5 Rekomendasi Film Romance tentang Sesaknya Hubungan LDR

Siap-siap banjir air mata dengan sederet film romance ini

Hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) memiliki liku-liku dan benar-benar menguji kepercayaan suatu pasangan. Khawatir, curiga, dan rindu bercampur menjadi satu, dan begitu menyesakkan bagi pejuang LDR.

Rumitnya hubungan LDR tersebut pun sering menginspirasi para sineas dalam film-film yang mereka produksi. Oleh karenanya, banyak sekali film romance bertema LDR dengan premis beragam yang dapat ditonton oleh penggemar.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari film yang menggambarkan lelahnya menahan rasa rindu, berikut ada rekomendasi film romance tentang LDR yang bisa jadi pilihan. Simak baik-baik, ya!

1. Nights and Weekends (2008)

5 Rekomendasi Film Romance tentang Sesaknya Hubungan LDRcuplikan film Nights and Weekends (dok. Film Science/Nights and Weekends)

Nights and Weekends berkisah tentang kisah cinta Mattie dan James yang terpisah di antara New York dan Chicago. Satu-satunya hal yang mengikat mereka adalah kencan di akhir pekan dan telepon sebelum tidur. Namun, apakah kedua hal ini cukup untuk mengobati kerinduan satu sama lain?

Rasa sakit, kikuk, dan rindu yang menyesakkan akibat LDR digambarkan dengan begitu realistis dalam film Nights and Weekends. Saking bagusnya, film yang diarahkan sekaligus dibintangi oleh Greta Gerwig dan Joe Swanberg ini meraih skor 85 persen di Rotten Tomatoes.

2. The Japanese Wife (2010)

5 Rekomendasi Film Romance tentang Sesaknya Hubungan LDRcuplikan film The Japanese Wife (dok. Saregama Films/The Japanese Wife)

The Japanese Wife adalah film yang mengisahkan Chatterjee dan Miyage, sahabat pena yang menjalin hubungan melalui surat-surat yang mereka kirimkan. Sadar bahwa menemui satu sama lain adalah hal yang mustahil, mereka pun memutuskan untuk menikah dengan bertukar sumpah pernikahan melalui surat.

The Japanese Wife menggambarkan hubungan LDR Jepang-India yang dipertahankan hanya melalui kertas dan untaian kata. Film arahan Aparna Sen ini benar-benar menyuguhkan rumitnya hubungan LDR tanpa intimasi layaknya hubungan pada umumnya.

Baca Juga: Film 101: Mengenal 7 Subgenre Romance dalam Film

3. 10.000 KM (2014)

5 Rekomendasi Film Romance tentang Sesaknya Hubungan LDRcuplikan film 10.000 KM (dok. Lastor Media/10.000 KM)

10.000 KM merupakan film arahan Carlos Marques-Marcet yang berkisah tentang Alex dan Sergi, pasangan asal Barcelona yang menjalani LDR pasca Alex pindah kerja ke Los Angeles. Keduanya pun memutuskan untuk mengatasi jarak dengan cara yang revolusioner melalui pesan daring dan panggilan video.

Direkam di dua apartemen dengan jarak jauh dan hanya dengan dua aktor, 10.000 KM merupakan drama yang sinematografinya halus dan manis. Adegan keseharian kedua pemerannya yang dikemas dengan ringan, membuat film asal Spanyol ini mudah dinikmati tapi tetap menguras emosi penonton.

4. You've Got Mail (1998)

5 Rekomendasi Film Romance tentang Sesaknya Hubungan LDRcuplikan film You've Got Mail (dok. Warner Bros./You've Got Mail)

You've Got Mail berkisah tentang Kathleen dan Joe yang bertemu di sebuah situs kencan daring. Dengan tetap menyembunyikan identitas masing-masing, mereka bertukar pesan setiap hari dan akhirnya jatuh hati. Namun, semuanya berubah rumit ketika akhirnya mereka memutuskan untuk menatap wajah satu sama lain.

Dengan latar waktu jauh sebelum internet mudah diakses di mana-mana, You've Got Mail menyuguhkan hubungan manusia yang mampu melampaui fisik dan materi. Film arahan Nora Ephron ini menggambarkan hubungan LDR yang realistis, menyakitkan, sekaligus heartwarming di waktu yang bersamaan.

5. The Notebook (2010)

5 Rekomendasi Film Romance tentang Sesaknya Hubungan LDRcuplikan film The Notebook (dok. New Line Cinema/The Notebook)

The Notebook berkisah tentang Noah dan Allie, dua pemuda yang menjalin kasih pada tahun 1940-an. Namun, hubungan mereka tidaklah mudah. Tekanan sosial dan perbedaan yang dimiliki, berusaha memisahkan mereka yang sudah jatuh cinta satu sama lain.

Dibintangi Ryan Gosling dan Rachel Mc Adams, The Notebook adalah film romance yang terbilang unik karena bercerita dengan sudut pandang seorang pembaca. Kisah cinta Noah dan Allie tersebut tercatat di sebuah notebook dan dibacakan oleh seorang pria tua kepada perawatnya di sebuah Panti Wreda.

Kendati plotnya mungkin terdengar klise, The Notebook dan film-film romance di atas berhasil menyuguhkan peliknya hubungan LDR dengan pengemasan yang hangat. Oleh karenanya, deretan film tersebut bisa banget kamu masukkan ke daftar tontonanmu untuk mengisi waktu senggang.

Baca Juga: 5 Film Romance Latar Perang Dunia II, Jangan Lupa Siapkan Tisu

Santo Hamada Photo Verified Writer Santo Hamada

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya