Comscore Tracker

5 Fakta tentang Messiah, Serial Baru Netflix yang Menuai Kontroversi

Serial tentang Dajjal?

Pada 3 Desember 2019 kemarin, Netflix merilis trailer dari serial terbarunya yang berjudul Messiah. Serial ini rencananya akan tayang pada 1 Januari 2020 mendatang dengan menampilkan 10 episode yang disutradarai oleh James McTeigue dan Kate Woods.

Tak hanya itu, serial ini dibintangi oleh Mehdi Dehbi, Michelle Monaghan, dan Jane Adams. Namun, sayangnya serial Netflix ini telah mendapatkan banyak kecaman dari beberapa orang sebelum tayang.

Bahkan salah satu penggemar yang menulis sesuatu tentang serial Messiah ini diblokir oleh halaman resmi Netflix di Twitter. Berikut ini beberapa fakta yang harus kamu ketahui tentang serial Messiah. Yuk, simak di bawah ini!

1. Apa itu serial Messiah?

5 Fakta tentang Messiah, Serial Baru Netflix yang Menuai Kontroversinetflix.com

Serial terbaru Netflix ini bercerita tentang kemunculan secara tiba-tiba seorang pria Timur Tengah yang langsung mendapatkan banyak pengikut. Kemunculan pria Timur Tengah ini hanya berada pada wilayah Syria, Texas, dan Israel. 

Dia mengklaim dirinya sebagai "Messiah" dan sedang dalam misi melaksanakan tugas Tuhan. Central Intelligence Agency (CIA) yang penasaran dengan pria ini mencoba untuk menyelidiki motif apa yang sedang dijalankan olehnya.

Di dalam trailer dunia digambarkan sedang mengalami banyak permasalahan dan kerusuhan semenjak munculnya Messiah di wilayah-wilayah tertentu. Bahkan di serial Messiah ini, kita banyak menemukan hal-hal yang berhubungan dengan agama, kepercayaan, dan politik.

2. Serial tentang Dajal

5 Fakta tentang Messiah, Serial Baru Netflix yang Menuai Kontroversinetflix.com

Semenjak Netflix merilis trailer dari Messiah, banyak penggemar yang beramsumsi bahwa serial ini bercerita tentang Dajal. Dajal berarti "penipu" dalam bahasa Arab. Dalam eskatologi Islam, Al-Masih Ad-Dajjal adalah nabi palsu yang konon akan datang ke bumi dan mencoba memikat orang untuk mengikuti setan.

Di dalam trailer ditampilkan sosok pria Timur Tengah misterius yang bisa melakukan hal-hal yang ajaib dan memiliki banyak pengikut. Bahkan di dalam trailer juga ditampilkan sebuah tembok dengan tulisan False God atau Tuhan palsu yang tersulut api.

Hal ini semakin membuat para penggemar yang muslim yakin bahwa sosok pria Timur Tengah misterius itu adalah Dajal, meskipun tidak ditemukan ciri-ciri fisik yang mirip seperti mata yang cacat pada sosok pria itu.

3. Cuitan seorang penggemar yang mengundang kontroversi

5 Fakta tentang Messiah, Serial Baru Netflix yang Menuai Kontroversitwitter.com/Sultaan_Mo1

Beberapa hari yang lalu, seorang penggemar dengan username @Sultaan_Mo1 berhasil menarik perhatian publik karena cuitannya tentang serial Messiah di Twitter. Pemilik akun @Sultaan_Mo1 mengklaim bahwa karakter utama yang diperankan oleh Mehdi Dehbi adalah Dajal.

Bahkan pemilik akun @Sultaan_Mo1 juga nenambahkan bahwa karakter utama secara tidak sengaja akan kehilangan salah satu matanya sehingga dia akan bertransformasi menjadi Dajal.

Hal tersebut langsung membuat heboh banyak penggemar muslim di seluruh dunia. Jika memang karakter utama dalam Messiah itu adalah Dajal, mereka mengaku telah mengetahui akhir cerita dari serial Netflix itu.

Baca Juga: 13 Alasan Mengapa Kamu Perlu Nonton Serial Baru Netflix "13 Reasons Why"

4. Netflix memblokir seorang penggemar di Twitter

5 Fakta tentang Messiah, Serial Baru Netflix yang Menuai Kontroversitwitter.com/Sultaan_Mo1

Tak menunggu waktu lama, pemilik akun @Sultaan_Mo1 mengaku diblokir oleh laman resmi Netflix dan serial Messiah di Twitter. Meskipun pihak Netflix membantah dengan mengatakan bahwa mereka tidak memblokir penggemar karena beredarnya cuitan yang menyebarkan isu-isu itu.

Hal tersebut bermula dari cuitan @Sultaan_Mo1 tentang serial Messiah yang dapat mempengaruhi para penggemar yang lain. Karena cuitan pemilik akun @Sultaan_Mo1 yang mengklaim bahwa karakter utama adalah Dajal, banyak penggemar muslim yang mengaku telah mengetahui akhir cerita dari serial terbaru Netflix itu.

5. Mengapa harus menonton serial Messiah?

5 Fakta tentang Messiah, Serial Baru Netflix yang Menuai Kontroversinetflix.com

"He’s come out of nowhere and we don’t know who he is.”

Kutipan dari trailer di atas membangun beberapa opini yang lain tentang kembalinya Yesus yang dikenal sebagai Messiah. Messiah adalah film thriller geopolitik yang provokatif dan menegangkan yang mengeksplorasi kekuatan pengaruh dan kepercayaan dalam era media sosial.

Dilansir melalui lightworkers.com, serial Netflix ini mendorong batas-batas agama, menguji keyakinan setiap orang, tidak peduli doktrin yang mereka anut dan memaksa kita semua untuk memeriksa sistem kepercayaan kita dan apa yang akhirnya membentuknya. 

Messiah disutradarai oleh James McTeigue yang pernah mengarahkan serial V for Vendetta yang berhasil masuk dalam 24 nominasi dan memenangkan 7 penghargaan.  Bahkan Messiah dibintang oleh Mehdi Dehbi, Michelle Monaghan, Jane Adams, Melinda Page Hamilton, Wil Traval, Fares Landoulsi, Dermot Mulroney, dan Beau Bridges.

Itulah beberapa fakta tentang serial terbaru Netflix Messiah yang wajib kamu ketahui sebelum tayang pada Januari 2020 mendatang. Meskipun banyak menuai kontroversi, tetapi Messiah patut dipertimbangkan untuk menjadi serial yang akan menemani tahun baru kalian nanti.

Baca Juga: 7 'Netflix Original Series' dengan Biaya Produksi Paling Mahal

Siti Anisah Photo Verified Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You