Comscore Tracker

5 Film Hollywood yang Dituntut karena Alasan Konyol, Pernah Tahu? 

Alasannya kocak banget, deh! 

Tuntutan dalam perfilman Hollywood memang bukan hal yang baru lagi. Namun, gak semua tuntutan yang datang berdasarkan latar belakang yang jelas, lho. Ada juga beberapa film yang dituntut karena alasan yang gak masuk akal.

Absurd banget, berikut ini film Hollywood yang pernah menerima tuntutan karena alasan konyol. Pihak produksi memilih untuk gak menanggapi. Aneh-aneh aja, sih, yang nuntut!

1. Suicide Squad (2016) 

5 Film Hollywood yang Dituntut karena Alasan Konyol, Pernah Tahu? poster Suicide Squad (dok. Warner Bros. Pictures/Suicide Squad)

Suicide Squad merupakan film debut Joker versi Jared Leto yang sudah dinanti para penggemar. Apalagi, dengan promosi luar biasa dan trailer yang menunjukkan banyaknya peran Joker, hal tersebut ternyata tidak sesuai dengan kemunculannya di film yang hanya kurang dari 15 menit.

Itu sebabnya, ada seorang penggemar dengan nama akun BlackPanther2016 menggugat DC dan Warner Bros. atas minimnya peran Joker di film. Menurutnya, pihak studio telah melakukan promosi sesat dan merugikan bagi penonton. Namun, kabarnya ia hanya menggertak saja dan gak pernah mengajukan tuntutannya ke pengadilan.

2. The Wolf of Street (2013) 

5 Film Hollywood yang Dituntut karena Alasan Konyol, Pernah Tahu? poster The Wolf of Street (dok. Paramount Pictures/The Wolf of Street)

Film biopik dari kehidupan seorang pialang saham bernama Jordan Belfort ini banyak menyita perhatian. Diperankan oleh Leonardo DiCaprio, film ini mendapat tuntutan dari pria bernama Andrew Greene yang merupakan anak buah Belfort di dunia nyata.

Greene menuntut pihak produksi The Wolf of Street karena pencemaran nama baik dan membuat karakternya melakukan adegan kriminal di film. Namun, Greene kalah dalam kasus ini karena kurangnya bukti, apalagi nama karakternya di film adalah Nicky Kaskoff, yang membuatnya semakin sulit membuktikan klaimnya.

Baca Juga: 7 Artis Hollywood yang Ternyata Berbakat Melukis, Berjiwa Seni Tinggi

3. Knowing (2009) 

5 Film Hollywood yang Dituntut karena Alasan Konyol, Pernah Tahu? poster Knowing (dok. Summit Entertainment/Knowing)

Bercerita tentang profesor yang mengetahui letak bencana dari sebuah kode, film yang dibintangi oleh Nicholas Cage ini dituntut karena melanggar hak paten sebuah perusahaan bernama Global Findability. Hal ini karena perusahaan start-up tersebut memiliki hak paten atas teknologi yang bisa merekam koordinat dari lokasi bencana alam.

Berlanjut ke persidangan pada 2010, kasus ini akhirnya dihentikan pada 2011 karena tidak adanya bukti yang kuat. Selain itu, tuntutan dirasa tidak terlalu berhubungan dengan cerita yang ada di filmnya.

4. Avatar (2009)

5 Film Hollywood yang Dituntut karena Alasan Konyol, Pernah Tahu? poster Avatar (dok. 20th Century Fox/Avatar)

Meraih kesuksesan atas penayangannya, Avatar merupakan film garapan sutradara terkenal James Cameron. Mereka bahkan berhasil masuk dalam jajaran box office sebagai film paling laris sepanjang masa dan mendapat keuntungan lebih dari Rp40 triliun.

Sayangnya, banyak yang mengajukan gugatan kalau film ini melakukan plagiarisme, bahkan ada yang mengaku bahwa cerita Avatar diambil dari buku yang ditulisnya. Dari semua tuntutan yang masuk, tidak ada satu pun yang terbukti dan mereka hanya memanfaatkan popularitas Avatar saja.

5. Titanic (1997) 

5 Film Hollywood yang Dituntut karena Alasan Konyol, Pernah Tahu? Titanic (dok. Paramount Pictures/Titanic)

Titanic merupakan film dengan jumlah penonton terbanyak kedua sepanjang masa. Diangkat dari kisah nyata, tragedi kapal pesiar yang menewaskan banyak orang ini sering diputar di TV nasional, bahkan sampai sekarang. Dengan popularitasnya yang menggunung, mereka juga menerima tuntutan yang tak terduga.

Datang dari pria bernama Stephen Cummings. Ia mengklaim bahwa film Titanic mengambil kisah hidupnya, tepatnya melalui karakter Jack Dawson, dan mengajukan tuntutan pada 2017 lalu. Cummings juga mengklaim ia memiliki saudara yang selamat dari tragedi Titanic sungguhan.

Menuntut pihak studio uang kompensasi, tuntutan ini gak pernah ditanggapi karena tidak ada bukti konkret dari pernyataannya. Lagian, kenapa Cummings baru mengajukan tuntutan setelah filmnya rilis 2 dekade lebih?

Meski menuai popularitas tinggi, mereka juga mendapat tuntutan yang gak diduga-duga. Namun, ternyata ada juga yang menggunakan tuntutan tersebut untuk menggaet popularitas, lho. Mana yang kamu baru tahu soal tuntutan di atas, nih?

Baca Juga: 9 Seleb Hollywood yang Suarakan Pentingnya Kesehatan Mental 

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya