Comscore Tracker

5 Fakta Unik Alan Menken, Sosok di Balik Soundtrack Film Aladdin

Karya-karyanya luar biasa

Bagi penikmat Film Disney, pastinya tidak asing lagi dengan soundtracknya yang sangat memukau. Alan Menken merupakan ahli di Disney dalam urusan menggarap lagu, termasuk salah satunya di live action Aladdin.

Lalu seperti apa fakta kehidupan Alan Menken? Yuk kenalan lebih dekat dengan Alan Menken si jagoan pembuat soundtrack film Disney.

1. Komposer adalah cita-citanya sejak kecil

5 Fakta Unik Alan Menken, Sosok di Balik Soundtrack Film Aladdinalanmenken.com

Pria yang lahir dengan nama Alan Irwin Menken ini sudah belajar musik sejak kecil lho! Ia menekuni piano dan biola di usia 6 tahun. Hebatnya, di usia 9 tahun ia sudah berhasil menggubah lagu dan mendapat pujian oleh juri di salah satu kontes komposer junior di New York.

2. Pernah menjadi mahasiswa kedokteran

5 Fakta Unik Alan Menken, Sosok di Balik Soundtrack Film AladdinPixabay/drshohmelian

SIapa sangka ternyata pria berusia 69 tahun ini memiliki riwayat pendidikan di bidang medis. Ia berpikir akan menjadi seperti ayahnya, Norman Menken sebagai seorang dokter gigi. Namun, Menken memutuskan untuk beralih setelah akhirnya lulus dari University College of Arts and Science (New York University) pada tahun 1971 dengan gelar sarjana musikologi.

Baca Juga: 5 Film Live Action Disney dengan Keuntungan Terbanyak, Sudah Nonton?

3. Ingin menjadi rock star

5 Fakta Unik Alan Menken, Sosok di Balik Soundtrack Film AladdinPixabay/Free-Photos

Putra dari Judith Menken ini pada mulanya mempunyai keinginan menjadi rock star setelah lulus. Dengan niatan menemukan jaringan pertamanya, ia mencoba-coba mengikuti workshop teater musikal dari BMI. Ia semakin tertarik untuk menulis musik hingga namanya meroket menjadi komposer seperti yang kita kenal sekarang.

4. Lagu-lagu film Disney

5 Fakta Unik Alan Menken, Sosok di Balik Soundtrack Film Aladdintheatrenerds.com

Tidak hanya Aladdin, Menken juga menulis lagu film Disney lainnya, yaitu Beauty and The Beast (1991), The Little Mermaid (1989), Pocahontas (1995), Tangled (2010) dan tentunya masih banyak lagi !

5. Pemborong penghargaan

5 Fakta Unik Alan Menken, Sosok di Balik Soundtrack Film Aladdinflickr.com

Bukan pianis kaleng-kaleng, sepanjang perjalanan karirnya, Alan Menken banyak diganjar penghargaan, di antaranya Academy Awards, Golden Globe Awards, Grammy Awards, Tony Award, Drama Desk Award, Outer Critics Awards, dan masih banyak lagi. Ia juga menyandang gelar "Disney Legends" pada tahun 2001 untuk kategori musik.

Wah, ternyata memang keren Alan Menken ini. Karya-karyanya tidak diragukan lagi. Penggemar film Disney mana nih suaranya?

Baca Juga: 10 Pesona Sosok Rob Clinton "Teman Spesial" Chelsea Islan

Savira Malikal Photo Community Writer Savira Malikal

Ig : @sav.mb

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You