Comscore Tracker

Selain 1917, 6 Film Bertema Perang Ini Pernah Masuk Nominasi Oscar

Tema perang jadi favorit juri Oscar ya kayaknya!

1917 menjadi salah satu film unggulan dalam gelaran Piala Oscar 2020. Karya terbaru sutradara Sam Mendes ini berhasil meraih 10 nominasi, salah satunya untuk kategori Best Picture.

Film yang mengambil latar waktu Perang Dunia I ini mengingatkan pada karya sejenis yang juga sukses di Piala Oscar. Film-film bertema perang memang sering meraih kesuksesan di ajang ini. Apa saja film bertema perang yang sukses meraih nominasi Piala Oscar selain 1917? Simak artikel ini, ya!

1. The Hurt Locker

https://www.youtube.com/embed/AIbFvqFYRT4

The Hurt Locker mengambil latar Perang Irak dan menceritakan kisah tentang seorang tentara yang mendapat tugas untuk menjinakkan bom. Tugas barunya tersebut membuatnya kerap berselisih dengan anggota tim lain, terutama karena sifatnya yang sembrono.

Karya salah satu sutradara wanita tersukses, Katheryn Bigelow, berhasil memenangi enam Piala Oscar dari sembilan nominasi yang mereka dapatkan pada 2010. The Hurt Locker juga berhasil membawa piala paling bergengsi, yaitu kategori Best Picture pada Oscar tahun itu.

2. Dunkirk

https://www.youtube.com/embed/T7O7BtBnsG4

Sutradara kenamaan asal Inggris, Christopher Nolan, hadir dengan film bertema perang pertamanya, Dunkirk, yang juga lumayan sukses di Piala Oscar 2018. Film ini mengangkat kisah nyata tentang kisah evakuasi tentara Belgia, Inggris, dan Prancis di wilayah Dunkirk yang saat itu masih dikepung oleh tentara Jerman.

Dunkirk meraih delapan nominasi pada Piala Oscar 2018. Film ini akhirnya berhasil membawa pulang tiga piala saat itu.

3. Braveheart

https://www.youtube.com/embed/1NJO0jxBtMo

Mel Gibson berperan sebagai sutradara dan aktor utama dalam film Braveheart yang rilis pada 1995. Film ini mengangkat cerita tentang pemberontak asal Skotlandia, William Wallace, yang memimpin protes terhadap Raja Inggris saat itu, Edward I. William tidak terima karena istrinya dibunuh usai berusaha melawan tentara Inggris yang mencoba memerkosanya.

Braveheart memborong 10 nominasi pada Piala Oscar 1996 dan memenangi setengahnya. Film ini berhasil membawa pulang piala pada kategori Best Picture. Mel Gibson juga terpilih sebagai sutradara terbaik saat itu.

Baca Juga: Selain Zombieland, 7 Film Bertemakan Zombie Ini Gak Kalah Keren

4. American Sniper

https://www.youtube.com/embed/99k3u9ay1gs

American Sniper lahir dari karya sutradara kawakan Hollywood, Clint Eastwood. Eastwood mencoba mengangkat kisah penembak jitu yang berhasil melindungi rekan-rekannya sesama tentara Amerika Serikat pada Perang Irak. Begitu kembali dari perang, ia justru dihantui oleh trauma perang yang memengaruhi hubungannya dengan orang terdekat.

Film ini sempat menimbulkan kontroversi karena dianggap mengagungkan seorang penembak. Namun American Sniper tetap mampu meraih enam nominasi pada Piala Oscar 2015, meski hanya mampu menang di satu kategori.

5. Schindler's List

https://www.youtube.com/embed/gG22XNhtnoY

Karya Steven Spielberg memang selalu dicintai oleh juri Oscar, termasuk Schindler's List ini. Lewat film ini, Spielberg berusaha mengangkat kisah tentang pengusaha bernama Oskar Schindler yang menyelamatkan ribuan orang Yahudi dari kekejaman Nazi. 

Schindler's List tidak lepas dari kontroversi, termasuk dilarang tayang di bioskop Indonesia saat itu. Namun film ini tetap sukses besar pada Piala Oscar 1994 dengan memboyong 12 nominasi dan memenangi tujuh di antaranya, termasuk kategori Best Picture.

6. Lawrence of Arabia

https://www.youtube.com/embed/zmr1iSG3RTA

Lawrence of Arabia masih terasa legendaris hingga sekarang. Film ini bercerita tentang tentara Inggris bernama T.E. Lawrence yang saat itu tengah bertugas di Timur Tengah. Lawrence berhasil menyatukan tentara Arab yang beragam demi melawan pasukan Turki.

Pada Piala Oscar 1963, Lawrence of Arabia berhasil meraih 10 nominasi dan membawa pulang tujuh piala. Berkat kisah dan pengemasannya yang menarik, film ini pun terpilih menjadi pemenang Best Picture pada Piala Oscar tahun itu.

Film-film bertema perang ternyata begitu sukses sepanjang sejarah Piala Oscar. Kira-kira, tahun ini 1917 bisa menang atau hanya berakhir sebagai nominasi, ya?

Baca Juga: Masuk Nominasi Oscar, Ini 6 Film Terbaik Sinematografer Roger Deakins

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya