Comscore Tracker

10 Film Indonesia yang Tayang di Aplikasi Streaming karena Pandemik

[INFOGRAFIS] Lebih suka nonton di bioskop atau streaming?

Pandemik memang membawa pengaruh besar dalam berbagai sektor kehidupan. Hiburan mudah yang biasanya bisa kamu dapatkan dengan menonton bioskop kini sudah tidak bisa dilakukan lagi. Hal ini juga berimbas pada film-film yang tadinya sangat dinantikan, terpaksa ditunda atau bahkan batal tayang.

Pandemik pula yang menyebabkan berbagai rumah produksi berbondong-bondong menyasar sarana streaming online untuk memasarkan karyanya. Film-film terkenal yang tadinya ditunda juga mulai tayang di berbagai platform online yang tersedia 24 jam dan bisa dinikmati di rumah.

Mau gak mau, keadaan seperti ini memaksa setiap orang untuk beradaptasi. Pekerja seni tetap butuh bekerja, dan penonton juga meronta untuk dihibur. Netflix, Disney+ Hotstar, Vidio, Ifix, dan berbagai platform lain jadi sasaran pelipur kebosanan.

Berikut ini daftar 10 film Indonesia yang tayang di aplikasi streaming selama pandemik. Judul di bawah ini merupakan film yang tadinya ditunda, namun kemudian tayang online, serta ada juga film produksi baru yang bisa kamu nikmati di rumah.

1. Benyamin Biang Kerok 2

https://www.youtube.com/embed/8eEyzjKX5q0

Sekuel film Benyamin Biang Kerok yang diperankan oleh Reza Rahadian ini tayang pada 18 September 2020 di Disney+ Hotstar. Film karya Hanung Bramantyo tersebut pertama kali tayang pada tahun 2018 dan diperankan oleh berbagai bintang ternama seperti Delia Husein, Rano Karno, Meriam Bellina, Lydia Kandou dan Aci Resti.

2. Mudik

https://www.youtube.com/embed/M6SscWtGNCQ

Film yang diperankan oleh Asmara Abigail ini tayang pada 28 Agustus 2020 di platform streaming online Mola TV. Film tersebut merupakan besutan Lifelike Pictures yang berisikan berbagai bintang ternama di dalamnya seperti Putri Ayudya dan Ibnu Jamil.

3. Guru Guru Gokil

https://www.youtube.com/embed/Z7kRxHxJ4dQ

Film yang diperankan oleh Gading Marten, Dian Sastrowardoyo, Faradina Mufti, dan Boris Bokir ini tayang di Netflix mulai tanggal 17 Agustus 2020 lalu. Film komedi drama besutan BASE Entertainment tersebut bukan hanya tayang di Indonesia tapi juga di 190 negara lainnya lengkap dengan subtitle Bahasa Inggris, Thailand, Jepang, Korea, Spanyol, dan Prancis.

4. Story of Kale

https://www.youtube.com/embed/yx2SNC9VqLo

Merupakan spin-off dari film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, Story of Kale berfokus pada kehidupan Kale, yang hanya muncul sedikit di NKCTHI. Film ini tayang di Bioskop Online yang diperankan oleh Ardhito Pramono, Aurelie, Arya Saloka, Tanta Ginting, dan Roy Sungkono. Visinema Pictures meluncurkan film ini pada 23 Oktober 2020 lalu.

5. Sejuta Sayang Untuknya

https://www.youtube.com/embed/J3a2xqvDUnQ

Film drama dari MD Pictures yang disutradarai oleh Herwin Novianto ini tayang mulai 23 Oktober 2020 di Disney+ Hotstar. Sejuta Sayang Untuknya diperankan oleh Syifa Hadju, Umay Shahab, Tya Subaktio dan Deddy Mizwar.

Baca Juga: Segera Comeback Film, Ini 10 Film Terbaik Nicholas Saputra

6. Sabar Ini Ujian

https://www.youtube.com/embed/AuwTX6pw1z8

Terkenal dalam berbagai film horornya, Anggy Umbara mengeluarkan film komedi fantasi yang diproduksi oleh MD Pictures, Sabar Ini Ujian. Film ini diperankan oleh Vino Bastian, Luna Maya, Omesh, Estelle Linden, dan Anya Geraldine serta tayang pada 5 September 2020 di Disney+ Hotstar.

7. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

https://www.youtube.com/embed/I2RPo_szXDs

Merupakan film adaptasi dari novel best seller karya penulis Boy Chandra, Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi merupakan film produksi IFI Sinema dan Screenplay Films. Disutradarai oleh Lasja F. Susantyo, film ini tayang pada 15 Oktober 2020 di Netflix dan diperankan oleh Jefri Nichol, Aurora Ribero, Axel Matthew Thomas, dan Nadya Arina.

8. Pelukis Hantu

https://www.youtube.com/embed/r_mCg_ZAyAw

Diproduksi sejak awal Februari 2020, Pelukis Hantu merupakan film MD Pictures yang tayang di Disney+ Hotstar pada 16 Oktober 2020. Film ini merupakan debutan Arie Kriting sebagai sutradara yang diperankan oleh Michelle Ziudith, Ge Pamungkas, Abdur Arsyad, dan Rebecca Klopper.

9. Bucin

https://www.youtube.com/embed/xSdAC9WSJ5s

Bucin alias Budak Cinta merupakan film yang disutradarai sekaligus diperankan oleh Chandra Liow dan tayang di Netflix pada 26 Maret 2020. Film ini diproduksi oleh Rapi Films dan diperankan oleh berbagai bintang muda lainnya seperti Andovi, Jovial Da Lopez, Tommy Limm, Susan Sameh dan Andhika Triyadi.

10. Di Bawah Umur

https://www.youtube.com/embed/duwMeUDAfvo

Setelah sukses dalam film Dua Garis Biru, Angga Yunanda kembali membintangi film dengan tema drama remaja yakni Di Bawah Umur. Kali ini Angga beradu peran dengan Yoriko Angeline yang cerita utamanya diangkat dari novel karya Erisca Febriani. Film ini tayang di Disney+ Hotstar pada 13 November 2020 dan disutradarai oleh Emil Heradi.

10 Film Indonesia yang Tayang di Aplikasi Streaming karena PandemikIDN Times/Sukma Shakti

Menonton film dari platform online tentu gak bisa disamakan sensasinya dengan di bioskop yang dilengkapi berbagai fasilitas. Tapi, menonton di rumah juga memiliki berbagai keuntungan seperti bisa menyaksikan berulang kali dengan satu kali pembayaran saja. Dari segala plus minus yang ada, keadaan seperti ini suka gak suka membuat kita semua beradaptasi. Kalau kamu sendiri, sejak ada platform nonton online ini merasa lebih rajin nonton atau justru malas? Share pengalamanmu di kolom komentar, deh!

Baca Juga: 5 Artis Indonesia Pengisi Suara Film Disney, Yuki Kato Jadi Mulan

Topic:

  • Stella Azasya
  • Erina Wardoyo
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya