Comscore Tracker

Apa yang Terjadi dengan Loki Setelah Avengers: Endgame?

Jadi, di mana Loki sekarang?

Kematian Loki (Tom Hiddleston) di awal Avengers: Infinity War menjadi salah satu momen paling "menghancurkan" dalam sejarah film MCU. Banyak fans yang berharap bahwa sang dewa penipu akan secara ajaib hidup kembali, dan membalas dendam pada Thanos di  Avengers: Endgame.

Air mata yang ditumpahkan pemirsa saat meninggalnya Loki mungkin mereda ketika Endgame menampilkan adegan-adegan dirinya di tahun 2012 (The Avengers) dan 2014 (Thor: The Dark World). Saat itu Avengers melakukan time travel untuk mengumpulkan infinity stones dari masa lalu.

Namun, momen yang dialami Loki di Endgame membuat banyak fans menggaruk-garuk kepala karena kebingungan. Untungnya, sutradara film ini telah menjelaskan dengan tepat apa yang terjadi pada God of Mischief dalam film tersebut. Berikut penjelasannya!

1. Loki memakai Tesseract untuk melarikan diri

Apa yang Terjadi dengan Loki Setelah Avengers: Endgame?dailydot.com

Sutradara Endgame, Joe dan Anthony Russo secara terang-terangan memberi tahu Business Insider tentang adegan Loki yang dengan cepat meraih Space Stone dan melarikan diri.

Hal itu terjadi ketika Iron Man (Robert Downey Jr), Ant-Man (Paul Rudd), Profesor Hulk (Mark Ruffalo), dan Kapten Amerika (Chris Evans) kembali ke New York pada tahun 2012 untuk mengumpulkan Tesseract (wadah Space Stone) dan Loki Scepter (wadah Mind Stone) sebelum keduanya diangkut kembali oleh SHIELD.

Rencananya tidak berjalan semulus yang direncanakan oleh para pahlawan. Saat tas berisi Tesseract sudah di tangan Tony Stark, Hulk muncul dari tangga dan menabrak Tony. Tas tersebut terpental dari tangan Tony, meluncur melintasi lantai, dan mendarat di kaki Loki. Dia langsung mengambil tesseract dan berpindah dimensi. Itulah yang terakhir terlihat dari Loki di Endgame

2. Kaburnya Loki menciptakan realitas baru

Apa yang Terjadi dengan Loki Setelah Avengers: Endgame?businessinsider.sg

Menurut co-sutradara Endgame, Joe Russo, Loki tetap mati di timeline inti Marvel Cinematic Universe. Penggunaan Space Stone pada tahun 2012 tidak membalikkan kematiannya saat Infinity War, tetapi ia masih hidup di multiverse yang berbeda.

Loki mengambil Space Stone dan menciptakan garis waktu yang unik, yang sejalan dengan penjelasan Profesor Hulk dan Ancient One (Tilda Swinton) tentang perjalanan waktu. Pada dasarnya, pelarian Loki dengan Space Stone cukup signifikan untuk menyebabkan garis waktu pusat terputus menjadi realitas yang bercabang. 

"Loki, ketika dia teleport dengan Stone (Space Stone), akan membuat timeline-nya sendiri. Hal itu menjadi sangat rumit, tetapi tidak mungkin bagi Cap (Chris Evans) untuk memperbaiki timeline kecuali dia menemukan Loki. Saat Loki melakukan sesuatu yang dramatis, seperti saat mengambil Space Stone, ia menciptakan realitas bercabang," ucap Joe Russo.

Baca Juga: Russo Brothers Ungkap Nasib Para Avengers Usai Endgame, Ini 4 Faktanya

3. Ada kemungkinan bahwa Cap mencoba menghentikan Loki untuk mencuri Tesseract

Apa yang Terjadi dengan Loki Setelah Avengers: Endgame?twitter.com

Ada kemungkinan Captain America kembali ke tahun 2012 untuk kedua kalinya saat mengembalikan Infinity Stones, dan menghentikan Loki dari mengambil Tesseract. Tetapi kita tidak bisa mengatakan dengan pasti apakah ini benar-benar terjadi. Russo brothers rupanya mengatakan kepada Business Insider bahwa Loki "masih berhasil melarikan diri" ketika timeline dibalik, meskipun mereka tidak menyebutkan apakah Cap berusaha mencegah pelarian Loki. 

Sampai sekarang, Loki dari masa lalu hidup dengan Space Stone dalam timeline alternatif. Dia bukan karakter yang sama seperti di Thor: Ragnarok dan rela mati di Avengers: infinity War. Karakter ini adalah pre-redemption Loki, seorang Loki yang masih menjadi villain dan mencoba menghancurkan Bumi atas nama Thanos. 

4. Loki akan muncul kembali dalam TV Series Disney

Apa yang Terjadi dengan Loki Setelah Avengers: Endgame?comicbook.com

Pintu MCU mungkin masih terbuka untuk Loki, tetapi kemungkinan besar versi Loki yang jahat dan licik akan muncul di serial Disney+. Presiden Marvel Studios, Kevin Feige, telah mengungkapkan bahwa seri superhero Disney+ (yang juga termasuk WandaVision dan Winter Soldier/Falcon) akan bersinggungan dengan film-film MCU.

Hal ini menunjukkan bahwa sifat licik Loki di Endgame dapat menjadi dasar tentang serial TV-nya yang akan datang. Belum jelas kapan proyek ini akan memasuki layanan TV, jadi penggemar masih punya banyak waktu untuk berspekulasi tentang bagaimana seri ini akan mengeksplorasi timeline alternatif Loki.

Apakah Loki akan kembali menjadi villain yang meminta manusia untuk menekuk lututnya? Mungkin saja, dan semuanya akan terungkap pada serial TV Loki di Disney+ nanti.

Baca Juga: 7 Lagu Keren yang Juga Jadi Soundtrack Film Marvel

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 02:00:04

Progress: 749.531 dari 813.350 TPS (92.15356%)

Just For You