Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Thriller yang Belum Pernah Kamu Tonton

Berani menontonnya?

Apa yang membuat film thriller menjadi bagus adalah hal subjektif. Terkadang, film thriller yang bagus adalah sesuatu yang menghadirkan ketakutan atau kekerasan mendalam, sementara yang lain dapat menghadirkan konflik psikologis atau emosional untuk karakter mereka.

Namun di balik pendapat-pendapat itu, banyak pula film thriller hebat yang mengambil elemen genre lain, seperti fiksi ilmiah, fantasi, sejarah, atau komedi dan memadukan mereka untuk membuat subgenre yang unik. Dan film thriller yang paling berkesan adalah yang dapat meninggalkan pertanyaan atau emosi setelah menontonnya. Berikut adalah daftarnya!

1. Ready or Not

https://www.youtube.com/embed/ZtYTwUxhAoI

Sebagai sebuah sindiran kuat tentang keluarga borjuis dan tradisinya, Ready or Not menceritakan sebuah upacara induksi ekstrem dari sebuah keluarga kaya yang mencakup kekerasan sampai pembunuhan.

Grace (Samara Weaving) adalah seorang gadis miskin yang menikah dengan suami barunya yang kaya, Alex Le Domas (Mark O'Brien). Namun ternyata keluarga Le Domas menyambutnya dengan sebuah permainan yang menyeramkan dan memaksanya untuk bertahan semalam ketika mereka mengejarnya dan mencoba untuk membunuhnya.

Penerimaan buta terhadap tradisi yang "sakit" ini benar-benar lucu, membuat situasi canggung karena pemburu dan yang diburu sama-sama tidak memiliki pengalaman dalam seni pembunuhan.

Walaupun unsur satir telah menjadi ciri khas film ini, unsur thriller di dalamnya masih mencekam dengan beberapa adegan yang benar-benar mengerikan. Seimbang antara lucu dan menakutkan, Ready or Not bisa saja menjadi film cult classic di masa depan nanti.

2. Triple 9

https://www.youtube.com/embed/JzUtr5sjRvU

Meskipun "flop" di box office, Triple 9 tetap menjadi film thriller yang cukup menegangkan. Film ini berlatar tentang anggota kepolisian yang korup, dilengkapi dengan jajaran aktor A-class yang sudah tidak asing lagi.

Film ini menceritakan sebuah perampokan bersenjata yang gagal, yang melibatkan seorang polisi, Chris Allen (Casey Affleck) dan rekannya, Marcus Belmont (Anthony Mackie), yang memimpin sebuah tim polisi korup.

Setelah mengalami kegagalan, Allen pun langsung meminta bantuan pamannya, Jeffrey (Woody Harrelson), seorang detektif eksentrik yang sangat ingin menyapu para perwira korup di kepolisian.

Adegan-adegan aksi di dalam film ini sangat kejam dan dibuat seakurat mungkin sesuai prosedur kepolisian yang sebenarnya, memberikan Triple 9 keunggulan atas film thriller kriminal lainnya.

3. 22 July

https://www.youtube.com/embed/ZVpUZGmHJB8

22 July adalah film yang menceritakan kisah nyata tentang serangan teroris terburuk dalam sejarah Norwegia, di mana seorang ekstrimis sayap kanan membunuh 77 remaja yang sedang menikmati kamp musim panas di tahun 2011. Serangan itu sendiri digambarkan secara detail di dalam film ini.

Dalam film ini, Jon Oigarden memberikan kinerja yang sangat baik sebagai Geir Lippestad, seorang pengacara yang bertugas membela teroris itu dan mulai mempertanyakan cara-cara di mana proses hukum bekerja. 

22 July adalah salah satu film thriller yang bagus, karena sang sutradara, Paul Greengrass, tidak memanfaatkan situasi tertentu untuk memaksakan melodrama atau sentimentalitas yang tidak perlu di dalamnya.

Baca Juga: 5 Film Keluarga yang Tayang di Bulan Desember, Wajib Nonton!

4. The Guest

https://www.youtube.com/embed/y0E2Qh6wLS4

Adam Wingard mungkin dikenal dengan karyanya, You're Next, yang menjadi hit kultus. Namun hanya sedikit yang mengetahui tentang filmnya yang rilis di tahun 2014 ini, The Guest.

Film thriller yang mencekam ini menceritakan David (Dan Stevens), seorang prajurit yang mengunjungi keluarga kawannya dan mulai memasukkan dirinya ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Film ini mengarah ke misteri yang mendebarkan dan memiliki banyak isyarat visual yang diambil dari film aksi dan horor tahun 80-an.

Yang membuat The Guest menjadi salah satu film thriller terbaik adalah karena film ini tidak pernah menunjukkan kartu "AS"-nya terlalu awal. Keterampilan David yang suka melebih-lebihkan sesuatu juga menjadikannya penjahat yang menakutkan dalam film ini.

The Guest adalah film yang berhasil menggabungkan elemen-elemen tersebut untuk membuat sebuah kendaraan "thriller" dengan sensasi yang pas.

5. Bad Times at the El Royale

https://www.youtube.com/embed/y7wzBVARwaU

Menyusul keberhasilannya dalam Cabin in the Woods, Drew Goddard kembali membuat sebuah mashup genre thriller lainnya dengan Bad Time at the El Royale, sebuah film yang menggabungkan berbagai unsur film bergenre 60-an menjadi sebuah thriller neo-noir yang menceritakan tujuh orang asing di sebuah hotel misterius dalam satu malam.

Arahan dari Goddard juga memungkinkan setiap karakter di dalamnya memanjakan dan memperkenalkan elemen-elemen baru dalam cerita, membuat film ini terasa seperti kumpulan berbagai alur cerita yang berbeda tetapi masih berhubungan dengan iklim sosial dan politik pada tahun 1969.

Film ini menceritakan setiap kisah dari perspektif yang berbeda dan sering menunjukkan peristiwa yang sama melalui mata yang berbeda, tidak pernah jelas siapa audiensi yang harus disalahkan atau dibenarkan. Hal inilah yang membuat Bad Time at the El Royale tidak pernah membosankan.

Selain plot yang unik, Bad Time at the El Royale juga diisi dengan aktor terkenal seperti Jeff Bridges, Jon Hamm, Dakota Johnson, Cailee Spaeny dan Chris Hemsworth. Dalam film ini, Chris Hemsworth memberikan salah satu penampilan terbaiknya sebagai seorang pemimpin kultus yang sangat menghantui.

Nah, itu tadi 5 rekomendasi film thriller yang mungkin belum pernah kamu tonton. Bagaimana, tertarik untuk menonton semuanya?

Baca Juga: 6 Sekuel Film Horor Terbaik yang Wajib Kamu Tonton!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya