Comscore Tracker

8 Lagu Epik High dengan Lirik Menyentuh yang Penuh Makna Hidup 

Liriknya sedih namun bisa jadi perenungan buat hidupmu

Epik High merupakan salah satu grup senior Korea Selatan yang beranggotakan 3 orang yaitu Tablo, DJ Tukudz, Mithra Jin. Mereka memulai debut sejak 23 Oktober 2003 dan kini telah berkarier selama lebih dari 15 tahun di industri musik Korea.

Bukan karena apa, Epik High bisa disebut sebagai legend of music  karena karyanya selalu ditunggu. Terutama, lagu-lagunya yang selalu sarat akan makna tentang kehidupan dengan lirik puitisnya.

Banyak dari lagunya yang ditulis sendiri oleh Tablo sang rapper Epik High ini pun hits dan menyentuh banyak pendengar. Berikut merupakan 8 lagu Epik High terbaik yang cocok kalian dengarkan saat sedang galau!

1. Lost One - Epik High feat Nell

https://www.youtube.com/embed/LvofNApz01I

Even if the whole world welcomes you
That same world will abandon you, so you gotta let go
Before it’s too late
Because the world takes as much as they give

'Lost One' merupakan salah satu lagu dalam album 'We've Done Something Wonderful' dengan kolaborasi bersama Kim Jong Wan dari band Nell. Lagu ini merupakan ciptaan Tablo sendiri di mana ia bercerita tentang seseorang yang kehilangan arah dalam hidupnya.

Ia mencoba mengingatkan tentang arti hidup di mana hal yang bersifat duniawi seperti status, ketenaran dan uang pada akhirnya bukanlah hal yang berarti karena kita bisa kehilangan segalanya kapan pun.

2. New Beautiful - Epik High

https://www.youtube.com/embed/bUHhFrBEKes

You’re not ugly
The world’s standards are too high
You are beautiful
You don’t know me, you can’t see me
It doesn’t matter, I like myself

New Beautiful merupakan salah satu list dalam album Epik High '99' di mana dalam liriknya tersirat pesan untuk mencintai diri sendiri tak peduli apa. Lagu ini pun bermakna bahwa semua orang bisa menjadi 'cantik' dengan caranya sendiri.

Bahkan, di saat kita tak sehebat orang lain, tak apa karena bukan berarti kita yang payah, hanya saja ekspektasi kehidupanlah yang terlalu tinggi. Jika kita terus terpaku pada ekspektasi yang berlebihan, lalu kapan kita bisa belajar mencintai diri sendiri?

Baca Juga: 5 Lagu EXO yang Memiliki Lirik dengan Makna Mendalam 

3. Rich - Epik High feat Taeyang BIGBANG

https://www.youtube.com/embed/U4TA9_I_bgU

Everyone places a price tag on their dreams
But no matter how much you spend, the shopping cart of your heart keeps growing
People buy things even as they loan money
But is it too wasteful to live as you dream?
You’re looking for an answer, where your pocket is

Bersama dengan Taeyang, Epik High menyanyikan lagu berjudul Rich yang merupakan sindiran betapa gaya hidup orang-orang kini mengkhawatirkan. Dalam liriknya, ia menggambarkan bagaimana seseorang selalu mementingkan gengsi hingga kadang memaksakan di luar kemampuannya.

Hal lain yang tersirat dalam lagu Rich adalah gambaran betapa konsumerisme kini sudah menjadi budaya pemborosan di lingkup sosial. 

4. Lovedrunk - Epik High feat Crush

https://www.youtube.com/embed/47Vz-ptyKbQ

I’m mixing alcohol with alcohol
Mixing poison with poison
Trying to be cured, it’s kind of novel
It’s harmful but so is love

Setelah hengkangnya Epik High dari YG Entertainment, kini mereka telah comeback di album terbarunya 'Sleeples in _______' pada 11 Maret 2019 lalu dengan hits utama Lovedrunk. Dalam lagu ini bercerita seorang yang mencoba melupakan cintanya pada mantan kekasih dengan pelariannya ke alkohol. 

Tentu pelarian ini pun tak akan membuat dirinya lebih baik, semakin berusaha melupakan, justru kesepian dan kesedihan yang dalam semakin ia rasakan. Karena pada dasarnya, tak ada yang bisa membuat kita lari dari perasaan, selain menghadapinya.

5. Here Come The Regrets - Epik High feat Lee Hi

https://www.youtube.com/embed/98YwcYLTU-A

Here come the regrets
Here comes the....
I wish I hadn't done it
I wish I hadn't said it
I wish that I could take it all back

Lagu Epik High berjudul Here Come The Regrets ini digarap Epik High bersama Lee Hi. Dengan makna yang mendalam, lagu ini memberi pesan bahwa terkadang kita tak bisa menghargai hal-hal kecil disekitar kita sebelum kehilangannya.

Dalam liriknya, Epik High menggambarkan seseorang yang meninggalkan kekasihnya karena ingin kebebasan. Namun, ketika mereka sudah tak bersama, sang pria justru menyesal karena kini ialah yang menderita tanpanya. Kamu pernah mengalaminya juga, gak?

6. Home is Far Away - Epik High feat Oh Hyuk

https://www.youtube.com/embed/pTD9Jysi3_g

What's always been asked of me
Is to reach a bit higher than I’m able to
The standards of the world is becoming like Everest
The more I go towards the top, stress builds up like a mountain
I know I can never rest

Home is Far Away yang merupakan salah satu lagu hits Epik High ini direkam bersama dengan Oh Hyuk dari band Hyukoh. Realita kehidupan kini pun digambarkan melalui liriknya yang bercerita seseorang yang merasa lelah dan terbebani untuk meraih mimpinya.

Terlebih lagi, bagaimana ekspektasi sosial sangatlah tinggi dan itu melelahkan diri kita sendiri. Namun, itulah realita pahit yang harus semua orang hadapi karena bagaimanapun kita tetap harus berjuang demi bertahan hidup.

7. Happen Ending - Epik High feat Jun Won So

https://www.youtube.com/embed/WtPo67yqj60

It’s different this time, I deceive myself every time
But without fail, like always
It will come to an end
Am I really in love?
Or am I dating to break up?
Once again, it comes to me, an easy ending

Happen Ending merupakan salah satu lagu hits dari album Shoebox milik Epik High. Lirik dalam lagu ini menceritakan keraguan seseorang akan sebuah cinta sejati karena hubungannya yang selalu jadi mainan.

Tersirat makna bagaimana banyak orang dengan mudahnya putus dan mendapatkan cinta baru seakan tak berarti apa pun, hingga ia pun terbiasa dengan perpisahan. Kamu pernah merasa demikian, gak?

8. Spoiler - Epik High

https://www.youtube.com/embed/ag_IRe6AuG8

Our cold eyes and words are the spoiler
In your every action, I see our end
I tell myself it’s not true but I feel the spoiler
Should I watch till the end? Or should I leave now?
What if there’s a twist?

Spoiler merupakan salah satu hits title track Epik High dari album 'Shoebox'. Lirik lagu Spoiler sendiri tersirat pesan bahwa kadang kita memaksakan keadaan yang tak bahagia hanya karena tak siap melepaskan.

Dalam MV lagu ini menggambarkan dua orang pasangan kekasih yang sudah merasa hambar dalam hubungannya namun tetap memaksakan hati dan berpura-pura bahagia. Lantas, apakah pilihan tersebut merupakan yang terbaik? Tentu tidak.

Nah, itulah beberapa lagu Epik High yang bisa menjadi perenungan kita dalam kehidupan yang disampaikan dalam liriknya. Menyentuh hati, bukan? 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Lagu Kolaborasi Epik High, Cocok Temani Saat Galaumu!

Siska Arifa Photo Verified Writer Siska Arifa

I write what I want to share - @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya