Comscore Tracker

Perdana Raih "Perfect All Kill", Ini 11 Fakta Lagu Fake Love BTS

Daebakk!!!

Fake Love, lagu BTS yang dirilis pada tanggal 18 Mei 2018 silam merupakan single utama dari album Love Yourself : Tear.

Terhitung 5 tahun sejak debut, inilah lagu pertama BTS yang mendapatkan predikat Perfect All Kill dalam waktu 4 hari semenjak tanggal perilisannya.

Perfect All Kill sendiri merupakan suatu pencapaian yang di dapat oleh penyanyi yang lagunya bukan hanya merajai chart utama musik real-time dan harian terbesar di Korea Selatan, yaitu MelOn, Mnet, Genie, Bugs, Naver dan Soribada. Tetapi, lagu itu juga menempati urutan pertama pada chart real-time,daily chart dan juga weekly chart di iChart Instiz.

Namun tahukah kamu fakta-fakta di balik lagu Fake Love milik BTS yang berhasil meraih PAK ini?

1. Diciptakan oleh salah satu member BTS

Lagu Fake Love sendiri diciptakan oleh salah satu member BTS yakni RM. Dibantu juga oleh Bang Shin Hyuk dan juga Pdogg.

Selain sebagai CEO dari BigHit, Bang Shin Hyuk atau yang lebih akrab disapa Bang PDnim ini juga ternyata seorang produser sekaligus komposer dari lagu-lagu BTS lho.

Tak jauh berbeda dengan Bang PDnim, Pdogg juga merupakan salah satu orang yang berperan langsung dalam pembuatan dan memproduseri lagu-lagu BTS dari semenjak debut hingga sekarang, Membantu para member BTS menulis lagu, membuat beat dan nada sehingga menjadi sebuah lagu.

2. Music videonya dibuat tanpa efek grafis!

https://www.youtube.com/embed/xcRxreeNE-0

Ternyata pembuatan MV lagu Fake Love ini dibuat tanpa efek lho!

Mulai dari adegan jatuhnya lantai yang dilakukan oleh Jungkook, terjangan air yang dilakukan oleh Jimin hingga kobaran api yang dipandangi Suga merupakan api yang benar-benar terjadi, bukan karena efek komputer.

3. Versi asli fake love

https://www.youtube.com/embed/92zq_LBA580

Pada siaran VLive yang dilakukan oleh RM 28 Mei 2018, ia mengatakan bahwa Fake Love versi sekarang (yang dirilis) dan Fake Love versi asli berbeda.

Versi final dari Fake Love didominasi oleh suara gitar dan terdengar seperti lagu yang berbeda ,sejujurnya terdengar lebih menyedihkan dan dalam

Saat RM menunjukkan lagu Fake Love versi asli untuk pertama kalinya pada Bang Pdnim, ia hampir tidak melakukan revisi apapun pada lagunya begitu juga saat Suga mendengarkan beatnya, ia langsung menyukainya.

Lalu RM menjelaskan jika mereka biasa mengubah lagunya untuk disesuaikan dengan vokal member yang bertugas menyanyikannya.

Dalam video tersebut juga RM mengaku merombak melodinya hingga 20 kali.

Membuat melodi dalam part 'Love you so bad' dan bagian rapnya.

4. Koreografinya gabungan dari lagu-lagu BTS sebelumnya

https://www.youtube.com/embed/7C2z4GqqS5E

Jika diperhatikan dengan baik-baik, koreografi dari lagu fake love ini merupakan gabungan koreografi dance dari lagu-lagu BTS sebelumnya.

Seperti gerakan koreografi dance dari lagu Blood Sweet and Tears, Save Me, DNA dan Spring Day.

5. Debut di panggung Billboard Music Awards

https://www.youtube.com/embed/60Ks0ybPuac

Dalam Comeback album Love Yourself : Tear kali ini, BTS berkesempatan menampilkan Fake Love di depan publik untuk pertama kalinya di panggung Billboard Music Awards pada tanggal 20 Mei 2018 dan disaksikan secara langsung oleh para artis ternama dunia seperti John Legend, Taylor Swift hingga Janet Jackson.

Bertepatan dengan comback stage di BBMA, pada kesempatan itu juga BTS mendapatkan penghargaan Top Social Artist untuk yang kedua kalinya di Billboard Music Awards.

Baca Juga: Mimpi Jadi Nyata, Intip 6 Keseruan Kolaborasi BTS Bareng Charlie Puth!

6. Menduduki chart internasional

Kekuatan BTS di industri musik Internasional memang sudah tidak diragukan lagi.

Selain mamasuki semua chart musik digital dan acara musik televisi Korea.

Setelah perilisanya lagu Fake Love juga memasuki semua chart global top 200 dari Spotify, Shazam dan perusahaan streaming musik terbesar lainya di dunia.

Menduduki chart iTunes no 1 di 65 negara dan yang paling membanggakan adalah menduduki peringkat ke-10 di tangga lagu Billboard Hot 100!

8. Ada teori lanjutan dari music video sebelumnya

Perdana Raih Perfect All Kill, Ini 11 Fakta Lagu Fake Love BTSaminoapps.com

Bukan BTS namanya jika tidak ada teori. Salah satu yang selalu di nanti-nantikan oleh para fans dari setiap Comeback BTS adalah alur ceritanya.

BTS selalu menghadirkan MV yang membuat para fans penasaran akan kelanjutan alur dari setiap music video yang dirilis.

Dalam wawancara RM di Amerika pada saat promosi album Love Yourself : Tear, RM mengatakan:

Jadi, jika tidak menonton sejak awal ,akan susah mengerti alur cerita ini

Pada Music Video kali ini terdapat clue yang sangat jelas untuk comeback selanjutnya yakni kata 'Save Me' , kata 'Save Me' sendiri sebelumnya pernah ada pada saat Comeback Love Yourself DNA.

https://www.youtube.com/embed/pap6QDzBqjs

9. Makna "Fake Love"

https://www.youtube.com/embed/IfKlWCUdu60

Pada siaran VLive yang dilakukan oleh BTS pada tanggal 18 Mei 2018, Jimin menjelaskan makna dari Fake Love

"Secara sederhana, jika Blood Sweet and Tears adalah kesedihan yang mendalam, maka Fake Love merupakan putaran yang lebih memilukan untuk perasaan itu".

Lalu RM menambahkan:

"Fake Love merupakan kelanjutan dari kesedihan itu, tapi ada sedikit perbedaan."

Kemudian pada saat wawancara dengan salah satu media Amerika RM menjelaskan bahwa Fake Love memiliki pesan jika dalam suatu hubungan percintaan kamu tidak menjadi diri sendiri, maka itu Fake Love.

https://www.youtube.com/embed/3qcsIpaw44M

9. Music video paling banyak ditonton dalam sehari

Begitu perilisannya, MV dari lagi fake love ini mendapat 1,2 juta like hanya dalam waktu 39 menit, mengalahkan MV sebelumnya yaitu 'Singularity' dalam waktu 1 jam 29 menit.

Dan mendapatkan rekor sebagai penyanyi yang mendapatkan viewers terbanyak yakni 35,9 juta views dalam waktu 24 jam. Sampai-sampai membuat MVnya mengalami freeze!

10. Mendapatkan sertifikat Recording Industry Association of America

Perdana Raih Perfect All Kill, Ini 11 Fakta Lagu Fake Love BTSmedium.com

Sertifikat RIAA adalah sertifikat emas yang dikeluarkan oleh Recording Industry Association of America.

Fake Love merupakan lagu BTS ketiga yang mendapatkan sertifikat RIAA dan menjadi artis KPop pertama yang telah mendapatkan 3 sertifikat emas dari RIAA.

Sertifikat emas RIAA ini diberikan kepada penyanyi yang telah menjual digital singlenya sebanyak 500.000 unit. Setiap unduhan digital permanen dihitung sebagai 1 Unit, sementara 150 streaming audio dan video on-demand dihitung sebagai 1 Unit.

11. Ada versi jepang dan versi rocking vibe mixnya juga lho

Perdana Raih Perfect All Kill, Ini 11 Fakta Lagu Fake Love BTSbillboard.com

Selain merilis lagu Fake Love dalam bahasa Korea, BTS juga merilis lagu Fake Love dalam bahasa Jepang dan Fake Love versi Rocking Vibe Mix dalam bahasa Korea.

Fake Love versi Jepang ini dirilis oleh BTS pada tanggal 7 November 2018, dirilis sebelum memulai tour dunianya di Jepang pada tanggal 13 November 2018.

Sama seperti sebelumnya, segera setelah dirilis lagu Fake Love bahasa Jepang ini juga berhasil menduduki chart iTunes di lebih dari 30 negara.

Dalam penggarapan musiknya, lagu Fake Love ini masih diproduseri oleh orang yang sama seperti Fake Love versi bahasa Korea, perbedaannya hanya ada pada penulis liriknya saja. Penulisan liriknya yang berbahasa Jepang, Bighit bekerjasama sama dengan KM-Markit.

Wah, lagu ini tampaknya akan jadi salah satu lagu paling legendaris tahun 2018. Kira-kira tahun depan BTS akan menorehkan prestasi dan kejutan apa lagi ya?

Baca Juga: Penuh Makna, 7 Pelajaran Hidup Ini Bisa Kamu Dapatkan dari Lagu BTS

Sherly Sherly Photo Verified Writer Sherly Sherly

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya