Comscore Tracker

6 Rekomendasi Film Bertemakan Hollywood yang Wajib Kamu Tonton

Dibintangi oleh aktor-aktor kelas kakap! #IDNTimesHype

Setiap orang menyukai cerita tentang dirinya sendiri. Begitu pun Hollywood. Seringkali, Hollywood juga membuat sebuah film yang mengisahkan tentang Hollywood itu sendiri, baik itu kisah sukses dari aktor atau sutradara terkenal, sisi gelap dari industri di dalamnya, atau berbagai cerita yang terjadi dalam periode tertentu di Hollywood.

Selama beberapa dekade terakhir, kita telah disuguhkan dengan beberapa film satire yang lucu tentang Hollywood. Beberapa di antaranya akan dibahas di bawah ini. Berikut daftarnya.

1. The Front (1976) 

https://www.youtube.com/embed/e8SVglR8gTc

Bisa dibilang kalau The Front adalah film terbaik yang dibintangi oleh Woody Allen tanpa campur tangan darinya—entah itu menulis naskah atau mengarahkannya. Film ini disutradarai oleh Martin Ritt, seorang sutradara yang masuk "daftar hitam" oleh industri televisi karena dituduh telah mendukung komunis Tiongkok.

Berlatar pada awal tahun 50-an, film ini menjadi sebuah satire dari sikap paranoid Amerika di tengah Perang Dingin. Para kritikus pun memuji film ini, terutama karena telah berani mengangkat topik McCarthyisme di dalamnya.

2. State and Main (2000) 

https://www.youtube.com/embed/FDAUaFXsd9E

Disutradarai oleh David Mamet dan dibintangi oleh Philip Seymour Hoffman, William H. Macy, Sarah Jessica Parker, Alec Baldwin dan Julia Stiles, State and Main berkisah tentang produksi film The Old Mill di kota Waterford, Vermont.

Pada dasarnya, film ini adalah sebuah sindiran yang menunjukkan kalau masyarakat yang hidup di kota kecil tidak idealis seperti yang kita bayangkan. Bahkan, mereka bisa sama busuknya dengan orang-orang yang ada di Hollywood.

3. The Cat's Meow (2001) 

https://www.youtube.com/embed/jy9SS59oQFQ

Berdasarkan drama tahun 1997 dengan judul yang sama, The Cat's Meow terinspirasi oleh kematian misterius maestro film Thomas H. Ince di kapal pesiar William Randolph Hearst. Film ini mengikuti dugaan spekulatif tentang plot kematian Ince yang tidak jelas.

Disutradarai oleh Peter Bogdanovich dan dibintangi oleh Kirsten Dunst, film drama sejarah ini memiliki atmosfer yang cukup gelap dari film lain yang ada di daftar ini.

4. Hail, Caesar! (2016)

https://www.youtube.com/embed/kMqeoW3XRa0

Hail, Caesar! adalah salah satu film terbaik tentang industri Hollywood. Film ini disutradai oleh Coen bersaudara dan dibintangi oleh aktor-aktor terkenal seperti Josh Brolin, George Clooney, Alden Ehrenreich, Ralph Fiennes, Jonah Hill, Scarlett Johansson, Frances McDormand, Tilda Swinton dan Channing Tatum.

Plotnya mengisahkan proses syuting film epik sejarah yang harus tertunda karena bintang utamanya, Baird Whitlock (Clooney), diculik oleh sebuar organisasi komunis. Film ini kemudian menyorot proyek "sampingan" lainnya dan berbagai masalah di dalamnya. Dengan jajaran aktor bintang, kalian pasti tidak mau melewatkan film yang satu ini.

Baca Juga: 10 Penyanyi Perempuan Hollywood Paling Kaya, Bergelimang Harta!

5. Once Upon a Time in Hollywood (2019) 

https://www.youtube.com/embed/ELeMaP8EPAA

Berlatar di akhir era keemasan Hollywood atau Old Hollywood, Once Upon a Time in Hollywood berfokus pada persahabatan antara aktor papan atas, Rick Dalton (Leonardo DiCaprio), dan stuntman-nya, Cliff Booth (Brad Pitt).

Di sisi lain, kita juga disuguhkan dengan kehidupan Sharon Tate (Margot Robbie), aktris Hollywood yang dibunuh secara brutal oleh anggota kultus Manson di tahun 1969. Jadi, apakah film ini didasarkan pada peristiwa nyata tersebut atau tidak? Untuk mengetahuinya, kalian harus menonton film berdurasi 161 menit ini sampai selesai.

6. Mank (2020)

https://www.youtube.com/embed/aSfX-nrg-lI

Sebagai film terbaru di daftar ini, Mank bercerita tentang kehidupan penulis naskah terkenal Herman J. Mankiewicz. Tepatnya, film ini berlatar di tengah pembuatan skenario film Citizen Kane (1941). Dalam film ini, Mankiewicz digambarkan dengan sangat apik oleh aktor kawakan asal Inggris, Gary Oldman.

Disutradai oleh David Fincher dan dibintangi oleh aktor terkenal lainnya seperti Amanda Seyfried, Lily Collins, dan Charles Dance, Mank menjadi film dengan nominasi terbanyak (6) di perhelatan Golden Globes tahun ini.

Nah, itu tadi 6 rekomendasi film tentang industri Hollywood yang wajib kamu tonton di waktu senggang nanti. Bagaimana, tertarik untuk menonton semuanya?

Baca Juga: 10 Artis Hollywood Keturunan Asia Paling Populer, Bikin Bangga! 

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya