Comscore Tracker

5 Mantra di Harry Potter yang Sebaiknya Dijadikan Ilegal

Akankah kamu menggunakannya dengan tujuan jahat?

Ada banyak mantra sihir di dunia Harry Potter dan bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Tak jarang, beberapa mantra tertentu justru digunakan untuk tujuan jahat dan melukai orang lain. Meskipun jelas-jelas merugikan, nyatanya penggunaan mantra ini tetap diperbolehkan di dunia sihir. Apa saja, ya?

1. Sectumsempra

https://www.youtube.com/embed/rH-7IPqJPXk

Ada catatan yang menyebutkan mantra ini di buku milik Half-Blood Prince dan ditujukan "untuk musuh" sehingga sudah jelas alasannya kenapa mantra ini sebaiknya dijadikan ilegal saja.

Sectumsempra akan menyebabkan pendarahan pada lawan yang terkena, seperti mendapat luka tebasan pedang. Ketika Harry menggunakan mantra ini melawan Malfoy, ia sendiri tak tahu apa yang harus dilakukan sampai Snape datang dan menyelamatkan Malfoy.

2. Legilimens

https://www.youtube.com/embed/4qte_sEg0oc

Mantra ini membuat setiap penyihir yang menggunakannya mampu memiliki akses ke pikiran dan memori orang lain. Penyihir berbakat seperti Queenie Goldstein bisa dengan instan membaca pikiran orang seperti buku.

Sedangkan untuk penyihir seperti Voldemort mantra ini bisa membuatnya memiliki kemampuan untuk membuat Harry Potter bermimpi tentang Sirius di Kementerian Misteri. Mantra ini bisa memengaruhi perasaan targetnya dan membuat semuanya sesuai seperti kehendak penggunanya.

Di kasus Harry, penggunaan mantra Legilimens harus membuatnya kehilangan Sirius Black. Dan mantra ini bisa dibentengi dengan Occlumency, alias membuat pengguna Legilimens tak mampu memasuki pikiranmu.

https://www.youtube.com/embed/BWET244zbu0

Baca Juga: 5 Benda Sihir di Film Harry Potter yang Seharusnya Ilegal, Tapi Tidak

3. Cruciatus

https://www.youtube.com/embed/KFZYAKIV-KM

Mantra ini termasuk dalam salah satu dari tiga "Unforgivable Curse". Cruciatus akan menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan. Mantra ini dulu digunakan Bellatrix Lestrange untuk menyiksa ayah dan ibu Neville Longbottom yang bahkan membuat mereka berdua gila. Moody bahkan berpikir lebih baik melihat mereka berdua meninggal daripada tersiksa seperti itu.

Harry pernah mencoba mantra ini pada Bellatrix sesaat setelah ia membunuh Sirius. 

4. Obliviate

https://www.youtube.com/embed/-H0JParMivs

Dikenal sebagai Memory Charm, Obliviate mungkin tak akan mencelakaimu secara fisik, namun secara mental iya. Di buku The Chamber of Secrets, Professor Lockhart mengungkap bahwa ia mencuri banyak pencapaian penyihir berbakat dengan menghapus ingatan mereka menggunakan mantra Obliviate; untungnya, mantra ini kemudian berbalik padanya saat ia berusaha mencelakai Harry.

Kalau kamu ingat, Hermione juga menggunakan mantra ini untuk membuat orangtuanya lupa akan keberadaannya saat Deathly Hallows.

5. Imperius

https://www.youtube.com/embed/YszFj7u3C50

Imperius adalah salah satu dari tiga Unforgivable Curses, yang membuat penggunanya memiliki kendali penuh atas targetnya. Sang target mungkin tak menyadari apa yang mereka lakukan di bawah kendali mantra Imperius. Namun, bayangkan saja betapa traumatisnya ketika menyadari tindakan apa saja yang kamu lakukan tanpa seizin dirimu sendiri.

Mulai dari penculikan Moody dan menyembunyikannya sehingga Pelahap Maut bisa menyamar jadi dirinya, hingga penyihir tak bersalah seperti Stan Shunpike dipaksa untuk bergabung ke pasukan Voldemort.

Jika kamu punya kesempatan untuk menggunakan mantra-mantra ini, apakah kamu dengan sengaja akan menggunakannya untuk berbuat jahat pada orang yang tak kamu suka?

Baca Juga: 5 Karakter di Harry Potter yang Lebih Oke di Versi Film Daripada Buku

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You