Comscore Tracker

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2

Apakah kamu fans drama ini? #IDNTimesHype #WaktunyaKorea

Hospital Playlist season kedua tayang mulai 17 Juni mendatang di tvN dan Netflix. Cerita di season kedua masih membahas mengenai kehidupan dan kesibukan sehari-hari petugas medis dan pasien di Pusat Medis Yulje.

Season kedua dari KDrama karya Shin Won Ho ini telah lama dinanti sejak kesuksesan musim pertama tahun lalu.

Nah, sambil menunggu tayangan perdana musim keduanya, yuk simak dulu 10 fun fact dari drama Hospital Playlist berikut ini. 

1. Jumlah episode, jadwal tayang yang seminggu sekali, hingga cerita yang terbagi beberapa season punya tujuan khusus

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Shin Hyun Bin (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Sejak awal, kreator Hospital Playlist telah menyatakan bahwa KDrama ini hanya akan tayang seminggu sekali dengan jumlah 12 episode dan terbagi dalam beberapa season. Hal ini berbeda dengan kebanyakan drama Korea lain yang biasanya tayang dua kali seminggu dengan jumlah 16 episode.

Keunikan dari drama Hospital Playlist ini bukannya tanpa tujuan khusus. Tujuan utamanya adalah ingin memberikan waktu kerja yang lebih sehat untuk crew serta para pemain. Selain itu, waktu kerja yang lebih sedikit ini juga bisa membantu meningkatkan kualitas Drama itu sendiri.

2. Sebagian pemain Hospital Playlist merupakan aktor dan aktris musikal atau teater

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Jeon Mi Do (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Baik pemeran utama, pendukung, maupun cameo di KDrama ini adalah aktor dan aktris dengan segudang pengalaman. Tak hanya populer di film atau drama, sebagian pemain Hospital Playlist adalah artis di panggung teater dan musikal.

Jeon Mi Do dan Kwak Sun Young diketahui sebagai artis musikal. Begitu pula Moon Tae Yoo dan Jung Moon Sung.

Yoo Yeon Seok juga diketahui cukup aktif di drama musikal. Jo Jung Suk, Kim Dae Myung, dan Ahn Eun Jin juga aktif di panggung musikal dan teater, lho.

3. Setiap pemain berusaha tampil maksimal, sekecil apa pun adegan yang dimainkannya di drama

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Kwak Sun Young (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Totalitas akting para pemain Hospital Playlist memang patut diacungi jempol. Bahkan untuk satu adegan saja, persiapannya bisa berbulan-bulan, lho.

Contohnya untuk adegan high kick Lee Ik Sun di episode 5. Kwak Sun Young bahkan berlatih muay thai hingga tiga bulan.

Selain itu, kematangan persiapan untuk totalitas akting ini bisa dilihat dari Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, dan Jeon Mi Do. Sebagian besar dari mereka belajar instrumen musik di band Mido and Falasol dari nol, lho.

Tak hanya itu, mereka juga studi lapangan di rumah sakit berbeda untuk mendalami peran sebagai dokter.

Baca Juga: Awet Muda, Usia Asli 20 Pemain Drama Hospital Playlist Season 2 

4. Beberapa tokoh di musim pertama memang direncanakan tidak muncul di musim kedua

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Shin Do Hyun dan Kim Jun Han saat pembacaan naskah drama Hospital Playlist 1 (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Menjelang penayangan musim kedua, diketahui bahwa akan ada beberapa pemain baru. Selain itu, beberapa tokoh yang sebelumnya ada di musim pertama tidak akan ada di musim kedua.

Sejumlah karakter tersebut adalah dokter Ahn Chi Hong dan dokter Bae Jun Hui. Ahn Chi Hong adalah dokter residen di bedah saraf. Sementara Bae Jun Hui merupakan dokter fellow di UGD.

Kim Jun Han dan Shin Do Hyun yang memerankan kedua tokoh ini juga sudah memberikan salam perpisahan di salah satu segment Hospital Playlist Throwback.

5. Untuk sinematografi yang detail, tim editing memberikan efek CGI di beberapa adegan

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Kim Dae Myung (instagram.com/hospitalplaylist_official)

CGI biasanya dipakai untuk menampilkan sinematografi yang detail, indah, serta memanjakan mata. Namun di Hospital Playlist, CGI digunakan bahkan untuk beberapa adegan tak terduga.

Misalnya, adegan Lee Uju tidur di episode 1, salah satu aktor cilik di episode 3, hingga adegan mobil dan lift. Meski terlihat sepele, tapi adegan tersebut cukup berarti, lho.

6. Love interest masing-masing tokoh telah ditentukan sejak awal penayangan musim pertama

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Jung Kyung Ho (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Episode awal Hospital Playlist 1 seolah ingin penonton menebak-nebak love interest dari kelima tokoh utama. Love interest ini akan pelan-pelan diungkap seiring jalannya cerita.

Menariknya, masing-masing kisah cinta dari kelima tokoh tersebut sebetulnya telah ditentukan sejak proses pembuatan naskah season pertama.

Baca Juga: Bikin Gak Sabar, 13 Potret Terbaru Hospital Playlist Season 2

7. Adegan saat makan bareng geng Dokter 1999 memakan waktu syuting berjam-jam, lho

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2cuplikan drama Hospital Playlist 1 (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Adegan geng dokter 1999 makan bareng menjadi salah satu scene favorit para penggemar Hospital Playlist. Uniknya, meski terlihat mudah, nyatanya tidak demikian.

Proses syuting untuk adegan ini berjalan sulit karena dialog dan gesture pemeran harus sesuai dengan timing. Contohnya, adegan makan kalguksu di episode 2 butuh waktu hingga 8 jam, lho!

8. Selain adegan versi yang tayang di tv, ada juga versi-versi lain yang tak kalah menarik

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Yoo Yeon Seok (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Pada program Hospital Playlist Making of di kanal YouTube 채널 십오야, penonton bisa melihat behind the scene dari episode 1 hingga 12 musim pertama. Selain itu, ditayangkan juga beberapa adegan full version hingga DVD version yang tak ditayangkan di televisi. Salah satu yang epik adalah adegan-adegan ikonik dan romantis dari Winter Garden couple.

9. Saat syuting, ternyata para pemain membuat adegan versi mereka sendiri yang gak ada di naskah tapi kocak abis!

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Jo Jung Suk (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Para pemain Hospital Playlist dikenal tak hanya akrab di depan layar, tapi juga belakang layar. Saking akrabnya, mereka bahkan membuat 'adegan tambahan' sendiri yang tak ada di naskah untuk bersenang-senang.

Misalnya, adegan operasi Lee Ik Jun di episode 12, Jung Kyung Ho justru bermain gitar dan menyanyi di ruang operasi tersebut.

10. Sutradara Shin Won Ho ternyata sempat jadi kameo di salah satu episode musim pertama

Kamu Sudah Tahu? 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist Part 2Shin Won Ho bersama Kim Dae Myung dan Na PD saat live streaming pada 2 Juli 2020. (instagram.com/hospitalplaylist_official)

Hospital Playlist merupakan salah satu KDrama yang mengundang banyak cameo ternama. Namun yang tak terduga adalah sang sutradara, yakni Shin Won Ho juga pernah jadi kameo di salah satu episode.

Meski hanya beberapa detik, Sutradara Shin Won Ho sempat muncul di adegan dokter Do Jae Hak bersama si kembar Yun Bok-Hong Do di episode 3. Saat adegan di koridor tersebut, Shin Won Ho dengan jas dokter berlari seolah sedang ada pasien darurat. 

Nah, itulah 10 fun fact Hospital Playlist yang jarang diketahui. Dari daftar di atas, mana yang baru kamu ketahui?

Baca Juga: 10 Fun Fact Drama Hospital Playlist yang Jarang Diketahui Part 1

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya