Comscore Tracker

Nostalgia, Ini 5 Film Luar Angkasa Terbaik di Tahun 90-an

Tonton ulang yuk!

Jika berbicara mengenai film, genre film apa yang biasanya sering kamu tonton? Komedi, horor, romantis, action atau thriller? Pernah gak kamu menonton genre film fiksi ilmiah tentang luar angkasa? Untuk menambah pengalamanmu dalam menonton film, genre yang satu ini sangat direkomendasikan untuk ditonton apalagi bagi kamu yang menyukai film-film yang menyajikan hal-hal dan kehidupan lain di luar planet bumi. 

Berikut ini terdapat rekomendasi film bertema luar angkasa terbaik yang pernah ditayangkan pada tahun 90-an. Meskipun film-film tersebut dibuat pada tahun 90-an, tetapi penyajian sinematografinya bisa dikatakan cukup keren yang bisa membuat penonton memiliki gambaran mengenai kehidupan dan sisi lain dari luar angkasa. 

1. Apollo 13

https://www.youtube.com/embed/KtEIMC58sZo

Film bertema luar angkasa pertama yaitu Apollo 13 arahan sutradara Ron Howard yang ditayangkan pada tahun 1995. Pembuatan film Apollo 13 diadaptasi dari buku Lost Moon: The Perilous Voyage of Apollo 13 karya Jim Lovell dan Jeffrey Kluger. Menariknya, kedua orang ini pernah menjadi kru dari Apollo 13, lho.

Film ini menceritakan tentang misi Apollo 13 ke bulan. Mulanya ketiga astronot yang ditugaskan dalam misi ini yakin segala sesuatunya sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Tetapi pada saat mulai meninggalkan orbit bumi, ketiga astronot tersebut menemui masalah berupa tangki oksigen yang meledak yang menyebabkan mereka harus membatalkan pendaratan di bulan. 

Jika ingin mengetahui bagaimana kelanjutan nasib dari 3 astronot tersebut beserta Apollo 13, yuk mulai menonton filmya.

2. Contact

https://www.youtube.com/embed/d9C2cF3KvP8

Film tentang luar angkasa yang pernah masuk box office berjudul Contact ini diangkat dari novel karangan Carl Sagan. Film Contact mampu menyita perhatian dari banyak pecinta film di dunia.

Film Contact menceritakan tentang seorang wanita bernama Ellie Arroway yang sangat mencintai dunia astronomi dan seorang pria bernama Palmer Joss yang merupakan penulis terkenal dan sangat ahli di bidang teologi. Keduanya sedang disibukkan dengan program satelit bernama SETI yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kehidupan di luar angkasa.

Karena tidak juga membuahkan hasil dan proyek tersebut dinilai hanya membuang-buang waktu dan uang saja, terpaksa proyek yang didanai oleh David Drumlin ini harus dihentikan.

Namun, keyakinan Ellie yang sangat kuat mengenai keberadaan dunia asing di luar bumi membuatnya tidak ingin menyerah begitu saja. Hingga akhirnya kesabaran Ellie berbuah manis. Komputernya berhasil menangkap sinyal pertanda adanya kehidupan asing dari bintang Vega yang memiliki jarak sejauh 26 tahun cahaya dari bumi. Setelah sinyal tersebut berhasil dikonversikan dalam bentuk rancangan pesawat, perbedaan pendapat dan konflik antara Ellie dan Palmer pun mulai terjadi. 

Apabila kamu juga penasaran dengan kebenaran tentang ada tidaknya kehidupan lain di luar bumi, film Contact sangat direkomendasikan untuk ditonton. 

3. Event Horizon

https://www.youtube.com/embed/ZmSLkiYwAbw

Film ini menceritakan tentang pesawat luar angkasa berukuran raksasa bernama Event Horizon yang hilang setelah mengorbit Neptunus. Pencarian yang sudah dilakukan selama kurang lebih tujuh tahun tersebut tidak juga membuahkan hasil. Hingga akhirnya tim pencari mengajak pembuat pesawat Event Horizon untuk membantu mereka menemukan keberadaan pesawat tersebut. 

Berkat kegigihan dan kerja keras mereka pesawat Event Horizon berhasil ditemukan. Namun, keanehan mulai terjadi lantaran di dalam pesawat tersebut tidak ditemukan adanya kehidupan sama sekali. Ketika tim mulai melakukan investigasi ke dalam pesawat, mereka merasakan situasi mencekam yang menimbulkan rasa takut luar biasa. Hebatnya lagi situasi tersebut juga bisa dirasakan oleh para penontonnya, lho.

Baca Juga: Diangkat dari Wattpad, Ini 5 Fakta Film Senior yang Harus Kamu Tahu

4. Deep Impact

https://www.youtube.com/embed/XfcoWexWCzc

Film bertema luar angkasa selanjutnya yang wajib kamu tonton adalah Deep Impact. Film ini menceritakan tentang perjalanan tim astronot yang dikirim oleh NASA untuk melakukan misi penghancuran komet yang sedang bergerak menuju bumi. Alasan komet tersebut harus dihancurkan adalah untuk melindungi orang-orang dari kepunahan. 

Situasi semakin menegangkan lantaran saat menjalankan misi para astronot menemui berbagai rintangan yang membuat para penduduk bumi merasa cemas. Di dalam kondisi yang genting, Presiden Beck memerintahkan untuk segera membuat gua yang dapat menampung sekitar seratus juta manusia dari kepunahan sebagai dampak luar biasa yang terjadi jika komet berhasil menuju bumi. 

5. Armageddon

https://www.youtube.com/embed/5jcrq58gR-Y

Armageddon adalah film tentang luar angkasa yang juga menggabungkan genre action dan adventure di dalamnya. Film Armageddon menceritakan tentang kondisi planet bumi yang riwayatnya hampir tamat setelah diketahui ada asteroid raksasa yang bergerak menuju bumi. Melihat situasi yang tidak baik tersebut akhirnya NASA memerintahkan Harry S. Stamper beserta 13 orang lainnya untuk menanam nuklir sehingga ketika menuju bumi asteroid tersebut akan mengalami perubahan arah.

Harry dan kawan-kawan hanya memiliki waktu tidak lebih dari 12 hari. Jika kamu penasaran apakah mereka bisa menyelesaikan misi tersebut dan melindungi bumi dari kehancuran yang besar atau tidak, kamu bisa menonton film Armageddon yang sangat menarik ini. 

Nah, itulah lima film tentang luar angkasa yang pernah ditayangkan pada tahun 90-an. Bagaimana, guys? Apakah setelah menonton film-film tersebut kamu jadi ingin menonton film dengan tema serupa yang lebih banyak lagi?

Baca Juga: 5 Film Animasi Ini Mengajarkan Anak untuk Bijak Mengambil Keputusan

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya