Comscore Tracker

5 Anime yang Dibuat Berdasarkan Mitos dan Legenda di Jepang

Wah, kebangetan kalau belum nonton!

Jika anime biasanya memiliki genre fantasi dan fiksi, kadang ada juga anime yang diangkat dari kisah nyata seseorang atau kejadian yang pernah ada. Tak jarang, anime-anime yang pernah kita lihat sebenarnya adalah pengembangan karakter dan peristiwa yang pernah ada di sebuah tempat, misalnya Jepang.

Ada banyak anime di Jepang yang terinspirasi dari legenda dan mitos yang berkembang di Jepang. Apa saja?

1. Musashi: The Dream of the Last Samurai

https://www.youtube.com/embed/nx_q45SCjW4

Di Jepang, Miyamoto Musashi ibaratnya seperti King Arthur di Inggris. Musashi adalah pendekar, penulis, seniman, dan sastrawan legendaris di abad ke-17. Di anime ini (yang ditulis oleh sutradara Ghost In The Shell, Mamoru Oshii) kita akan dibawa ke salah satu bagian penting dalam hidup Musashi, yaitu kematiannya pada 1645.

Tak hanya anime semata, film ini juga mengandung unsur sejarah, dokumenter pascamodernisme, dan semua seluk-beluk Musashi yang ternyata pernah diajak berduel musuhnya pada musim dingin dan ia sengaja datang terlambat sehingga musuhnya mati beku kedinginan.

2. The Tale of the Princess Kaguya

https://www.youtube.com/embed/tM6hcHp0_kU

Studio Ghibli benar-benar menembus batas melalui legenda kuno Jepang Putri Kaguya. Sepasang suami istri yang sudah tua menemukan bayi kecil di dalam batang bambu.

Bayi ini dibesarkan penuh cinta dan menjadi perempuan dewasa yang anggun dan mengagumkan. Namun, ia harus menelan kenyataan bahwa ia sebenarnya bukan manusia pada umumnya.

Baca Juga: 8 Anime tentang Cinta Terlarang, Bagaikan Romeo dan Juliet!

3. Vatican Miracle Examiner

https://www.youtube.com/embed/DY3MEZ6pW10

Sebuah spin on yang menghibur dari The Da Vinci Code, Vatican Miracle Examiner berpusat pada cerita tentang masyarakat rahasia yang berbasis di negara-negara Romawi dan menginvestigasi cerita rakyat mereka yang fenomenal.

4. Pom Poko

https://www.youtube.com/embed/_7cowIHjCD4

Tanuki atau anjing Jepang adalah makhluk dengan sejarah yang cukup kental di negara matahari terbit itu. Menurut legenda, tanuki adalah makhluk mistis yang mampu berubah wujud dan bahkan bernyanyi.

Hingga kini, tanuki masih bisa ditemui di Jepang dalam bentuk patung-patung di rumah atau tempat bisnis, bahkan tanuki muncul di game Super Mario.

Di film ini, tanuki diceritakan mendapat ancaman dari pengembangan kota, sehingga mereka harus bekerja sama untuk menyelamatkan rumah mereka. Kalau lihat film ini, jadi teringat film Fantastic Mr. Fox, namun dengan sentuhan Jepang yang kental.

5. Yamishibai

https://www.youtube.com/embed/f9guK3CIGlk

Siapa pun yang suka antologi horor pasti akan suka dengan film ini. Yamishibai adalah kumpulan cerita hantu yang diambil dari mitos dan legenda urban asli Jepang. Film ini dikemas dengan metode tradisional kamishibai dari penyampaian ala Jepang. Wayang-wayang akan digunakan untuk memainkan perannya.

Bahkan, intro film ini pun agak ngeri. Semua tipikal hantu Jepang, mulai dari rambut hitam panjang hingga objek terkutuk bisa ditemukan di sini. Film ini rilis pertama kali di Jepang pada 2013 dan langsung mendapat penonton begitu banyak.

Kalau kamu pikir anime isinya hanya cerita-cerita fantasi yang gak masuk akal, coba nonton kelima film di atas, ya. Siapa tahu kamu jadi makin suka dengan legenda dan mitos yang ada di Jepang. Selamat menonton!

Baca Juga: 5 Anime Detektif Paling Seru yang Dijamin Bikin Kamu Mikir Keras!

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya