Comscore Tracker

6 Film Tentang Lucid Dream yang Siap Mengaduk-aduk Pikiranmu

Bisa ikut merasakan sensasinya

Lucid dream menjadi salah satu fenomena menarik yang membuat banyak orang penasaran. Fenomena orang bisa sadar dan mengatur mimpinya sendiri jelas menarik perhatian orang banyak.

Fenomena ini pun sudah diangkat ke banyak judul film. Penasaran film apa saja yang membahas tentang lucid dream? Simak artikel ini, ya.

1. The Science of Sleep

https://www.youtube.com/embed/dHtE0szIip0

The Science of Sleep cocok ditonton oleh para introver yang sedang jatuh cinta. Film ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Stephane yang berusaha mendekati gadis pujaannya bernama Stephanie.

Stephane kurang percaya diri jika harus mencari jawaban cintanya di kehidupan nyata. Untuk itu, ia berusaha mengetahui apakah perasaannya tidak bertepuk sebelah tangan lewat mimpinya setiap malam.

2. Inception

https://www.youtube.com/embed/YoHD9XEInc0

Inception menghebohkan banyak pecinta film bukan hanya karena jajaran pemainnya yang diisi Leonardo Di Caprio, Ellen Page, Tom Hardy, dan Josep Gordon-Levitt. Cerita film ini pun penuh intrik dan masalah yang berlapis.

Sekelompok orang ternyata bekerja dengan mencuri ide lewat mimpi. Namun mereka kini dibebani tugas berbeda yaitu menanam sebuah ide dalam mimpi seorang anak pewaris perusahaan besar. Lewat Inception, sutradara Christoper Nolan menunjukkan gagasan besar mengenai gambaran lucid dream dan cara kerjanya.

3. The Good Night

https://www.youtube.com/embed/s8rd4VQrrLo

Mimpi memang menjadi lebih rumit saat tahu orang yang diimpikan ternyata ada di dunia nyata. Hal inilah yang coba diangkat oleh film The Good Night.

Film ini menceritakan tentang pria bernama Gary yang jatuh cinta dengan Anna, perempuan yang ia temui dalam mimpi tetapi ternyata benar-benar ada di dunia nyata. Gary rela mempraktikkan lucid dream demi memenuhi skenario hubungannya dengan Anna dan hal ini membuatnya semakin lebih menikmati alam mimpi.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Country Strong adalah Film Terbaik Sepanjang Masa

4. Waking Life

https://www.youtube.com/embed/SbPgprcMtjo

Tidak selamanya lucid dream selalu digunakan untuk hal-hal yang sifatnya egois. Dalam film Waking Life karya sutradara Richard Linklater, lucid dream justru dimanfaatkan untuk mengambil banyak pelajaran tentang hidup.

Film ini menceritakan tentang seorang pria yang meloncat dari satu mimpi ke mimpi lainnya dan bertemu dengan beragam orang. Dalam mimpinya, ia terlibat diskusi-diskusi menarik yang membuatnya memperoleh jawaban soal misteri hidup ini.

 

5. Paprika

https://www.youtube.com/embed/oDuuQ49ajKM

Dunia anime pun tidak ketinggalan untuk menampilkan sisi lain dari lucid dream. Kali ini mengambil cerita mengenai teknologi dan orang-orang jahat yang berusaha memanipulasinya.

Di masa depan, teknologi yang maju sudah bisa menciptakan alat untuk memanipulasi orang-orang lewat mimpinya. Seorang terapis pun harus berjuang keras agar teknologi ini bisa diselamatkan dari tangan-tangan orang tidak bertanggung jawab.

 

6. Dreamscape

https://www.youtube.com/embed/4ybHzYtF3ZM

Jauh sebelum Inception, ada Dreamscape yang rilis pada 1984 dan mulai mengeksplorasi mimpi gabungan dari beberapa orang sekaligus. Jika Inception menampilkan sekumpulan orang yang bekerja secara mandiri, Dreamscape justru sudah masuk ranah pemerintah.

Dreamscape mengusung ide untuk memengaruhi seorang presiden lewat mimpinya. Intrik politik dan petualangan pun hadir kala para agen tersebut berusaha menanamkan ide di pikiran sang presiden.

Lucid dream memang menarik untuk diikuti. Saat menonton film-film ini, kalian harus tetap fokus agar bisa mengikuti jalan ceritanya. Selamat menonton, ya!

Baca Juga: 5 Pesan Moral Ini Bisa Kamu Petik dari Film Netflix Klaus

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya