Comscore Tracker

Kabar Nanda Gita, Artis FTV yang Sukses Jadi YouTuber di Belanda  

Mantan artis FTV yang pernah jadi pengasuh anak di Belanda

Pernah dengar nama artis Nanda Gita? Artis ini sempat wara wiri di layar kaca sepuluh tahun silam. Nanda yang kelahiran Bandung ini dulu tinggal di sebuah apartemen di Jakarta untuk mengejar kariernya. Setelah berhenti sebagai artis FTV, Nanda pernah sukses sebagai instruktur yoga di Jakarta. Penghasilannya waktu itu bisa mencapai belasan juta dalam sebulan. Dengan jam kerja yang fleksible, menjadi instruktur yoga adalah salah satu pekerjaan impiannya.

Ke mana Nanda Gita saat ini? Ternyata setelah menikah Nanda kini beralih profesi menjadi YouTuber dan tinggal di Utrecht Belanda. Subscriber-nya terus bertambah dan selalu menanti tayangan videonya. Hebatnya meski tanpa tim, hampir tiap hari selalu mengunggah video baru.

Tema videonya ringan. Yang menarik, videonya selalu menampilkan kehidupan sehari-hari yang penuh kesederhanaan. Nanda juga tidak segan mengunggah cerita perjuangannya untuk bertahan hidup di negeri orang. 

1. Pernah membintangi sitkom Malam Minggu Miko 

Kabar Nanda Gita, Artis FTV yang Sukses Jadi YouTuber di Belanda  Nanda Gita (instagram.com/nandagita16/)

Sitkom Malam Minggu Miko yang naskahnya ditulis oleh Raditya Dika pernah mencuri perhatian penonton TV. Nanda Gita salah satu artis yang turut membintanginya. Aktingnya dalam sitkom tersebut cukup mencuri perhatian.

2. Mempunyai sertifikat instruktur yoga internasional 

Kabar Nanda Gita, Artis FTV yang Sukses Jadi YouTuber di Belanda  Nanda Gita menjadi instruktur yoga. (https://www.instagram.com/nandagita16/)

Nanda off dari dunia akting karena kesibukannya sebagai instruktur yoga. Dengan berbekal sertifikat internasional, Nanda memulai pekerjaannya dengan membuka kelas yoga untuk kelompok dan privat di wilayah Jakarta.

3. Menikah dengan WNA 

Kabar Nanda Gita, Artis FTV yang Sukses Jadi YouTuber di Belanda  Resepsi pernikahan (https://www.instagram.com/nandagita16/)

Nanda menikah dengan seorang warga negara Belanda yang bernama Dennis, dan saat ini dikarunia seorang putri. Meski tinggal di Belanda, Nanda merawat anaknya dengan cara-cara orang Indonesia. Bahkan kain jarik yang merupakan gendongan tradisional juga selalu digunakan ketika mengasuh anaknya. Hasya. Anaknya yang lucu selalu diajak komunikasi dengan Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Taklukan YouTuber Korea, 10 Potret Manis Pedangdut Kania Permatasari

4. Mandiri 

Kabar Nanda Gita, Artis FTV yang Sukses Jadi YouTuber di Belanda  Nanda dan baby Hasya (instagram.com/nandagita16/)

Meski suaminya mampu membiayai hidupnya dengan cukup layak, Nanda tidak tinggal diam. Dia mencoba berbagai pekerjaan yang dilakoninya di negeri kincir angin tersebut. Meski sejak di Indonesia hidup berkecukupan, Nanda tidak malu melakukan pekerjaan yang di Indonesia dianggap sebelah mata. Selama itu halal, apa pun akan dikerjakan.

5. Pekerja keras 

Kabar Nanda Gita, Artis FTV yang Sukses Jadi YouTuber di Belanda  Nanda Gita dan keluarga (instagram.com/nandagita16/)

Sebagai pendatang yang belum mahir dalam berbahasa Belanda, Nanda mengalami banyak kesulitan. Ditolak saat melamar kerja sebagai penjaga kedai pernah dirasakan karena pemilik hanya ingin mempekerjakan orang yang fasih Bahasa Belanda. Gonta ganti pekerjaan mulai dari kerja di restoran, instruktur yoga, memasak sampai mengasuh anak-anak. Prinsip Nanda, dia harus terus produktif dan menghasilkan uang sendiri.

6. Jago masak 

Kabar Nanda Gita, Artis FTV yang Sukses Jadi YouTuber di Belanda  Nanda Gita dan keluarga (instagram.com/nandagita16/)

Di kalangan tetangganya, Nanda dikenal jago memasak. Nanda membuka usaha menjual aneka masakan melalui aplikasi “masak untuk tetangga”, sebuah aplikasi yang dibuat pemerintah Belanda untuk mendekatkan para tetangga.

Masakan yang paling laku adalah masakan khas Indonesia. Melalui aplikasi ini Nanda mendapatkan uang dan relasi, juga semakin kenal dengan para tetangga yang menjadi pelanggannya.

Kemampuan memasaknya diperoleh secara otodidak melalui trial and eror. Kesibukannya mengurus anak tidak membuatnya berhenti bekerja. Bahkan dia memasak sambil mengasuh anaknya tanpa ada yang membantu.

7. Nanda merupakan YouTuber yang inspiratif

Kabar Nanda Gita, Artis FTV yang Sukses Jadi YouTuber di Belanda  Nanda dan baby Hasya (instagram.com/nandagita16/)

Salah satu pekerjaan Nanda yang membuatnya banyak dikenal orang adalah sebagai YouTuber melalui channelnya “Inces Bolang”. Awal mula terlintas menjadi YouTuber karena Nanda tidak mempunyai banyak teman yang diajak berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Semua video dibuat dengan Bahasa Indonesia.

Konten YouTube-nya sederhana, menceritakan kehidupannya sehari-hari. Kerja keras dan perjuangannya menjadi WNI di Belanda, bagaimana bertahan hidup, mengasuh anak, memasak dan pekerjaan lain menjadi isi kontennya. Ternyata banyak yang menyukai kontennya yang penuh inspirasi, sederhana dan tidak mengada-ada.

Hebatnya semua proses syuting, editing sampai upload dan mengelola channel-nya dilakukan seorang diri di sela-sela kesibukan yang lain. Awalnya tidak terlintas untuk mencari uang dari konten-kontennya, namun ternyata pundi-pundi Nanda banyak terisi dari YouTube.

 

Kisah hidup Nanda Gita yang diunggah dalam konten channel-nya banyak membuka mata orang bahwa hidup di luar negeri tidak selalu mudah. Menjadi WNI yang tinggal jauh dari kampung halaman perlu adaptasi baik dengan kultur, lingkungan maupun kebiasaan-kebiasaan. Bagi yang berniat tinggal di luar negeri selain harus siap secara finansial juga harus siap mental.

Baca Juga: Jarang Terdengar Kabar, 9 Potret Terbaru Aktris Estelle Linden

Sri Nur Isnaini Photo Writer Sri Nur Isnaini

Ibu dua anak yang gemar menulis dan merajut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya