Comscore Tracker

5 Film Netflix Rilisan 2019 yang Pantas Masuk Nominasi Piala Oscar

Kualitas film Netflix semakin meningkat

Setiap tahun, Netflix membuktikan bahwa film-film rilisannya juga pantas masuk ke dalam nominasi Piala Oscar. Setelah Roma yang tahun ini berhasil meraih sejumlah nominasi bergengsi di Oscar, Netflix pun merilis film-film yang berpeluang mengikuti jejaknya.

Tahun ini, Netflix berhasil menggandeng sutradara seperti Martin Scorsese dan Noah Baumbach untuk mendistribusikan filmnya di platform streaming tersebut. Berikut film-film rilisan Netflix tahun ini yang berhak mendapat nominasi Oscar 2020:

1. The King

https://www.youtube.com/embed/yMJnsTx-TBg

Film biopic Kerajaan Inggris selalu menarik perhatian sendiri di Piala Oscar setiap tahunnya. Apalagi, The King punya bintang utama yang sedang naik daun, Timothee Chalamet, yang didapuk memerankan King Henry V.

Chalamet beradu akting dengan aktor-aktor berbakat lain seperti Robert Pattinson dan Joel Edgerton. The King mengungkap kisah Henry V yang harus menjadi raja di usia yang masih sangat muda.

2. The Irishman

https://www.youtube.com/embed/WHXxVmeGQUc

Martin Scorsese adalah sutradara legendaris yang sudah menelurkan banyak film berkualitas Oscar seperti The Departed, Goodfellas, dan Raging Bull. Tahun ini, Scorsese bekerja sama dengan Netflix untuk merilis karya terbarunya, The Irishman.

The Irishman mengambil tema yang sudah sering dieksplorasi oleh Scorsese, yaitu tentang drama kriminal. Kali ini, Scorsese mendasarkan konfliknya lewat sosok veteran perang bernama Frank Sheran (Robert De Niro) yang harus berurusan dengan beragam kelompok kriminal berbahaya pada era setelah Perang Dunia ke-2.

3. Marriage Story

https://www.youtube.com/embed/BHi-a1n8t7M

Sutradara yang sebelumnya sudah terkenal dengan film-film indie-nya, Noah Baumbach, memilih Netflix untuk mendistribusikan karya terbarunya, Marriage Story. Lewat Marriage Story, Baumbach mencoba membongkar kisah pasangan yang ingin mengakhiri hubungan rumah tangganya.

Marriage Story bukan kisah perceraian biasa karena menguliti perjuangan setiap pasangan dengan lebih dekat. Penampilan solid dua pemeran utamanya, Adam Driver dan Scarlett Johansson, membuat film ini digadang-gadang bisa masuk nominasi Piala Oscar 2020.

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting Serial Netflix Stranger Things untuk Liburan Asyik

4. I Lost My Body

https://www.youtube.com/embed/DK91FJ7JWao

Netflix juga memutuskan untuk mengambil hak distribusi film animasi asal Prancis, I Lost My Body. Film ini tergolong unik karena menceritakan tentang potongan tangan yang kabur dari laboratorium agar bisa kembali bersatu dengan badannya.

Intrik cerita tidak biasa dan pengisi suara yang mumpuni menjadi keunggulan I Lost My Body. Dengan keunggulan ini, wajar jika ia dijagokan memenangi Piala Oscar 2020 kategori animasi.

5. Tell Me Who I Am

https://www.youtube.com/embed/OLjaRjaGjRc

Tidak hanya kategori fiksi, Netflix juga punya unggulan Piala Oscar tahun depan untuk kategori dokumenter. Tell Me Who I Am berhasil mencuri perhatian sejak dirilis Netflix pada 30 Agustus 2019.

Dokumenter ini menyorot kehidupan pria bernama Alex Lewis yang kehilangan ingatannya. Alex meminta bantuan saudara kembarnya, Marcus, untuk memulihkan ingatan meski ia ternyata menyimpan rahasia besar soal keluarganya. Dengan konflik yang mendalam seperti ini, Tell Me Who I Am pun dijagokan meraih nominasi Oscar tahun depan.

Itu tadi daftar film Netflix yang layak masuk nominasi Oscar. Kira-kira bisa mengalahkan film-film yang rilis di bioskop pada umumnya atau engga, ya?

Baca Juga: 14 Film Original Netflix Terburuk Menurut Penonton dan Kritikus 

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You