Comscore Tracker

8 Film Indonesia tentang Mengikhlaskan Kekasih

Cinta memang tak harus saling memiliki

Beberapa orang sering mengatakan bahwa cinta memang tak selamanya harus memiliki. Hal ini memang benar adanya, bahkan kondisi ini diangkat dalam film Indonesia.

Jika kamu sedang mengalami fase ini, sepertinya mengikhlaskan adalah kunci solusi terbaik. Agar cepat move on, baiknya kamu nonton rekomendasi film Indonesia tentang mengikhlaskan kekasih yang tak bisa dimiliki berikut ini.

1. Tenggelamnya Kapal van der Wijck

https://www.youtube.com/embed/k_nK2PQ1Q8Q

Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck menceritakan tentang kisah cinta antara Hayati (Pevita Pearce) dan Zainuddin (Herjunot Ali) yang tidak bisa bersatu, hanya karena latar belakang sosial yang berbeda. Meskipun rasa cintanya sangat besar terhadap Hayati, Zainuddin terpaksa harus mengikhlaskannya untuk menikah dengan pria lain.

Bagi Zainuddin, dirinya masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan hati keluarga Hayati dengan cara menjadi orang yang sukses dan kaya raya. Namun sayang, meskipun sudah menjadi orang yang sukses, Zainuddin tetap tidak bisa memiliki Hayati. Bukan karena Hayati sudah tak mencintai, tetapi dia meninggal dalam sebuah kapal yang tenggelam.

2. Heart

https://www.youtube.com/embed/MRTgkxm9yUg

Tayang pada tahun 2006, karakter yang paling ikhlas dalam merelakan pasangan yang cintainya bisa dibilang jatuh kepada Rachel (Nirina Zubir). Meskipun rasa cintanya sangat dalam untuk Farel (Irwansyah), namun Rachel mampu menerima dengan lapang dada dan memberikan dukungan terbaik untuk perempuan yang dipilih oleh Farel.

Rachel dan Farel memang sudah menjadi sahabat sejak mereka masih kecil. Rasa cinta tumbuh dalam hati Rachel, namun tidak bagi Farel. Momen yang paling membuat banyak orang sedih adalah saat Rachel harus menjodohkan Farel dengan perempuan yang dia cintai, hingga Rachel mendonorkan hati untuk Luna, perempuan yang dicintai Farel.

3. Talak 3

https://www.youtube.com/embed/gmNHRCcNIbI

Dibalut dengan nuansa komedi, film Talak 3 menceritakan tentang kisah cinta Bagas (Vino G. Bastian) yang belajar untuk mengikhlaskan perempuan yang dia cintai, karena sebuah kesalahan yang pernah dia lakukan sebelumnya. Pernikahan Bagas dan Risa (Laudya Cynthia Bella) hancur berantakan, bahkan sampai terjadi sebuah talak hingga 3. 

Bimo (Reza Raharian) dijadikan sebagai Muhalil (seorang pria yang rela menikahi sang perempuan dan menceraikannya kembali), agar Bagas dan Risa bisa kembali rujuk. Namun siapa sangka, benih-benih cinta tumbuh di hati Risa dan Bimo. Mulai saat itu, Bagas sudah tidak mempunyai tempat dalam hati Risa dan harus belajar untuk merelakannya.

4. Dilan 1991

https://www.youtube.com/embed/nwhB2Hb7g5c

Jika melihat keromantisan yang dibangun oleh Dilan (Iqbaal Ramadan) dan Milea (Vanesha Prescilla), tentu kita akan menebak akhir kisah cinta yang bahagia. Namun siapa sangka, Dilan dan Milea ternyata harus berbahagia dengan pasangan masing-masing yang berarti mereka tidak ditakdirkan untuk berjodoh.

Rasa cinta dalam hati Dilan dan Milea memang masih ada. Namun keduanya sadar bahwa mereka sudah mempunyai pasangan masing-masing dan tidak ingin menyakiti hatinya. Mereka sama-sama belajar ikhlas dan rela, bahwa cinta memang tidak harus berjalan sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

5. Mantan Manten

https://www.youtube.com/embed/-VTU2Sm7-Lo

Selanjutnya ada film Mantan Manten yang dibintangi oleh Atiqah Hasiholan sebagai Yasnina Putri dan Arifin Putra sebagai Surya. Mereka berdua merupakan sepasang kekasih yang sangat romantis dan berniat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan. Namun di tengah jalan, hubungan asamara mereka hancur berantakan.

Hingga suatu ketika Yasnina Putri pergi ke suatu tempat dan terpaksa harus menjadi seorang asisten dukun manten. Tidak hanya itu, Yasnina harus membantu pernikahan pasangan kekasih yang ternyata mantan pacar dia sendiri, Surya. Meskipun merasa sakit hati dan kaget, tetapi dia harus belajar ikhlas dan belajar untuk merelakan seseorang yang memang bukan miliknya.

6. Love For Sale 2

https://www.youtube.com/embed/3YeEGS5Ynj8

Apa yang akan kamu rasakan jika tiba-tiba muncul perempuan memesona, baik dan perhatian dalam kehidupan kamu? Mungkin kebanyakan dari kita akan merasakan jatuh cinta. Begitu juga dengan Ican (Adipati Dolken) dalam film Love For Sale 2. Seorang perempuan yang mampu mengubah hidupnya dan mampu mempersatukan keluarganya, dia adalah Arini (Della Dartyan).

Rasa cinta yang tumbuh dalam hati Ican untuk Arini memang sudah sangat dalam. Hingga suatu hari Arini meninggalkan Ican tanpa sebuah kata perpisahan antara keduanya. Meskipun terasa sakit, namun Ican sadar. Bahwa Arini bukanlah segalanya baginya dan Ican harus belajar mengikhlaskan semuanya. 

7. Rudy Habibi

https://www.youtube.com/embed/G4HH8kVI4OY

Banyak yang tidak tahu, bahwa B. J. Habibie ternyata pernah mencintai perempuan lain sebelumnya, selain dari ibu Ainun. Dalam film Rudy Habibie, kita tidak hanya diperlihatkan kisah atau perjuangan B. J. Habibie dalam menuntut ilmunya saja. Namun kisah percintaan masa mudanya pun, ikut diceritakan dalam film yang tayang pada tahun 2016 ini.

Semasa pendidikan Rudy Habibie di luar negeri, beliau ternyata pernah mencintai seorang perempuan asal Polandia bernama Ilnona (Chelsea Islan). Rasa cinta Rudy terhadap Ilnona saat itu memang sangatlah besar. Namun Rudy terpaksa harus berpisah dengan Ilona, karena mereka mempunyai perbedaan keyakinan dan Rudy pun harus kembali ke Indonesia. 

8. ILY from 38.000 FT

https://www.youtube.com/embed/tEy9M_L5r48

Seorang perempuan bernama Tiara (Amanda Rawles) dalam film ILY from 38.000 FT ternyata pernah belajar mengikhlaskan seorang pria yang dia rawat dengan penuh kasih bernama Arga (Rizky Nazar). Arga sendiri merupakan salah satu korban dari jatuhnya sebuah pesawat yang diselamatkan dan dirawat langsung oleh seorang perawat bernama Tiara.

Dimulai dari masa kritis Arga hingga pulih, ternyata Tiara sudah mempunyai rasa lebih terhadapnya. Namun meskipun rasa cintanya sangat besar, Tiara sadar bahwa Arga tidak mempunyai rasa yang sama kepadanya. Tiara mencoba untuk mengikhlaskan Arga, untuk kembali kepada perempuan yang benar-benar dia cintai, Aletta (Michelle Ziudith).

Mengikhlaskan seseorang yang kita cintai memang bukan hal mudah. Namun kamu perlu ingat bahwa, di luar sana masih banyak orang yang mencintai kamu, kok. Jadi, mulai relakan, ya, dengan cara nonton film Indonesia di atas. Siapa tahu kamu terinspirasi dan memetik pesan di dalam film tersebut.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Indonesia Tentang Kisah Cinta SMA, Bikin Baper!

Sandi Nugraha Photo Verified Writer Sandi Nugraha

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya