Comscore Tracker

LOONA Terancam Bubar, Ini 5 Fakta Krisis Finansial Blockberry Creative

Masa depan grup LOONA pun kini jadi pertanyaan

Debut pada Agustus 2018 lalu, masa depan girl group KPop LOONA kini terancam karena masalah finansial yang dihadapi agensi mereka. Blockberry Creative dilaporkan belum membayar dana hingga ratusan juta won pada banyak perusahaan outsourcing dan pegawai eksternalnya yang telah bekerja keras untuk mereka. 

Dalam kondisi yang lebih sulit, LOONA dikhawatirkan bisa bubar karena operasi perusahaan dari Blockberry Creative yang belum matang untuk melanjutkan produksi album. Berikut 5 fakta masalah keuangan agensi grup LOONA. 

1. Krisis finansial Blockberry Creative terungkap setelah tiga bulan comeback LOONA

LOONA Terancam Bubar, Ini 5 Fakta Krisis Finansial Blockberry CreativeLOONA (twitter.com/loonatheworld)

LOONA melakukan comeback resmi mereka dengan formasi lengkap setelah sang leader, Jo Haseul hiatus hampir 2 tahun lamanya. Pada 28 Juni 2021, LOONA merilis mini album ke-4 bertajuk [&] (AND) dengan lagu utama "Paint The Town (PTT)".

Tepat 3 bulan setelah comeback tersebut, yakni di 28 September 2021, kasus mengenai krisis finansial yang dialami agensi mereka, Blockberry Creative, terbongkar ke publik. 

2. Blockberry Creative tidak menunaikan berbagai pembayaran selama berbulan-bulan

LOONA Terancam Bubar, Ini 5 Fakta Krisis Finansial Blockberry CreativeLOONA (twitter.com/loonatheworld)

Krisis keuangan Blockberry Creative mencuat pasca mereka diduga tidak menunaikan beberapa pembayaran yang sudah menjadi kewajibannya selama berbulan-bulan. 

Blockberry Creative tidak membayar 5 pajak asuransi, gaji karyawan, dan biaya layanan lainnya. Mereka juga gagal membayar upah dan pembayaran yang jatuh tempo kepada banyak perusahaan eksternal, serta karyawan luar yang sebelumnya dipekerjakan untuk bekerja dengan LOONA.

Baca Juga: Bakal Jadi Satu Agensi, 9 Fakta Bergabungnya Agensi Apink dan The Boyz

3. Utang Blockberry Creative diperkirakan mencapai ratusan juta won

LOONA Terancam Bubar, Ini 5 Fakta Krisis Finansial Blockberry CreativeLOONA (twitter.com/loonatheworld)

Berbagai tunggakan yang ditanggung Blockberry Creative dilaporkan mencapai nilai hingga 100 juta won atau sekitar 85.000 hingga 760.000 dolar Amerika. Selain bisnis, tunggakan ini juga termasuk pada tata rias hingga penata gaya dan rambut untuk LOONA. 

Media Korea mengonfirmasi bahwa Blockberry Creative bahkan secara sepihak mengatakan kepada mereka untuk berhenti bekerja baru-baru ini.

4. Krisis finansial Blockberry Creative kemungkinan besar menghambat promosi LOONA di masa mendatang

LOONA Terancam Bubar, Ini 5 Fakta Krisis Finansial Blockberry CreativeLOONA (twitter.com/loonaJPofficial)

Krisis finansial yang dialami Blockberry Creative tentu mengancam masa depan LOONA, mengingat agensi yang tidak bisa mengelola perusahaan dengan baik. 

Studio rekaman dan produser bahkan diketahui tidak lagi melanjutkan produksi musik untuk Blockberry Creative. Hal itu terbukti dengan single debut Jepang LOONA yang tidak memiliki video musik.

5. Banyak penggemar LOONA mulai meminta bantuan demi mencegah pembubaran grup

LOONA Terancam Bubar, Ini 5 Fakta Krisis Finansial Blockberry CreativeLOONA (instagram.com/loonatheworld)

Seiring dengan krisis ini, banyak Orbit (fandom LOONA) mulai meminta bantuan dari beberapa individu. Para Orbit juga fokus mengirim pesan ke Elon Musk, salah satu pengusaha terkaya di dunia yang pernah mencuitkan tweet tentang LOONA untuk menyelamatkan girl group tersebut dari pembubaran.

Selain Elon Musk, Orbit juga meminta bantuan musisi Grimes yang pernah mengungkapkan bahwa anggota LOONA, Gowon, adalah ibu baptis anak mereka. Grimes dan Gowon diketahui menjalin hubungan cukup dekat. Sebab, keduanya pernah berkolaborasi di lagu LOONA yyxy yang berjudul "love4eva" pada tahun 2018 lalu. 

Block Berry Creative sendiri sudah merilis pernyataan yang memastikan bahwa mereka akan membayar semua utangnya. Namun, orang dalam mengklaim akan sulit bagi perusahaan untuk menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu dekat.

Baca Juga: Mandiri dan Sukses, 15 Aktor hingga Idol Ini Dirikan Agensi Sendiri

Rachel Park Photo Verified Writer Rachel Park

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya