Comscore Tracker

Rilis Trailer Pertama, Ini 5 Fakta tentang Justice League "Snyder Cut"

Fans DCEU mana suaranya? #HypeIDN 

Setelah penantian panjang, akhirnya fans Justice League mendapatkan kabar baik pada tanggal 20 Mei lalu. Setelah hampir tiga tahun memperjuangkan #ReleaseTheSnyderCut di berbagai platform media sosial seperti Twitter, kabar tentang versi "asli" dari film Justice League ini akhirnya menemui titik terang.

Justice League sendiri adalah film superhero tahun 2017 yang, pada awalnya, disutradarai oleh Zack Snyder (Man of Steel, Batman v Superman). Namun sayang, ia harus mundur dari kursi sutaradara setelah tragedi yang menimpa anaknya. Ketika Snyder menyerahkan kendali Justice League ke Joss Whedon (Avengers), dilaporkan ada perubahan besar di dalamnya.

Rupanya, Whedon mengubah visi Snyder dengan cara yang jelas-jelas "merusak." Justice League akhirnya gagal secara kritis dan komersial di tahun perilisannya. Sejak saat itu, para penggemar setia DC terus berharap jika suatu hari nanti mereka akan melihat Justice League versi Snyder.

Pada akhirnya, apa yang dulunya hanyalah mimpi dan topik perbincangan hangat dalam kehidupan nyata dan online kini telah menjadi kenyataan. Setelah menghangkatkan dunia online hari ini, berikut 5 fakta terbaru tentang Justice League versi 'Snyder Cut.'

1. Akan ditayangkan di layanan streaming HBO Max 

Tak lama setelah Snyder mengumumkan berita perilisan di Q&A dengan Henry Cavill pada hari Rabu, 20 Mei 2020, Warner Bros Pictures dan HBO Max langsung mengeluarkan siaran pers resmi yang merinci perilisan Snyder Cut. Setelahnya, Snyder mengucapkan terima kasih pada keputusan yang berani ini.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada HBO Max dan Warner Bros atas keberaniannya untuk mendukung para seniman dan memungkinkan visi sejati mereka terwujud. Juga, terima kasih khususnya kepada semua yang telah terlibat dalam gerakan Snyder Cut untuk mewujudkan hal ini," kata Snyder seperti dilansir dari laman Warner Media Group.

Robert Greenblatt, direktur WarnerMedia Entertainment saat ini, menyatakan bahwa sejak ia menjadi direktur sejak 14 bulan yang lalu, nyanyian untuk #ReleasetheSnyderCut telah menjadi "genderang harian" di kantor dan kotak masuknya.

"Nah, para penggemar telah bertanya dan kami sangat senang. Pada akhirnya, itu semua untuk mereka, dan kami sangat bersemangat untuk merilis visi Zack untuk Justice League pada tahun 2021. Hal ini tidak akan pernah terjadi jika bukan karena kerja keras dan upaya gabungan dari tim di HBO Max dan Warner Bros Pictures," tambah Greenblatt.

Ketua Warner Bros Pictures Group, Toby Emmerich, juga mengatakan bahwa momen ini terasa seperti saat yang tepat untuk membagikan cerita Zack, dan HBO Max adalah platform yang sempurna untuk melakukannya.

2. Dirilis tahun depan

Platform HBO Max sendiri diluncurkan pada tanggal 27 Mei, hanya sekitar satu minggu setelah perilisan berita Snyder Cut. Namun, sebagaimana disebutkan oleh Variety, Snyder Cut sendiri baru akan dirilis di HBO Max pada tahun 2021.

Memang, belum ada pengumuman resmi tentang tanggal pastinya. Namun Sandra Dewey, presiden produksi dari WarnerMedia Entertaintment, mengungkapkan kalau Justice League versi Snyder Cut akan dirilis antara awal hingga pertengahan tahun 2021.

Tentu saja, para eksekutif yang menjalankan operasi ini ingin memanfaatkan sensasi di sekitar Snyder Cut tanpa harus membuat para penggemar untuk menunggunya lebih lama lagi.

3. Keputusan Zack untuk merilis Snyder Cut 

Rilis Trailer Pertama, Ini 5 Fakta tentang Justice League Snyder Cutimdb.com

Untuk semua maksud dan tujuan, Snyder Cut memang akan dirilis. Namun pada awalnya, kampanye #ReleasetheSnyderCut justru menuntut versi "director's cut" dari film Justice League sendiri. Artinya, versi yang dulu dituntut perilisannya bukanlah film baru yang dipoles, melainkan versi lama sebelum Justice League dirombak oleh Joss Whedon.

Berbicara kepada Hollywood Reporter, Zack Snyder dan istrinya, Deborah, membahas berita tentang perilisan Snyder Cut. Snyder menjelaskan kalau pada saat itu satu-satunya director's cut dari film Justice League sebagian besar sudah selesai, tapi belum diberikan efek visual dan belum melalui tahapan pasca produksi.

Snyder sendiri menyimpan salinan versi Justice League itu pada hard drive di rumahnya, dan mengakui kalau dirinya ​​tidak pernah berpikir kalau versi itu akan ditayangkan.

Ia juga berpikir mungkin kalau 20 tahun kemudian akan ada seseorang yang membuat film dokumenter tentang proses pembuatan Justice League, dan dirinya bisa meminjamkan mereka rekaman dan potongan film yang belum pernah dilihat oleh siapa pun.

Baca Juga: Epik! 5 Hal Ini Muncul di Trailer Pertama Justice League Snyder Cut

4. Para bintang Justice League yang gigih mengampanyekan #ReleasetheSnyderCut 

Pada bulan November 2019, tepatnya satu hari setelah ulang tahun kedua Justice League, kampanye #ReleasetheSnyderCut mengalami ledakan besar di jagad Twitter.

Tentunya, hal ini juga memikat para bintang Justice League seperti Gal Gadot (Diana Prince/Wonder Woman), Ben Affleck (Bruce Wayne/Batman), dan Jason Momoa (Arthur Curry/Aquaman) untuk ikut mengampanyekannya.

Agen Snyder sendiri menelepon mereka pada pagi itu, menyampaikan kalau ketua Warner Bros Pictures, Toby Emmerich, mulai mengakui gerakan Snyder Cut dan menyatakan minatnya untuk mewujudkan versi tersebut.

Menurut Snyder, Emmerich bertanya padanya, "Hal ini nyata. Orang-orang di luar sana menginginkannya. Apakah kalian pernah mempertimbangkan untuk melakukan sesuatu?" Dari sana, Zack dan Deborah Snyder mulai mencari cara yang tepat menyelesaikan Snyder Cut.

Pasangan ini pun berhasil menyelesaikannya dan kemudian memutar versi "asli" Justice League — dalam warna hitam dan putih — untuk Warner Bros, HBO Max, dan eksekutif DC Entertainment untuk melihat apakah versi tersebut layak untuk dirilis. Pemutaran tersebut diadakan di rumah Snyder dan ternyata berjalan dengan sangat baik.

5. Snyder Cut akan menjadi sebuah film yang "baru"  

Rilis Trailer Pertama, Ini 5 Fakta tentang Justice League Snyder Cutimdb.com

Sampai saat ini, kita belum tahu pasti seperti apa "wajah" Snyder Cut yang akan dirilis nanti. Namun, Hollywood Reporter telah mengindikasikan kalau Snyder telah mengumpulkan kru pasca produksi asli Justice League untuk menambahkan efek visual, melengkapi adegan lama dan mengeditnya dengan cara yang mereka inginkan.

Ada juga kemungkinan kalau beberapa aktor merekam "dialog tambahan" untuk Snyder Cut. Selain itu, ada keputusan besar yang harus dibuat sebelum film itu dapat dirilis, yakni apakah Snyder Cut akan premiere dalam bentuk aslinya — film yang berdurasi hampir empat jam — atau dibagi menjadi enam bagian untuk ditonton layaknya sebuah miniseri.

Sebuah sumber dari "orang dalam" mengklaim kalau proyek penyelesaian Snyder Cut menghabiskan biaya sekitar 20 juta dolar Amerika, sedangkan yang lain memperkirakan kalau total pengeluarannya mencapai hampir 30 juta dolar Amerika.

Snyder sendiri mengatakan kalau Justice League versinya yang akan tayang perdana di HBO Max adalah film yang sama sekali "baru." Perlu diketahui kalau audiens yang melihat Justice League di bioskop menyaksikan tiga perempat dari visi kreatif Whedon dan hanya seperempat versi asli dari Snyder.

Menurut Snyder sendiri, hal itu pastinya menyisakan banyak pertanyaan dan ekspetasi para penggemar. Diharapkan kalau Snyder Cut yang akan dirilis di HBO Max nanti akan memenuhi ekspetasi dari setiap penggemar DC dan semua orang yang menontonnya.

Pada akhirnya, perilisan Snyder Cut menunjukkan kepada kita bahwa, terkadang, mimpi dapat menjadi kenyataan. Jadi, apakah kalian menunggu perilisannya juga?

Baca Juga: 7 Hal Ini Diharapkan Muncul di Justice League: Snyder Cut, Gak Sabar!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya