Comscore Tracker

7 Rekomendasi Film Keren yang Harus Kamu Tonton Bagi Fans “Joker”

Untuk para Joker's gang, merapat yuk!

Walau baru dirilis tahun lalu, Joker berhasil menjadi film R-rated pertama yang mendapat pemasukan US$1 miliar di box office di seluruh dunia, menjadikannya film buku komik paling menguntungkan sepanjang masa sejauh ini. Joker telah meraup keuntungan lebih dari lima belas kali lipat dari biaya pembuatannya. Joker sendiri telah menjadi subyek dari berbagai kontroversi dan diskusi tentang berbagai elemen film di dalamnya.

Selain itu, Joker juga telah menghasilkan tinjauan beragam dari para kritikus dan audiens, dengan banyak orang yang menyebutnya sebagai sebuah mahakarya. Bagi beberapa orang yang memang menikmati Joker, ada sejumlah film lain yang pastinya akan menarik untuk ditonton. Berikut 7 rekomendasi film keren yang harus kamu tonton jika suka Joker.

1. The King of Comedy (1982)

https://www.youtube.com/embed/-v43poxxKlI

Film ini berfokus pada kehidupan Rupert Pupkin (Robert De Niro), calon komedian yang mempraktikkan aktingnya di ruang bawah tanah, percaya kalau peluangnya untuk menjadi bintang ada pada penampilan di acara bincang-bincang malam yang dibawakan oleh Jerry Langford (Jerry Lewis).

Ketika Rupert membantu Jerry melarikan diri dari para penggemarnya, ia meminta audisi sebagai imbalannya dan mulai menguntit Jerry. Terus-menerus ditolak oleh Jerry, Rupert membuat rencana untuk menculik Jerry, hanya menawarkan pembebasan dengan imbalan sebagai bintang tamu di acaranya.

Martin Scorsese seharusnya menjadi produser Joker, tetapi tidak dapat melakukannya karena bentrokan jadwal dengan proyek The Irishman. Namun sutradara Joker, Todd Phillips, mengungkapkan kalau Scorsese adalah pengaruh besar dan inspirasi di balik pembuatan Joker.

The King of Comedy adalah salah satu film Scorsese yang menginspirasi Phillips. Bahkan ia memakai Robert De Niro untuk memerankan Murray Franklin, pembawa acara yang notabene mirip seperti tokoh Jerry di film The King of Comedy.

Pembalikan peran ini menjadi tontonan yang menarik bagi mereka yang merupakan penggemar The King of Comedy, terutama lewat kesamaan obsesi antara Pupkin dan Arthur Fleck yang sama-sama ingin tampil di sebuah acara televisi.

2. Taxi Driver (1976)

https://www.youtube.com/embed/UUxD4-dEzn0

Taxi Driver menceritakan kisah seorang mantan marinir dan penderita insomnia, Travis Bickle (Robert De Niro), yang bekerja sebagai supir taksi selama malam hari di kota New York. Semakin paranoid dan tidak dapat terhubung dengan siapa pun, Travis sendiri secara kronis memutuskan untuk "membersihkan" segala kebejatan yang ada di kota ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Scorsese adalah pengaruh utama bagi para kru di belakang Joker. Ada beberapa penghormatan kepada Taxi Driver di Joker, salah satunya adegan di mana Fleck mengeluarkan pistol dan berbicara kepada tamu tak terlihat sambil mengarahkan senjatanya ke cermin.

Kedua film ini juga menjadi subjek kontroversi. Banyak yang khawatir kalau Joker akan menginspirasi tindakan kejahatan, dan sayangnya Taxi Driver benar-benar menginspirasi kejahatan mengerikan, yaitu penembakan Presiden Ronald Reagan oleh John Hinckley Jr.

Hinckley Jr. menjadi terobsesi dengan Jodie Foster setelah melihatnya di dalam Taxi Driver, sehingga ia melakukan tindakan tersebut sebagai penghargaan untuknya.

3. The Dark Knight (2008)

https://www.youtube.com/embed/EXeTwQWrcwY

Film kedua dalam trilogi Batman karya Christopher Nolan, The Dark Knight, dimulai dengan kerja sama antara Batman, Letnan Jim Gordon, dan Jaksa Distrik Harvey Dent. Namun di saat perdamaian mulai muncul, seorang dalang kriminal yang dikenal sebagai Joker membawa kekacauan ke Kota Gotham, dan akan menguji Batman ke ambang batas kodenya.

Ketika datang ke karakter ikonik seperti Joker, topik yang sering dibahas pasti tentang aktor mana yang paling cocok dalam memerankan musuh bebuyutan Batman ini.

Beberapa orang mungkin mengatakan Jack Nicholson sebagai Joker terbaik, beberapa bahkan mengatakan Jared Leto. Namun yang tidak dapat dipungkiri adalah fakta bahwa Heath Ledger menjadi aktor yang berada di urutan teratas dalam daftar tersebut. Hal ini bahkan dibuktikan dengan Academy Award yang ia dapatkan lewat film The Dark Knight

Joaquin Phoenix juga diperkirakan akan mendapatkan nominasi Academy Awards untuk penampilannya di Joker, mengingat ia sendiri telah memenangkan penghargaan sebagai Aktor Utama Terbaik di acara Golden Globes kemarin.

Jadi, jika kalian menikmati penampilan Phoenix di Joker, maka menonton The Dark Knight adalah suatu keharusan untuk melihat perbedaan dan membandingkan penampilan luar dari biasa kedua aktor ini.

Baca Juga: 10 Potret Adu Gaya 6 Artis Berdandan ala Joker, Siapa Paling Mirip?

4. The Man Who Laughs (1928)

https://www.youtube.com/embed/2KhzpkSDwHA

Diadaptasi dari novel karya Victor Hugo, The Man Who Laughs menceritakan kisah kehidupan Gwynplaine. Gwynplaine sendiri adalah putra dari oposisi Raja yang jahat. Ketika Raja itu membunuh ayah Gwynplaine, dia juga memerintahkan agar wajah Gwynplaine diukir seperti orang yang sedang tersenyum.

Film ini juga menginspirasi Todd Phillips dan co-penulis Joker, Scott Silver. Dengan tautan penting ke film Joker dan asal-usul karakter Joker sendiri, The Man Who Laughs adalah film penting yang harus ditonton oleh para penggemar Joker umumnya, dan para penggemar DC khususnya.

5. Logan (2017)

https://www.youtube.com/embed/Div0iP65aZo

Logan berlatar di tahun 2029, di mana mutan telah menjadi spesies yang langka. Pada masa ini, Logan tinggal di sebuah tempat persembunyian di perbatasan Meksiko, menghabiskan hari-harinya sebagai sopir limosin untuk bertahan hidup. Juga, yang tinggal bersamanya di pengasingan tersebut adalah Caliban dan Profesor X yang sudah sekarat.

Ketika Logan ditugaskan untuk mengawal seorang gadis muda ke tempat yang aman, ia mendapati dirinya berhadapan kembali dengan kekuatan gelap dari masa lalunya. Bagi mereka yang bosan dengan film buku komik blockbuster yang cerah, lucu dan penuh dengan CGI, Joker mungkin menjadi udara segar di tengah kepenatan itu.

Gelap, nihilistik, dan lebih bergaya secara visual, Joker mengimbau mereka yang mengalami kelelahan atas film mainstream ala Marvel dan DCEU. Logan adalah film komik lain, layaknya Joker, yang menjauh dari formula biasa yang akan memberikan kalian pengalaman menonton yang jauh lebih gelap dan lebih keren.

6. Dog Day Afternoon (1975)

https://www.youtube.com/embed/Ne6KMHLTvik

Berdasarkan kisah nyata, Dog Day Afternoon berlatar pada sore hari saat musim panas di kota New York. Tak lama sebelum waktu berakhir, Sonny (Al Pacino) dan Sal (John Cazale) masuk ke dalam sebuah bank untuk melakukan perampokan.

Namun, apa yang seharusnya menjadi perampokan biasa segera berubah menjadi malapetaka. Peristiwa tersebut berubah 180 derajat ketika mereka menyadari kalau mereka sudah dijebak demi sebuah pertunjukan yang sudah disetting media.

Bisa dibilang kalau Dog Day Afternoon adalah film lain yang menginspirasi Todd Phillips. Phillips mengutip Dog Day Afternoon sebagai referensi yang penting karena menunjukkan sebuah proses untuk lebih memahami dan berempati kepada para karakter anti-hero.

7. Naked (1993)

https://www.youtube.com/embed/VLtLUL1wy7g

Naked menceritakan kehidupan Johnny Fletcher (David Thewlis), seorang pria yang menganggur di kota London. Merasa marah dan penat, ia pun memulai pengembaraannya di kota tersebut pada suatu malam, melampiaskan kemarahannya kepada semua orang yang ditemuinya.

Jika kalian menikmati elemen nihilistik dan gelap yang ada di dalam Joker, maka Naked adalah film yang mungkin ingin kalian tonton. Bahkan sang sutradara, Mike Leigh, sengaja mempelajari karakter seorang pria yang berjalan di sisi kehidupan yang lebih gelap demi membuat film ini.

Nah, itu tadi 7 rekomendasi film keren yang harus kamu tonton jika suka Joker. Bagaimana, tertarik untuk menonton semuanya?

Baca Juga: 10 Potret Behind the Scene Film Joker, Kekompakannya Bikin Salut!

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

Apakah kalian menyukai artikel saya? Jika iya, silahkan buka trakteer.id/shandy-pradana untuk memberikan support kepada penulis. Terima kasih!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya