Comscore Tracker

5 Drama dan Film Asia yang Pemerannya Mengidap Difabel Rungu

Bikin kamu makin aware dengan teman tuli

Beberapa waktu lalu muncul berita kurang mengenakkan yang datang dari sebuah perusahaan transportasi online yakni Grab Indonesia. Berita tersebut muncul dari Twitter di mana pegawai Grab dianggap merendahkan orang yang mengidap difabel rungu. Karena kasus tersebut tentunya pihak Grab mendapat kecaman dari netizen.

Biar kita semakin peduli dengan penderita difabel rungu, yuk, simak drama dan film Asia yang mengangkat isu tersebut. Kita bisa belajar bahwa penderita difabel rungu layak diberi kesempatan sama dengan orang lainnya. Simak ulasannya di sini, ya!

1. Midnight (2021)

https://www.youtube.com/embed/wRc1ni1_dfc

Film pertama datang dari Korea Selatan berjudul Midnight yang mengisahkan aksi pengejaran difabel rungu oleh pembunuh berantai. Kyung Mi (Jin Ki Joo) seorang difabel rungu yang bekerja di pusat panggilan berbasis bahasa isyarat.

Suati hari dia melihat pembunuhan yang dilakukan Do Sik (Wi Ha Joon). Sejak saat itu Kyung Mi melarikan diri karena akan menjadi target pembunuhan selanjutnya. Do Sik sendiri punya dua sisi sebagai pria hangat dan psikopat mengerikan.

2. Our Blues (2022)

https://www.youtube.com/embed/1C7Nph5gFxQ

Kedua ada drama yang juga hadir dari Korea Selatan, judulnya adalah Our Blues. Drama ini mengisahkan sekelompok orang yang tinggal di Pulau Jeju. Masing-masing dari mereka berasal dari latar belakang berbeda.

Salah satu hal yang unik dari drama ini adalah pemeran difabel rungu yakni Byeol I (Lee So Byeol). Dia bekerja sebagai penjual kopi dan minuman lainnya di pasar. Byeol I selalu ceria dan kerap membantu orang di sekitarnya.

Baca Juga: 8 Karakter Difabel dalam Marvel Cinematic Universe, Ada Moon Knight

3. Hear Me (2009)

https://www.youtube.com/embed/3WGkMfxJEmE

Selanjutnya adalah Hear Me yang merupakan film komedi romantis asal Taiwan. Tian Kuo (Eddie Peng) merupakan anak pemilik restoran kecil yang kerap mengantar makanan untuk atlet difabel rungu. Suatu hari dia memperhatikan Yang Yang (Ivy Chen), gadis difabel rungu yang menyemangati untuk kompetisi kakaknya yakni Xiao Peng (Michelle Chen).

Tian Kuo jatuh cinta dengan Yang Yang dan berusaha belajar bahasa isyarat agar bisa berkomunikasi dengannya. Kemudian, dia menjalin persahabatan dan berharap bisa berakhir jadi pasangan kekasih. Tapi ternyata Yang Yang bukan gadis biasa yang ada di bayangan Tian Kuo selama ini.

4. Silenced (2011)

https://www.youtube.com/embed/k3BUIreDAeY

Keempat yakni film Korea Selatan yang berjudul Silenced. Kang In Ho (Gong Yoo) seorang guru yang baru saja diangkat untuk mengajar di sekolah penyandang difabel rungu Kota Mujin. Film ini sangat terkenal karena mengangkat isu sensitif seputar anak difabel rungu yang mengalami kekerasan mental dan seksual.

Sebagai seorang guru, Kang In Ho berusaha mengenal dan meluluhkan hati anak-anak di sekolah tersebut. Dia tipikal guru yang baik dan sangat sabar. Dalam perjalanannya Kang In Ho menemukan fakta mencengangkan di mana pihak sekolah menyembunyikan kasus kekerasan mental dan seksual yang dialami murid mereka.

5. A Summer Day, Your Voice (2015)

https://www.youtube.com/embed/5QvaYR6vHXA

Terakhir adalah A Summer Day, Your Voice yang merupakan film asal Jepang. Dikisahkan siswa bernama Tetsuo Togami (Shono Hayama) terlibat perkelahian hingga membuatnya dirawat di rumah sakit. Di sana dia bertemu Maiko Takashiro (Chika Arakawa), gadis dengan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan juga penyandang difabel rungu.

Sejak pertemuan itu, Tetsuo Togami mulai bertukar pesan dengan Maiko Takashiro. Seiring berjalannya waktu perasaan suka mulai tumbuh di hati mereka. Tetsuo Togami juga sering mengunjungi Maiko Takashiro di rumah sakit dan berjanji pergi bersama saat ulang tahun Maiko. Sayangnya, kondisi Maiko semakin memburuk.

Saat menonton kelima drama dan film Asia di atas kamu akan semakin sadar dan peduli. Tidak ada manusia yang sempurna, hanya saja ketidaksempurnaan yang kita miliki tidak diketahui orang seperti halnya penderita difabel rungu. Setiap orang punya kesempatan sama, begitu pun dengan teman tuli. Yuk, makin aware!

Baca Juga: [REVIEW] Ranking of Kings—Kisah Pangeran Difabel yang Diremehkan

Risma Fadilla Photo Verified Writer Risma Fadilla

A person who like literacy and entertaiment. Be my friend on instagram @rismaanorf :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya