Comscore Tracker

Selalu Favorit, Ini 3 Seri KDrama Reply yang Wajib Kamu Tonton

Semuanya menyimpan rahasia dan bikin baper!

Reply merupakan series drama yang tayang di saluran televisi kabel tvN. Proyek antologi ini diproduseri dan disutradari oleh Shin Won Ho, sementara naskahnya ditulis oleh Lee Woo Jung (namun dalam season 1 ada rekan penulis Lee Sun Hye dan Kim Ran Joo juga).

Series ini memiliki ciri khas berupa kisah yang memiliki alur maju-mundur antara masa

sekarang dan masa lalu saat masing-masing tokoh berusia remaja. Dengan detail yang sempurna, setiap drama dalam series ini mampu membangkitkan nostalgia pada tahun-tahun yang menjadi setting utama cerita.

Ciri khas lainnya pada series ini adalah semua ceritanya mengenai lingkaran pertemanan beberapa orang. Dalam hubungan pertemanan tersebut, ada 1 orang female lead yang menjadi center dalam cerita. Penonton kemudian akan dibuat menebak siapa dari teman-teman sang female lead yang akan menjadi suaminya di masa sekarang.

Sejauh ini sudah ada 3 drama dalam series ini. Namun, dari berbagai sumber disebutkan bahwa ada kemungkinan penggarapan drama lanjutan pada Reply series. Wah, jadi gak sabar nih.

Sambil menunggu kabar terkait drama keempat dari Reply series, yuk tonton ulang tiga drama sebelumnya!

1. Season 1: Reply 1997 (2012)

Selalu Favorit, Ini 3 Seri KDrama Reply yang Wajib Kamu Tontonsoompi.com

Drama pertama dari series ini adalah Reply 1997 yang tayang pada tahun 2012. Dengan gaya bercerita maju-mundur, drama ini mengisahkan tentang Sung Shi Won (Jung Eun Ji) yang pada saat SMA merupakan fans berat dari boyband H.O.T (di tahun 1997).

Shi Won memiliki 5 orang teman: Yoon Yoon Je (Seo In Guk), Mo Yoo Jung (Shin So Yul), Do Hak Chan (Eun Ji Won), Kang Joon Hee (Hoya), dan Bang Sung Jae (Lee Si Un). Salah seorang di antara teman laki-lakinya itu akan menjadi suami Shi Won di masa sekarang.

2. Season 2: Reply 1994 (2013)

Selalu Favorit, Ini 3 Seri KDrama Reply yang Wajib Kamu Tontonsoompi.com

Reply 1994 yang tayang pada tahun 2013 adalah drama kedua dari series ini. Mengisahkan tentang enam mahasiswa dari berbagai daerah di Korea Selatan yang tinggal dalam satu rumah kost yang dimiliki oleh orang tua Sung Na Jung (Go Ara) di Sinchon, Seoul. Lima di antaranya adalah laki-laki.

Sama seperti Reply 1997, drama ini juga menggunakan alur maju-mundur agar penonton bisa menebak mana dari kelimanya yang akan menjadi suami Na Jung. Uniknya, dalam Reply 1994, nama-nama dari kelima tokoh tadi gak disebutkan. Mereka dipanggil dengan nama julukan. Tujuannya untuk menghindari spoiler siapa suami Na Jung sebenarnya.

3. Season 3: Reply 1988 (2015)

Selalu Favorit, Ini 3 Seri KDrama Reply yang Wajib Kamu Tontonsoompi.com

Drama terakhir (sejauh ini) dari series ini adalah Reply 1988. Drama yang dirilis tahun 2015 lalu ini hype banget. Drama ini juga yang membikin banyak perempuan jatuh hati pada Park Bo Gum hingga aktor ganteng itu dapat julukan Korea Nation's Boyfriend!

Reply 1988 sendiri bercerita tentang 5 orang sahabat dan juga keluarga mereka yang tinggal dalam satu lingkungan yang sama. Kelima orang tersebut adalah Sung Duk Seon (Lee Hyeri), Kim Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Sung Sun Woo (Go Kyung Pyo), Choi Taek (Park Bo Gum), dan Ryu Dong Ryong (Lee Dong Hwi).

Duk Seon adalah satu-satunya perempuan dalam lingkaran pertemanan tadi. Jadi penonton akan dibuat menebak siapa di antara keempat teman Duk Seon yang di kemudian hari menjadi suaminya.

Dari ketiga drama Reply series di atas, mana nih yang jadi favoritmu? Dan menurutmu tahun berapa sih yang cocok dijadiin setting drama di season selanjutnya? Feel free to share di komentar, ya!

Baca Juga: Bikin Melongo, 5 Drama Korea Ini Endingnya di Luar Ekspektasi

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya