Comscore Tracker

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!

Film favorit kamu nomor berapa?

Vampir adalah makhluk dalam mitologi yang hidup dengan memakan intisari kehidupan dari makhluk hidup lain. Cerita vampir sendiri berasal dari Yunani kuno, saat necrophobia (ketakutan akan makhluk yang sudah mati) berada di luar kendali. Ketakutan tersebut semakin parah seiring berjalannya waktu.

Dengan sejarah seperti ini, tidak heran jika makhluk penghisap darah masih menjadi topik yang menarik hingga saat ini. Dunia sinema khususnya telah menjadi taman bermain untuk vampir, yang mencakup sejumlah besar film dengan genre horor yang populer.

Seiring dengan berjalannya waktu, film-film vampir menjadi semakin bervariasi dengan perkembangan cerita yang berbeda. Jika kamu penggemar genre horor dan vampir yang dibumbui kisah cinta, berikut 8 rekomendasi film vampir yang harus kamu tonton sekarang juga.

1. Dracula

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!bustle.com

Disutradai oleh Francis Ford Coppola (Apocalypse Now, Godfather trilogy), Dracula menceritakan kisah hidup Count Dracula dari novel Bram Stoker dengan judul yang sama. Berlartar di tahun 1897, seorang pengacara muda, Jonathan Harker (Keanu Reeves), pergi ke Transylvania untuk mengatur akuisisi real estat Dracula di London dari koleganya, Renfield, yang sudah gila.

Di sana, Jonathan bertemu dengan Count Dracula (Gary Oldman), sang pemilik kastil. Dracula yang menemukan gambar tunangan Harker, Mina (Winona Ryder), percaya bahwa dia adalah reinkarnasi Elisabeta, istrinya yang sudah lama meninggal. Dracula kemudian pergi ke London, meninggalkan Jonathan untuk disiksa oleh pengantinnya.

Selain Reeves, Oldman, dan Ryder, film ini juga dibintangi oleh Anthony Hopkins yang berperan sebagai Abraham Van Helsing. Akting Reeves di sini sangat apik, karena berhasil menyisipkan cinta segitiga antara dirinya, Dracula, dan tunangannya di dalam film horor berdurasi 2 jam ini.

2. Interview with the Vampire: The Vampire Chronicles

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!imdb.com

Selain Dracula, film vampir tahun 90an yang mengambil tema horor gothic lainnya adalah Interview with the Vampire: The Vampire Chronicles. Film ini (bersamaan dengan Legends of the Fall di tahun yang sama) menjadi batu loncatan Brad Pitt dalam meraih kesuksesan di Hollywood, karena setelahnya ia meraih sukses dalam film Se7en (1995) dan Fight Club (1999).

Dibintangi pula oleh Tom Cruise, Kirsten Dunst, dan Antonio Banderas, Interview with the Vampire berfokus pada hubungan Lestat (Cruise), Louis (Pitt), dan Claudia (Dunst). Semua bermula saat Louis yang kesepian setelah kematian istrinya, ditawari untuk menjadi vampir oleh Lestat di akhir abad ke-18.

Setelah mengalami lika-liku kehidupan sebagai vampir, Louis bertemu dengan seorang gadis bernama Claudia (Kirsten Dunst), yang sekarat karena wabah penyakit. Louis pun mengubah Claudia menjadi vampir, dan memulai hidup baru dengannya. Narasi tersebut dibingkai oleh sebuah wawancara pada masa kini, di mana Louis menceritakan kisahnya kepada seorang reporter San Francisco.

3. Van Helsing

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!cinematographe.it

Terinspirasi dari karakter dalam novel Bram Stoker, Van Helsing menceritakan kisah pemburu monster bernama Gabriel Van Helsing (Hugh jackman) yang ditugaskan oleh Vatikan untuk membantu keturunan terakhir Valerious dalam misi membasmi Dracula di Transylvania. Bersama dengan seorang biarawan bernama Carl (David Wenham), Van Helsing memulai perjalanannya menuju Rumania.

Di Transylvania, Velkan Valerious terbunuh dalam upaya untuk menjebak dan membunuh manusia serigala, dan Anna (Kate Beckinsale) diserang oleh pengantin Dracula tak lama setelah kedatangan Van Helsing. Setelah menyelamatkan Anna dan membunuh salah satu pengantin Dracula, Marishka, Van Helsing dan Carl mencoba memecahkan lukisan hidup, yang menggambarkan pertempuran antara manusia serigala dan vampir.

4. Underworld

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!variety.com

Underworld menjadi film pertama dari seri Underworld. Plot utamamya berfokus pada perseteruan antara vampir dan lycan, karena selama beberapa generasi perang rahasia telah dilakukan antara dua spesies makhluk kuno ini. Selene (Kate Beckinsale), seorang Death Dealer, sangat berambisi untuk menghabisi para Lycan karena telah membantai keluarganya 600 tahun lalu.

Saat sedang menyelidiki peluru baru yang bisa membunuh vampir, Selene bertemu dengan Michael Corvinus, manusia yang diburu oleh Lycan. Selene yang terkenal keras kepala, mulai jatuh hati dengannya dan berusaha untuk menyelamatkannya. Di tengah upaya penyelamatan Michael, Selene menemukan konspirasi dalam organisasi vampir dan fakta bahwa Michael keturunan asli Corvinus, seorang legenda yang memiliki darah murni dan lebih kuat dari kedua makhluk kuno tersebut.

Baca Juga: 5 TV Series 90an Tema Supranatural Terfavorit, Vampir sampai Penyihir!

5. Dracula Untold

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!screen-queens.com

Dracula Untold berlatar sebelum Renaissance, yang menceritakan kehidupan Vlad Tepes, seorang Pangeran Wallachia dan Transylvania. Dia dipanggil Vlad the Impaler setelah membantai ribuan korbannya dengan menusuk mereka dengan tombak.

Suatu hari, Vlad dan tentaranya menemukan helm prajurit Ottoman yang hanyut di sungai. Ia mengikuti aliran sungai tersebut dan menemukan sebuah gua, dan diserang oleh makhluk humanoid yang membunuh rombongan Vlad.

Setelah kembali ke istananya, Vlad diberi tahu oleh biarawan lokal bahwa makhluk itu adalah seorang vampir, seorang Romawi dari zaman Kekaisaran yang ditipu oleh iblis dan terjebak di gua sebagai harga untuk kekuatannya.

Tidak lama setelahnya, kontingen Ottoman tiba di kastil Vlad, dan menginginkan upeti tambahan berupa 1.000 anak laki-laki termasuk anaknya sendiri untuk dilatih sebagai Janissaries. Vlad yang bingung akhirnya memulai pertempuran dengan Ottoman, dan meminta bantuan kepada vampir agar memberinya kekuatan untuk melawan pasukan Mehmed II.

6. Byzantium

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!pinterest.com

Neil Jordan, yang menyutradarai epik Interview with the Vampire, membuat film lain pada genre yang sama hampir 20 tahun kemudian. Byzantium membangun kisah vampir yang berfokus pada dua wanita, Eleanor (Saoirse Ronan) dan ibunya Clara (Gemma Arterton).

Film ini menghadirkan dinamika dari ibu-anak vampir ini sejak masa 1800-an, menunjukkan betapa sulitnya untuk bertahan hidup di masyarakat patriarkal modern yang merefleksikan ingatan buruk pada masa lalu yang telah membuat mereka menderita.

Film ini memiliki visual gelap yang indah, karakter yang menarik, dan meskipun tidak sebaik Interview with the Vampire, Byzantium berhasil menarik penonton ke arah misteri yang terus menerus bermunculan. Sepanjang film, para penonton akan disuguhkan oleh kecantikan dan keluguan Saoirse Ronan, serta cerita yang menarik untuk terus diikuti.

7. Only Lovers Left Alive

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!variety.com

Only Lovers Left Alive mengambil karakter pribadi dari sudut pandang seorang seniman tertutup bernama Adam (Tom Hiddleston), yang juga merupakan seorang vampir. Dia membayar untuk tinggal sejauh mungkin dari dunia dan hanya berurusan dengan dua manusia, yang dia sebut zombie, untuk mengamankan keinginan dan kebutuhan tertentu, seperti gitar vintage, darah, dan peluru kayu khusus.

Pasangannya, Hawa (Tilda Swinton), sebisa mungkin memberikan penghiburan kepadanya. Secara keseluruhan, film ini adalah perjalanan yang segar, abstrak, yang menjadi sambutan orisinal tentang genre klasik. Sinematografinya subur dan elegan, artistik, anggun namun canggih, yang berfokus pada sepasang kekasih vampir yang merenungkan posisi mereka dalam masyarakat modern.

8. Dark Shadows

Selain Twilight, Ini 8 Film Bertema Vampir yang Gak Kalah Menarik!agescimarche.it

Dark Shadows adalah sebuah film horor komedi yang didasari oleh salah satu sinema elektronik-gothik berjudul sama yang tayang pada tahun 1966-1971. Film ini disutradarai oleh Tim Burton, serta dibintangi oleh Johnny Depp, Eva Green, Helena Bonham Carter, Michelle Pfeiffer, dan Chloë Grace Moretz.

Film ini bermula pada tahun 1760, saat Joshua, Naomi Collins dan anak mereka, Barnabas meninggalkan Liverpool dan memulai hidup baru di Cllinwood Manor, Amerika. Ketika pertama kali tiba, Barnabas bertemu dengan Angelique Bouchard (Green), yang langsung tergila-gila padanya. 16 tahun kemudian, Barnabas (Depp) jatuh cinta dengan seorang wanita muda bernama Josette du Pres (Bella Heathcote).

Mengetahui hal ini, Angelique patah hati. Angelique yang ternyata seorang penyihir mengutuk Barnabas dan mengubahnya menjadi vampir, lalu menguburnya hidup-hidup. Dua abad kemudian, Barnabas bangkit dari kubur, kembali ke Collinwood Manor dan menyaksikan bahwa dunia telah jauh berubah.

Rahasia keluarganya masih tersimpan rapat, namun kekayaan yang dulu dimilikinya kini telah hancur lebur. Saat ia berusaha untuk mengulang kejayaan bersama keluarga barunya, cinta lamanya kembali ke Collinwood Manor. 

Nah itu tadi 8 film bertemakan vampir yang wajib kamu tonton. Tertarik untuk menonton semuanya?

Baca Juga: 10 Film Horor Remake yang Gak Kalah Mencekam dari Versi Originalnya

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You