Comscore Tracker

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!

Siapa sebenarnya Hatsune Miku?

Nama Hatsune Miku banyak ditemukan dalam sejumlah pernak-pernik berbau anime. Namun, tak banyak yang mengenal siapa Hatsune Miku sebenarnya. Bahkan, banyak orang tak tahu dia tampil di anime apa saja. Hanya beberapa orang yang mengerti kalau dia adalah sebuah toko game bergenre VN (visual novel).

Nah, buat kamu yang bingung dengan sejarah penciptaan Hatsune Miku, ini adalah rahasia terdalamnya yang bikin kamu kaget.

1. Hatsune Miku bukanlah tokoh anime.

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!corazondemelon.es

Hatsune Miku sebenarnya berasal dari software singing synthesizer yang dikembangkan oleh Crypton Future Media. Hatsune Miku digambarkan sebagai sosok cewek imut berambut twintail dengan warna hijau muda. Dia punya figur gadis remaja dengan dengan tinggi 158 centimeter dan berat 42 kilogram.

2. Banyak yang bilang Hatsune Miku adalah vocaloid, sebetulnya vocaloid itu apa?

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!global.rakuten.com

Istilah vocaloid merujuk pada perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Hatsune Miku terlahir sebagai Vocaloid2 milik Yamaha yang pertama kali dirilis pada tanggal 31 Agustus 2007.

3. Jika dijabarkan, ini arti dari nama Hatsune Miku.

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!miku.sega.com

Nama Hatsune Miku mengandung arti "The First Sound Of The Future" atau dalam Bahasa Indonesia berarti lagu pertama untuk masa depan. Sebuah nama yang mencerminkan fungsinya sebagai pelantun lagu.

4. Siapa sosok pengisi suara Hatsune Miku?

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!sukura.neocities.org

Saki Fujita adalah sosok dibalik Hatsune Miku. Suaranya yang serak-serak basah dan terdengar seperti “double voice” membuatnya mendapatkan kehormatan sebagai pengisi suara sang vocaloid. Bahkan sakin populernya Hatsune Miku, sang pengisi suara harus belajar bahasa Inggris supaya mampu melafalkan kata dengan cukup jelas.

Baca juga: Meski Pro Kontra, 5 Anime BL Ini Tetap Dijadiin Live Action!

5. Hatsune Miku sukses menjadi software Vocaloid2 terlaris sepanjang masa!

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!flickr.com

Tak tanggung-tanggung, sebanyak kurang lebih 60,000 software Vocaloid2 Hatsune Miku terjual dan menjadikannya sebagai salah satu software musik terlaris sepanjang masa. Lagu-lagunya mendapatkan sambutan yang luar biasa baik dari penggemar vocaloid atau pengguna internet lainnya.

6. Ada banyak vocaloid lainnya yang juga terkenal.

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!aminoapps.com

Hatsune Miku nggak sendirian, ada banyak vocaloid lainnya di dunia ini. Mereka adalah Luka Megurine, Kagamine Rin, Kagamine Len, Meiko, Akita Neru, dan lain sebagainya. Sama seperti Miku, mereka juga punya fans beratnya masing-masing yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

7. Saking tenarnya, kamu bisa menemukan Hatsune Miku di manapun.

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!play-asia.com

Hatsune Miku bisa dengan mudah ditemukan dimana-mana. Mulai dari poster di jalan-jalan atau kereta api, iklan di TV, PSP, PS3, PS Vita, Nintendo 3DS dan lain sebagainya. Hatsune Miku juga tersedia dalam bentuk action figure, gantungan kunci, tas, dan segudang aksesoris lainnya. Bahkan namanya dijadikan sebagai nama tim balapan mobil di ajang SuperGT class GT300 sejak 2008 hingga sekarang.

8. Hatsune Miku sudah pernah konser di mana saja?

Menguak 8 Rahasia Hatsune Miku yang Gak Banyak Orang Tahu!knowyourmeme.com

Miku pertama kali tampil didepan publik dalam event Animelo Summer Live di Saitama Super Arena pada 22 - 23 Agustus 2009 di Jepang. Tidak hanya Miku saja, event yang diselenggarakan selama dua hari ini juga menapilkan puluhan artis yang membawakan lagu-lagu anime populer.

Kepopuleran Miku juga merambah sampai luar negeri. Terbukti Singapura menjadi negara Asia pertama diluar Jepang yang menggelar konser vocaloid Hatsune Miku. Sebuah konser bertema "I Love Anisong" yang dihadari lebih dari 2000 penonton untuk menyaksikan penampilan akbar Miku, Rin, Len, dan Luka.

Baca juga: 7 Pilihan Anime Terbaik untuk Kamu di Akhir Minggu Ini

Topic:

Just For You