Comscore Tracker

Raja Chart Baru, 14 Lagu BTS Ini Berhasil Tembus Billboard Hot 100

BTS world domination

BTS terus mendapatkan pencapaian dalam setiap comeback-nya. Memasuki tujuh tahun sejak mereka debut, BTS mampu menyandang status baru sebagai raja Billboard Hot 100. Tahun ini, BTS berhasil mencapai posisi pertama tangga lagu tersebut lewat 'Dynamite', 'Savage Love Remix', dan 'Life Goes On'.

Berikut 14 lagu milik BTS yang dapat menembus Billboard Hot 100. Kira-kira, lagu mana yang jadi favorit kalian?

1. DNA (2017)

https://www.youtube.com/embed/MBdVXkSdhwU

Bisa dibilang, 2017 merupakan awal mula BTS memulai world domination ala mereka. Berbekal album bertajuk 'Love Yourself: Her', mereka mampu menembus pasar musik Amerika Serikat. Lagu jagoan mereka saat itu yang berjudul 'DNA', berhasil menembus Billboard Hot 100 dan meraih urutan ke-67.

2. Mic Drop (2017)

https://www.youtube.com/embed/vMRxHpcKjEY

Lewat 'Mic Drop', industri musik AS seolah tidak lagi bisa mengelak kekuatan besar yang dimiliki oleh BTS. Apalagi, lagu tersebut juga mengundang banyak perhatian dari musisi besar lainnya seperti DJ Steve Aoki dan rapper Desiigner.

Versi remix 'Mic Drop' yang ikut menampilkan Desiigner bahkan sempat menembus posisi ke-28 Billboard Hot 100.

3. Fake Love (2018)

https://www.youtube.com/embed/7C2z4GqqS5E

Setelah kesuksesan dua lagu terdahulu, menembus Billboard Hot 100 seperti sebuah hal yang lumrah di setiap BTS melakukan comeback. Lagu 'Fake Love' yang menjadi title track album 'Love Yourself: Tear' bahkan membuat sejarah baru. Lewat lagu tersebut, BTS untuk pertama kalinya dapat menembus posisi 10 besar dalam Billboard Hot 100.

Baca Juga: Catat Sejarah Baru, Ini 5 Rekor Lagu BTS 'Life Goes On' di Billboard

4. Idol (2018)

https://www.youtube.com/embed/K1scjjbfNsk

Setiap kesuksesan yang berhasil mereka raih, BTS pun semakin diperhitungkan di kancah musik AS. Rapper perempuan ternama, Nicki Minaj, bahkan tertarik untuk berkolaborasi lewat lagu 'Idol' versi remix. Kolaborasi dengan Nicki Minaj ini membuat BTS berhasil meraih posisi ke-11 dalam Billboard Hot 100.

5. Waste It on Me (2018)

https://www.youtube.com/embed/bIv16itYi_0

Tidak hanya lagu rilisan mereka sendiri, BTS juga mampu meraih kesuksesan kala diajak berkolaborasi dalam lagu keluaran musisi lain.

Steve Aoki kembali mengajak BTS untuk berkolaborasi lewat lagunya yang berjudul 'Waste It on Me'. Lagu yang menampilkan vokal Jungkook dan rap RM ini berhasil menduduki posisi ke-89 di Billboard Hot 100.

6. Boy with Luv (2019)

https://www.youtube.com/embed/XsX3ATc3FbA

Lewat 'Boy with Luv', BTS seperti mencapai tingkatan baru dalam ranah musik pop. Tidak hanya dalam lingkup Korea Selatan, tetapi juga internasional.

Kolaborasi dengan Halsey ini terbukti membawa sukses yang besar. Lagu 'Boy with Luv' berhasil meraih posisi tertinggi di urutan ke-8 Billboard Hot 100.

7. Make It Right (2019)

https://www.youtube.com/embed/eXBu09fwe3I

Menyusul kesuksesan 'Boy with Luv', BTS ikut memperkenalkan lagu lain di EP mereka yang bertajuk 'Map of the Soul: Persona'. Mereka bahkan menggandeng musisi pop yang sedang naik daun saat itu, Lauv.

Lagu 'Make It Right' versi remix yang merupakan hasil kerja sama dengan Lauv ini berhasil menempati urutan ke-76 sebagai posisi teratasnya di Billboard Hot 100. 

8. Black Swan (2020)

https://www.youtube.com/embed/0lapF4DQPKQ

Lagu 'Black Swan' mengawali kesuksesan album 'Map of the Soul:7' yang rilis pada awal tahun 2020. Didapuk sebagai single pertama, 'Black Swan' mampu melejit dan menempati urutan ke-57 di Billboard Hot 100.

Baca Juga: 9 Side Track BTS yang Ternyata Diciptakan J-Hope, Berkesan Semua! 

9. ON (2020)

https://www.youtube.com/embed/gwMa6gpoE9I

'ON' merupakan single utama atau title track dalam album 'Map of the Soul: 7'. Lewat lagu ini, BTS semakin mengukuhkan status mereka sebagai musisi terbesar pada era ini.

Lagu 'ON' bahkan membawa BTS merasakan lagu rilisan mereka meraih posisi lima besar dalam Billboard Hot 100. Posisisi tertinggi yang pernah diraih 'ON' adalah urutan ke-4 tangga lagu tersebut.

10. My Time (2020)

https://www.youtube.com/embed/a_zk4JFK43g

Fenomena 'My Time' menembus Billboard Hot 100 tergolong spesial karena lagu ini bukanlah title track di album 'Map of the Soul: 7'. Meski hanya berstatus lagu b-side, 'My Time' yang dinyanyikan secara solo oleh Jungkook ini berhasil meraih posisi ke-84 di Billboard Hot 100.

11. Filter

https://www.youtube.com/embed/dNUnnb8F-Cw

Sama seperti 'My Time', 'Filter' merupakan salah satu lagu b-side BTS yang paling sukses. Lagu solo milik Jimin di album 'Map of the Soul: 7' ini berhasil menempati posisi ke-87 di Billboard Hot 100.

12. Dynamite (2020)

https://www.youtube.com/embed/gdZLi9oWNZg

Penantian panjang BTS akan posisi nomor satu di Billboard Hot 100 akhirnya terjawab lewat lagu Bahasa Inggris pertama mereka secara grup, 'Dynamite'. Lagu 'Dynamite' bahkan sudah 13 minggu bertahan di Billboard Hot 100, lho.

Tentu, ini menjadi sebuah pencapaian paling besar bagi BTS di sepanjang karier mereka.

13. Savage Love Remix (2020)

https://www.youtube.com/embed/qvu4nPMyl3U

Julukan raja Billboard Hot 100 tampaknya memang cocok disematkan kepada boy group naungan Big Hit Entertaiment ini.

Kolaborasi BTS bersama Jaws 685 dan Jason Derulo ini menghasilkan 'Savage Love Remix' yang akhirnya meraih posisi pertama Billboard Hot 100.

14. Life Goes On (2020)

https://www.youtube.com/embed/-5q5mZbe3V8

BTS benar-benar membuktikan bahwa musik bisa melintasi perbedaan bahasa. Lagu terbaru mereka yang dominan berbahasa Korea berjudul 'Life Goes On' berhasil meraih posisi pertama di Billboard Hot 100. Hal ini seolah menjadi garansi, bahwa setiap rilisan BTS pasti mampu mencetak rekor baru.

Menempati urutan 100 besar dalam Billboard Hot 100 bukanlah sesuatu yang mudah diraih. Tapi BTS telah berhasil membuktikan dominasi mereka lewat 14 lagu tadi. Sukses selalu untuk BTS!

Baca Juga: BTS Buat Sejarah, 5 Fakta 'Dynamite' Masuk Jadi Nominasi Grammy Awards

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya