagu ini gak hanya dirilis untuk EXO dan album solonya, tetapi termasuk juga lagu-lagu ciptaan Lay yang dibawakan oleh penyanyi lain. 

Baca Juga: Daebak, 10 Idol KPop Ini Punya Hak Cipta Lagu Terbanyak!

3. Mark

Ada Taeyong NCT, Ini 6 Artis SM yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyakinstagram.com/nct

Mark Lee merupakan salah satu artis SM Ent yang melakukan promosi bersama beberapa grup maupun sub-unit sekaligus. Ia memulai debutnya pada tahun 2016 dengan bergabung dalam tiga sub-unit NCT, yaitu NCT U, NCT 127 dan NCT Dream. Selain itu, Mark juga bergabung dengan SuperM sejak tahun lalu.

Sejak album pertama, ia telah ikut berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu bagi grupnya. Hingga kini, idol kelahiran 1999 ini tercatat telah menciptakan 47 lagu. Deretan lagu hits NCT seperti "Cherry Bomb", "Boss", "Regular", dan "We Go Up" merupakan beberapa lagu yang liriknya ditulis oleh Mark. Gak hanya NCT, Mark juga ikut berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu "100" dan "Together At Homeyang" dirilis dalam album studio pertama SuperM.

4. Donghae

Ada Taeyong NCT, Ini 6 Artis SM yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyakinstagram.com/leedonghae

Donghae menjadi personel Super Junior dengan hak cipta lagu terbanyak di KOMCA. Hingga saat ini, ia tercatat telah menciptakan 40 lagu. Deretan lagu ini sebagian besar dirilis dalam album Super Junior dan Super Junior-D&E.

Memulai debutnya bersama Super Junior sejak 2005, Donghae telah terlibat dalam penulisan lagu bagi grupnya sejak album studio kedua yang dirilis tahun 2007. B-side track yang berjudul "I Am" menjadi lagu pertama Donghae terlibat sebagai lyricist.

5. Taeyong

Ada Taeyong NCT, Ini 6 Artis SM yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyakinstagram.com/nct

Gak hanya Mark, personel NCT yang juga banyak memiliki hak cipta lagu adalah Taeyong. Berperan sebagai leader NCT 127, Taeyong juga telah berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu sejak album pertama. Hingga kini, ia tercatat telah menciptakan 37 lagu.

Deretan lagu ini sebagian besar dirilis dalam album NCT dan sebagian lainnya dirilis dalam proyek SM Station dan album SuperM.

6. Eunhyuk

Ada Taeyong NCT, Ini 6 Artis SM yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyakinstagram.com/eunhyukee44

Sama seperti Donghae, Eunhyuk juga banyak menciptakan lagu bagi Super Junior dan sub-unit D&E. Ia menjadi personel Super Junior kedua yang memiliki hak cipta lagu terbanyak. Hingga kini, artis kelahiran 1986 ini telah berkontribusi sebagai lyricist maupun composer pada 33 lagu.

Eunhyuk telah berpartisipasi dalam penulisan lagu sejak album debut Super Junior yang dirilis tahun 2005. Ia juga terlibat dalam penulisan lagu hits Super Junior yang berjudul No Other.

Itulah enam artis SM Entertainment yang tercatat memiliki hak cipta lagu terbanyak di KOMCA. Ada idolamu gak nih?

Baca Juga: Ada IU, Ini 13 Artis KPop Wanita yang Punya Hak Cipta Lagu Terbanyak

Ria Agustiana P Photo Verified Writer Ria Agustiana P

This too, shall pass.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya