7 Musisi Indie Asal Korea yang Selera Musiknya Gak Sembarangan

Menurut kamu mana nih yang paling indie?

Bicara soal Korea Selatan memang gak akan ada habisnya, dari mulai skincare, drama sampai yang paling mendunia yaitu KPop sendiri. Walaupun terkenal dengan boyband dan girlband super bertalenta, dunia musik Korea Selatan gak pernah kekurangan musisi-musisi indie yang bahkan lebih terkenal di luar negeri daripada di negaranya sendiri.

Musisi-musisi indie adalah musisi yang gak bergantung sepenuhnya dengan label mereka. Biasanya mereka menciptakan musik tidak menuruti keinginan pasar melainkan selera musisi tersebut. Wih, unik banget kan? Karena hal itu, musisi-musisi indie lebih mudah dikenal karena ke-khasan dari musik yang dibawakan.

Gak cuma band saja tapi juga ada penyanyi solo yang bakalan bikin kalian langsung ingin mendengarkan lagu mereka, yuk kita lihat!

1. Hyukoh

7 Musisi Indie Asal Korea yang Selera Musiknya Gak Sembaranganhero-magazine.com

Band yang dibentuk pada tahun 2014 ini beranggotakan empat orang dengan Oh Hyuk sebagai frontman. Oh Hyuk sendiri mengaku kalau sebenarnya Hyukoh gak punya genre yang pasti karena mereka tidak mau hanya berpaku pada satu genre aja yaitu indie rock.

Gak tanggung-tanggung lho, pada tahun 2015 Hyukoh mendulang kesuksesan lewat album mini keduanya, 22, Hyukoh berhasil mendapatkan posisi Top 10 Billboard Worlds Album Chart. Selamat!

2. Standing Egg

7 Musisi Indie Asal Korea yang Selera Musiknya Gak Sembaranganwikipedia.com

Berbeda dari Hyukoh yang ‘keras’, Standing Egg menyajikan lagu-lagu akustik berirama manis yang siap menghibur harimu agar lebih ceria lagi. Bahkan nih mereka mengaku kalau hanya mau membuat lagu yang bisa membuat pendengarnya bahagia.

Standing Egg juga kerap mengisi original soundtrack drama-drama, misalnya saja, Strong Woman Dong Bong-soon, Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo, hingga drama yang dibintangi oleh main dancer boyband EXO Kai yaitu Andate.

3. The Black Skirts

7 Musisi Indie Asal Korea yang Selera Musiknya Gak Sembaranganthekrazemagazine.com

Kesendirian tidak membuat pria yang punya nama asli Jo Hyu-Il mengubur impiannya membuat sebuah grup musik solo. Bermain tunggal sebagai seorang penyanyi, komposer, gitaris, bassist sekaligus keyboardist membuat kita gak meragukan kemampuannya lagi.  

The Black Skirts memiliki perpaduan antara irama rock yang menghentak-hentak dan suara serta lirik tragis super mendayu. Cocok banget deh buat kamu yang ingin meneriakkan semua kegalauan hati.

Baca Juga: Keren, 7 Musisi Indie Korea Ini Jadi Langganan Pengisi OST KDrama Hits

4. Yaeji

7 Musisi Indie Asal Korea yang Selera Musiknya Gak Sembaranganpitchfork.com

Musisi yang pernah tampil di acara musik tahunan paling bergengsi, Coachella, ini mempunyai warna suara yang unik banget, ditambah lagi Yaeji juga berani memperkenalkan kita dengan warna baru dari electronic dance music (EDM) yang ia bawakan.

Lewat lagu hit-nya seperti Raingurl serta Drink I’m Sippin’ On, Yaeji menuai berbagai pujian karena berhasil menghembuskan angin segar serta membuka jalan untuk musisi perempuan Asia yang berkarier di genre EDM terlebih lagi house music. Sukses terus, Yaeji!

5. Darin

7 Musisi Indie Asal Korea yang Selera Musiknya Gak Sembarangankstarlive.com

Butuh suara yang bisa membuat kamu tidur lelap? Suara Darin jawabannya. Petikan gitar yang sayup-sayup kemudian suara indah dijamin membuat kita yang seharian beraktifitas menjadi rileks.

Hampir semua lagu Darin merupakan hasil self-composing yang bahkan proses pembuatan albumnya diawasi langsung oleh Darin demi hasil yang tentu saja memuaskan. Keren banget!

6. Offonoff

7 Musisi Indie Asal Korea yang Selera Musiknya Gak Sembarangankstarlive.com

Duo pemusik terdiri atas Colde sebagai vokalis dan 0channel sebagai produser serta DJ. Offonoff sempat menandatangi kontrak di bawah label HGHGRND sebelum akhirnya keluar pada tahun 2017. Walaupun duo, baik Colde dan 0channel kalau dalam bermusik mereka punya ciri khas masing-masing loh.

Keseriusan Offonoff dalam karir musik mereka memang perlu diacungi jempol karena tidak setengah-setengah dalam menciptakan music video yang selalu aesthetic sehingga mata serta telinga kita bisa termanjakan sekaligus.

7. SOLE

7 Musisi Indie Asal Korea yang Selera Musiknya Gak Sembaranganessentialkpop.com

Sempat dinobatkan sebagai Suran kedua, SOLE adalah penyanyi RnB pertama dan satu-satunya perempuan yang debut lewat kerjasama antara DIVINE Music serta Sony Music. Selain itu, banyak loh yang memiripkan SOLE dengan soloist imut, Lee Jin-Ah, karena wajah serta rambut mereka yang serupa.

Urusan suara tidak perlu ditanya dua kali, SOLE mampu memikat penikmat lagu lewat single pertamanya yang bertajuk RIDE berduet dengan THAMA. Irama yang ceria bikin kamu sukses berjoget bersama suara SOLE.

Keren-keren banget kan daftar musisi di atas? Hal itu semakin membuktikan bahwa para musisi indie gak kalah keren dengan boyband atau girlband Korea. 

Baca Juga: Ini Dia 15 Musisi Indie Korea yang Gak Kalah Keren dari Boy/Girlband-nya

Saraswati N Photo Community Writer Saraswati N

how to find true love and happiness || 24

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You