Comscore Tracker

Unik dan Lucu, Ini 7 Crossover Superhero Teraneh yang Pernah Dibuat

Tertarik untuk membacanya?

Dunia komik sedang berada di tengah booming crossover. Dalam beberapa bulan terakhir, Batman telah bertemu Teenage Mutant Ninja Turtles, dan Archie bertemu dengan perintis punk, The Ramones. IDW Publishing bahkan menata ulang  properti yang dilisensikan Hasbro ke dalam semesta bersama yang berkelanjutan.

Untuk setiap crossover logis seperti JLA / Avengers, Aliens vs Predator, atau Batman / Green Hornet, ada selusin crossover aneh yang menentang semua akal sehat. Dari urusan yang digerakkan oleh perusahaan hingga inspirasi yang nyeleneh, crossover ini dapat membuat bacaan yang menarik, slogan yang membosankan, atau keingintahuan yang membingungkan.

Sejak Punisher Meets Archie keluar pada tahun 1994, ada banyak kisah-kisah superhero yang sepertinya tidak pernah terjadi, dan beberapa yang tidak seharusnya terjadi. Dari sekian banyak crossover nyeleneh yang pernah ada, berikut 7 crossover teraneh yang pernah dibuat.

1. The Punisher/Eminem

Unik dan Lucu, Ini 7 Crossover Superhero Teraneh yang Pernah Dibuatdorkly.com

Kolaborasi antara Marvel dan majalah hip-hop XXL ini menceritakan Frank Castle yang harus melawan Marshall Mathers. Jangan salah, penulis Fred Van Lente dan Larroca tahu persis betapa menggelikannya premis ini, tetapi komik itu sendiri gila karena banyak alasan.

Pertama, itu menempatkan sebuah dunia di mana Eminem tidak hanya mampu menjatuhkan Punisher, tetapi juga mengalahkannya hingga pingsan dalam pertarungan yang adil. Kedua, ini melibatkan Punisher yang memiliki sejarah dengan Barracuda, salah satu dari beberapa musuh Punisher yang benar-benar bertahan cukup lama untuk menjadi lawan bebuyutannya.

Tak perlu dikatakan lagi, crossover satu ini mengikuti format klasik Marvel "fight-then-team-up". Sementara Eminem menganggap Punisher keluar untuk membunuhnya, Frank ada di sana untuk menghentikan teman lama Slim Shady, Barracuda, yang disewa untuk membunuhnya karena lirik-lirik lagunya yang ofensif.

2. Star Trek/X-Men

Unik dan Lucu, Ini 7 Crossover Superhero Teraneh yang Pernah Dibuatgeekandsundry.com

Ketika Marvel Comics menerima lisensi untuk membuat komik Star Trek pada 1990-an, mereka langsung dipasangkan dengan waralaba fiksi ilmiah dengan karakter paling populer milik mereka saat itu, X-Men. Dalam komik Star Trek/X-Men, X-Men dikirim ke Star Trek Universe melalui celah dimensi sementara casing Proteus mutan yang memiliki tubuh, menghidupkan kembali mayat Trek Gary Mitchell.

Tim itu secara mengejutkan bekerja dengan awak Enterprise untuk mengalahkan sang penjahat sebelum kembali ke rumah. Cerita ini cukup standar, tetapi buku ini dibangun dengan humor-humor cerdas, seperti saat Beast dan McCoy dari Trek sama-sama menyahut ketika seseorang memanggil "Dr McCoy." Lalu, ada saat dimana Spock mengalahkan Wolverine hanya dengan satu jepitan saraf khas milik vulcan.

X-Men akan bekerja sama dengan kru dari Star Trek: The Next Generation dalam edisi khusus dan, anehnya, novel terlaris bernama Planet X, menampilkan hubungan antara Kapten Picard dan Storm. Ini juga mencakup keanehan tentang kemiripan antara Picard dan Profesor X, sebuah prediksi yang ironis tentang keterlibatan Patrick Stewart dengan kedua franchise tersebut.

3. Superman/Batman/Aliens/Predator

Unik dan Lucu, Ini 7 Crossover Superhero Teraneh yang Pernah Dibuatbestofcomicbooks.com

Beberapa kombinasi Batman dan/atau Superman telah crossover dengan kombinasi Alien atau Predator sebanyak sembilan kali; 10 jika JLA/Predator turut dihitung. Duo superhero terbaik dan monster terbesar alam semesta adalah ikon dalam genre masing-masing. Konsep-konsep tersebut pada umumnya cocok satu sama lain, karena DC Universe sudah memiliki begitu banyak ras alien yang melayang-layang.

Sementara kualitas komik sebenarnya berkisar dari kompeten hingga sangat bagus, terutama di Batman Vs. Predator, yang menjadi suatu kebaruan saat melihat dua ikon ini berbenturan. Namun tetap saja crossover terbaru tahun 2007, Superman and Batman Vs. Aliens and Predator, memiliki pesona dengan naskah yang menyenangkan oleh Mark Schultz dan seni yang indah oleh Ariel Olivetti.

DC Comics dan Dark Horse Comics berada di tengah pencetakan ulang komik ini dan sebagian besar crossover lainnya dalam serangkaian koleksi buku tipis.

Baca Juga: Ini Bedanya 7 Kostum Superhero Marvel Versi Film & Komik, Keren Mana?

4. Batman/Teenage Mutant Ninja Turtles

Unik dan Lucu, Ini 7 Crossover Superhero Teraneh yang Pernah Dibuatnerdist.com

Berbicara tentang crossover Batman, bertemunya sang ksatria kegelapan dengan Teenage Mutant Ninja Turtles pasti tampak seperti sesuatu yang telah terjadi pada tahun 1990. Kenyataannya, entah bagaimana butuh waktu hingga 2016 bagi kedua raksasa budaya populer itu untuk bertabrakan, tetapi ketika mereka akhirnya bertemu, itulah yang benar-benar para fans inginkan.

James Tynion IV dan Freddie E. Williams II menceritakan kisah yang cukup mudah dalam crossover ini. Pada saat itu, Turtles telah bertualang di beberapa petualangan lompat-dimensi yang membuat mereka bertemu Ghostbusters, dan cerita ini mengikuti secara logis dari hal itu. Shredder, frustrasi dengan kekalahan dalam dimensinya sendiri, melompat melalui portal ke Kota Gotham dan bekerja sama dengan Ra's al-Ghul, menyatukan Foot Clan dan League of Assasin dalam upaya untuk mengambil alih dunia.

5. The Outsiders and John Walsh

Unik dan Lucu, Ini 7 Crossover Superhero Teraneh yang Pernah Dibuatdailysuperheroes.com

Seperti yang telah kita lihat dari pertemuan Punisher dengan Slim Shady, persilangan antara pahlawan super fiksi dan orang-orang di kehidupan nyata selalu sangat aneh. Namun, ada sejarah panjang soal hal ini, seperti saat Captain America meninju Adolf Hitler dan Superman berada di pihak yang kalah dalam perkelahian dengan Muhammad Ali dan Antonino Rocca. Dan kemudian di tahun 2003 The Outsiders, sebuah tim DC-stringers kedua yang dipimpin oleh Nightwing, bertemu dengan pembawa acara Most Wanted America, John Walsh.

Secara ideologis, ini adalah kebalikan dari Punisher / Eminem yang sangat pro-pembunuhan. Ketika mereka dihadapkan dengan perdagangan anak-anak untuk dijadikan budak seks, The Outsiders, tim pahlawan super yang mengenal Batman, beralih ke pembawa acara televisi untuk membantu menemukan markas para penjahat tersebut.

6. DC/KFC

Unik dan Lucu, Ini 7 Crossover Superhero Teraneh yang Pernah Dibuatcomicsbeat.com

Mungkin DC/KFC adalah salah satu crossover favorit para pecinta komik dalam satu dekade terakhir. Crossover ini adalah serangkaian komik promosi yang diproduksi oleh DC dan Kentucky Fried Chicken tentang Kolonel Sanders yang memerangi kejahatan dan juga membuat ayam goreng.

Ditulis oleh Tony Bedard dengan karya seni oleh Tom Derenick, mereka dirilis setiap tahun selama tiga tahun berturut-turut di San Diego Comic-Con, dan karena mereka adalah komik promo, kamu dapat membacanya secara online dan gratis! Cerita ini dimulai saat Kolonel Sanders bertemu Flash dan Green Lantern. Pada satu momen, ia mengalahkan Larfleeze, Lentera Oranye yang sepenuhnya dikendalikan oleh keserakahan, dengan meyakinkannya untuk membuka waralaba KFC sendiri di luar angkasa sehingga ia bisa makan ayam sebanyak yang ia inginkan.

7. Superman/Bugs Bunny

Unik dan Lucu, Ini 7 Crossover Superhero Teraneh yang Pernah Dibuatcellcode.us

Memasangkan Superman dan Bugs Bunny bersama-sama bisa menjadi komik yang membosankan dalam sinergi korporat Warner Brothers yang tidak akan masuk diakal. Namun, Mark Evanier, Joe Staton, Mike DeCarlo, dan Tom Palmer berhasil merubah Superman & Bugs Bunny menjadi aksi kejar-kejaran yang menyenangkan dengan menampilkan cast penuh dari DC Universe dan Looney Tunes.

Crossover ini memiliki 2000 miniseri, salah satunya menceritakan Mr. Mxyzptlk dan Yoyo the Dodo (dua karakter iseng yang terkenal di alam semesta masing-masing), memadukan dua dunia mereka bersama-sama, yang mengarah ke serangkaian interaksi karakter yang aneh namun menawan.

Staton, DeCarlo dan Palmer berhasil menjaga gaya kartun dari Looney Tunes tetap utuh, bahkan ketika karakter-karakter itu ada dalam versi DC Universe yang diilustrasikan secara tradisional. Penggunaan Mr. Mxyzptlk, salah satu villain Superman yang paling mirip kartun, melakukan banyak hal untuk membuat cerita terasa relatif dapat dipercaya.

Aburditas fundamental komik ini banyak menimbulkan humor, disorot oleh pertanyaan konstan karakter DC tentang kewarasan mereka sendiri. Crossover ini memang baru dirilis secara digital oleh DC, namun berhasil menggabungkan sisi yang lebih ringan dari kedua alam semesta untuk crossover yang menyenangkan dan aneh.

Nah itu tadi 7 crossover teraneh yang pernah dibuat. Apa crossover favoritmu?

Baca Juga: Ini Bedanya 7 Kostum Superhero DC Menurut Versi Film & Komik

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You