Comscore Tracker

Apakah Wonder Woman Bisa Mengalahkan Superman? Berikut 5 Penjelasannya

God Killer melawan Man of Steel

Diana Prince a.k.a Wonder Woman adalah salah satu karakter tertua dan terkuat dalam DC Comics. Penampilannya di beberapa film DC Extended Universe dalam beberapa tahun teraakhir juga semakin menguatkan popularitasnya di antara para penggemarnya.

Dan adalah hal yang wajar di antara semua penggemar komik untuk memperdebatkan kemampuan karakter A melawan B, tidak terkecuali Wonder Woman, karena kekuatannya telah menjadi topik pembicaraan yang panas selama bertahun-tahun. Lalu muncullah sebuah pertanyaan, seberapa kuatkah dia jika dibandingkan dengan Superman?

Siapakah yang akan menjadi pemenang dalam pertempuran antara Wonder Woman dan Superman? Bisakah dia menyamai atau bahkan melampaui sang Man of Steel? Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas 5 faktanya di bawah ini.

1. Dia punya segudang equipment untuk mengalahkan Superman

Apakah Wonder Woman Bisa Mengalahkan Superman? Berikut 5 Penjelasannyaroosterteeth.com

Sudah menjadi rahasia umum jika Superman adalah alien yang berasal dari planet Krypton dan diberkati dengan kekuatan yang luar biasa. Berbeda dengan Kal-EL yang notabene adalah alien, Diana sendiri berasal dari Themyscira dan dibentuk dari karunia dewa-dewi Yunani. Singkatnya, Diana adalah putri dari Zeus.

Bagi seorang "God Among Us" seperti Clark Kent, ia mungkin menganggap Diana sebagai "setengah dewa" dalam hal kekuatan. Namun berdasarkan berbagai referensi komik, banyak yang menganggap kalau kekuatan mereka setara.

Ingat juga, bahwa kemampuan Superman ditentukan oleh lokasinya — galaksi Bima Sakti, dengan matahari kuningnya yang memberinya kekuatan. Dan, tentu saja, Superman hanya akan menjadi makhluk biasa jika ia kembali ke planet asalnya, Krypton.

Karena itu, kita harus mempertimbangkan kalau paparan kryptonite adalah salah satu pembatas kekuatannya. Sedangkan bagi Diana, gelang ikoniknya juga menjadi pembatas kekuatannya, dan ketika dilepas, kekuatan sebenarnya akan keluar.

Selain gelang "kemenangannya," jangan lupakan juga jika Diana memiliki perlengkapan tempur yang lengkap, mulai dari laso kebenaran, tiara kerajaannya, pedang "pembunuh dewa," dan tameng Themyscira.

2. Memiliki kemampuan bela diri yang mumpuni

Apakah Wonder Woman Bisa Mengalahkan Superman? Berikut 5 Penjelasannyacomicvine.gamespot.com

Selain memiliki perlengkapan tempur, Diana juga dilatih secara khusus oleh pasukan Themyscira untuk melindungi tanah airnya. Hal ini berbanding terbalik dengan Clark yang secara resmi tidak pernah dilatih oleh pasukan militer Krypton.

Tentu saja hal itu menjadi sebuah perbedaan yang besar. Secara teknis, kemampuan yang didapat dari pengalaman bertempur dapat menjadi penentu kemenangan atau kekalahan, tidak peduli seberapa kuat individu tersebut.

Setiap orang memiliki kelemahan, bahkan Superman. Dan saat memasuki sebuah pertempuran, Superman pasti membutuhkan rencana dan kemampuan beradaptasi agar bisa menyamakan kedudukan dengan lawannya. Diana juga sama, tetapi ia lebih cepat dari Superman dalam hal adaptasi di dalam pertempuran.

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga dari Wonder Woman yang Harus Diketahui Perempuan

3. Pertarungan antara Wonder Woman dan Superman di dalam komik

Apakah Wonder Woman Bisa Mengalahkan Superman? Berikut 5 Penjelasannyacomicnewbies.com

Pertarungan satu lawan satu dalam komik mungkin menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar. Biasanya superhero akan menghadapi supervillain, tetapi tidak menutup kemungkinan jika mereka harus melwan sesama temannya sendiri.

Dalam kasus ini, salah satunya adalah pertempuran antara Diana dan Clark. Seringkali, Diana berhasil menahannya, atau menggunakan laso kebenarannya untuk mengakhiri konfrontasi (biasanya karena pikiran Clark telah dikendalikan oleh musuh). Namun Diana juga sering mengalahkannya, walau hanya beberapa kali.

4. Mengalahkan Superman dalam komik Injustice

Apakah Wonder Woman Bisa Mengalahkan Superman? Berikut 5 Penjelasannyastackexchange.com

Selama Injustice: Year Four, saat Superman menjadi diktator Bumi, Diana dan Clark berhadapan sebagai lawan dalam kontes untuk menjadi juara dewa-dewi Yunani.

Terlepas dari kenyataan bahwa Superman dari semesta-alternatif ini penuh dengan kebencian, nyatanya dia ragu-ragu untuk melawan Diana dengan kekuatan penuh karena dia masih peduli padanya.

Wonder Woman pun mengeksploitasi hal ini untuk keuntungannya, mematahkan lengan Superman dan mencungkil matanya. Ia akhirnya memenangkan pertarungan dan mendapatkan bantuan dari para dewa lama.

Bruce Wayne bahkan memberi tahu Clark bahwa jika pertempuran itu tidak dihentikan, Diana akan mencabik-cabiknya karena dia adalah seorang prajurit yang terlatih.

5. Hasil akhir dari kekuatan Wonder Woman dan Superman

Apakah Wonder Woman Bisa Mengalahkan Superman? Berikut 5 Penjelasannyausafdrumcorps.us

Aturan utama di dalam komik adalah tidak ada aturan, karena realitas di dalamnya dimaksudkan untuk menjadi elastis untuk memungkinkan lebih banyak kemungkinan dalam cerita kanon maupun alternatif.

Apakah Superman, di Bumi dan dalam kendali penuh dirinya, lebih kuat dari Diana pada hari biasa? Ya, benar, walau Diana telah berhasil menang dalam beberapa cerita komiknya.

Namun ketika ditempatkan dalam skenario ini, mereka pasti akan segan untuk saling membunuh karena mereka adalah teman. Singkatnya, kapasitas empati yang mereka miliki yang akan menentukan pemenangnya.

Mengadu superhero satu sama lain tidak selalu dimaksudkan untuk menentukan siapa yang lebih baik atau lebih kuat, tetapi lebih dimaksudkan untuk menjadi bingkai tragedi dan dinamika karakter mereka. Suka atau tidak suka, perdebatan tentang siapa yang paling kuat di antara mereka tidak akan pernah mencapai titik akhir. 

Inti dari penjelasan di atas adalah, Wonder Woman bisa mengalahkan Superman, begitu juga dengan Superman yang bisa mengalahkan Wonder Woman. Jadi, jangan terlalu memikirkan siapa yang paling kuat di antara mereka lagi ya!

Baca Juga: 5 Penjelasan Jika Thor Melawan Superman, Siapa yang Menang?

Shandy Pradana Photo Community Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You