Comscore Tracker

Biaya Produksi Tinggi, 5 Film Hollywood Ini Malah Gak Balik Modal

Malah rugi bandar! #IDNTimesHype

Kesuksesan sebuah film memang kadang gak bisa ditebak. Ada yang ongkos produksinya rendah tapi malah meledak di pasaran, ada juga yang sudah modal besar tapi malah gak balik modal. Hal tersebut pastinya disebabkan oleh berbagai faktor.

Seperti 5 film Hollywood di bawah ini, dengan ongkos produksi yang tinggi ternyata gak mampu mengantarkan judul mereka untuk laris manis di pasaran. Malah rugi bandar, simak deh daftarnya!

 

1. Stealth (2005) 

https://www.youtube.com/embed/a2PW7a9ViDc

Film bertema militer yang dibintangi oleh Jamie Foxx dan Josh Lucas ini bergenre fiksi ilmiah. Gak main-main, Columbia Pictures mengeluarkan modal yang cukup besar yakni 135 juta dollar alias 1,9 triliun untuk pembuatannya. Sayang, Stealth gak berhasil balik modal meski dirilis di seluruh dunia dan hanya mendapatkan sebesar 79,3 juta dollar atau 1,1 triliun.

 

2. 47 Ronin (2013) 

https://www.youtube.com/embed/j8cKdDkkIYY

Dengan modal sebesar 175 juta dollar alias 2,4 triliun, 47 Ronin gagal balik modal. Bukan hanya itu, film yang dibintangi aktor ternama Keanu Reeves ini bahkan disebut sebagai film paling gagal sepanjang tahun 2013 versi Majalah Variety. Selama penayangannya, film ini hanya bisa mendapat keuntungan sebesar 151,8 juta dollar atau 2,1 triliun saja.

 

Baca Juga: 7 Film Hollywood yang Sisipkan Adegan Threesome, Dibintangi Artis Top

3. The Lone Ranger (2013) 

https://www.youtube.com/embed/8xv6NmOWw30

Dibintangi oleh bintang terkenal nyatanya gak bisa mengantarkan film ini untuk balik modal. The Longer Ranger yang dimainkan oleh Johnny Depp ini bermodal 400 juta dolar alias 5,6 triliun sedangkan hanya menghasilkan pendapatan sebesar 260 juta dollar atau 3,6 triliun.

Meski Walt Disney Pictures mengungkapkan kekecewaan karena kerugian tersebut, film ini berhasil masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Visual Effects dan Best Makeup and Hairstyling.

 

4. King Arthur: Legend of the Sword (2017) 

https://www.youtube.com/embed/jIM4-HLtUM0

Budget produksi film yang sebesar 175 juta dollar alias 2,4 trilliun, King Arthur: Legend of the Sword hanya mendapatkan penghasilan sebesar 148,7 juta dollar atau 2 triliun saja. Padahal, film ini merupakan seri pertama dari waralaba terbaru Warner Bros yang akan memiliki enam film.

 

5. Mortal Engines (2018) 

https://www.youtube.com/embed/IRsFc2gguEg

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Philip Reeve, film ini hanya mampu mendapatkan penghasilan sebesar 83,7 juta dollar alias 1,1 triliun dari modal produksi yang sebanyak 150 juta dollar atau 2,1 triliun. Hal ini membuat Mortal Engines menjadi film Hollywood paling merugi sepanjang sejarah, setidaknya sampai artikel ini ditulis.

Itu dia tadi film Hollywood dengan ongkos produksi besar tapi malah gak balik modal. Kalau menurut kamu sendiri, kenapa sih film di atas ini kurang diminati?

 

Baca Juga: 5 Aktor Hollywood Ini Mengaku Suka Beradegan Seks di Film

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya