Comscore Tracker

Review Film Rumput Tetangga, Enaknya Jadi Diri Sendiri Tanpa Iri 

#ReviewFilm Pesannya dapat banget!

Film drama keluarga kembali hadir di bioskop untuk menghiburmu. Kali ini karya Guntur Soeharjanto yang tayang mulai 18 April lalu. Diperankan oleh sejumlah artis senior seperti Titi Kamal, Donita, Gading Marten dan Asri Welas, film berdurasi 104 menit ini layak mengisi waktu luangmu.

Biar kamu dapat gambarannya, berikut review film Rumput Tetangga yang sudah IDN Times rangkum. Gak ada spoiler, kok!

1. Kirana dan kehidupan rumah tangganya yang bahagia

Review Film Rumput Tetangga, Enaknya Jadi Diri Sendiri Tanpa Iri Instagram.com/film_rumputtetangga

Kirana (Titi Kamal) menikah dengan Ben (Raffi Ahmad) dan dikaruniai dua orang buah hati bernama Rega dan Windy. Mereka berempat hidup bahagia meski Ben yang hanya bekerja sebagai sales mobil. Kirana yang dulunya merupakan pelajar cerdas dan berprestasi di sekolahnya rela tidak berkarier dan memilih jadi Ibu Rumah Tangga. Dia percaya pada Ben bahwa suaminya itu bisa menghidupi mereka sekeluarga.

2. Diana, teman SMA Kirana yang merupakan PR Consultant terkenal

Review Film Rumput Tetangga, Enaknya Jadi Diri Sendiri Tanpa Iri Instagram.com/film_rumputtetangga

Tidak menjalani kehidupan yang sama, sahabat Kirana, Diana (Donita) menjadi wanita karier sukses yang sudah menjadi CEO sebuah agensi PR Consultant terkenal di Jakarta. Dirinya hidup dengan kemewahan dan percaya diri yang maksimal karena pencapaian di usia yang masih muda. Pekerjaan tersebut membuat Diana tidak juga menemukan pasangan hidup. Jangankan menikah, memiliki kehidupan pribadi saja jarang karena terlalu sibuk.

3. Kirana dan rasa mindernya karena ‘hanya’ menjadi Ibu Rumah Tangga

Review Film Rumput Tetangga, Enaknya Jadi Diri Sendiri Tanpa Iri Instagram.com/film_rumputtetangga

Kehidupan Diana membuat Kirana berkaca pada dirinya sekarang. Dia sama sekali tidak memiliki karier dan menghabiskan semua waktunya untuk mengurus suami dan anak. Ketika Diana meraih puncak tertinggi karier, dirinya terjebak dalam kehidupan rumah tangga yang menurutnya tidak bisa dibanggakan. Makin lama, Kirana mulai minder tentang statusnya sebagai Ibu Rumah Tangga.

Baca Juga: Review Film Horor Sunyi, Bully di Sekolah yang Berujung Kematian

4. Reuni SMA dan mimpi Kirana yang terwujud

Review Film Rumput Tetangga, Enaknya Jadi Diri Sendiri Tanpa Iri Instagram.com/film_rumputtetangga

Untuk pertama kalinya, akhirnya Kirana memilih untuk datang ke reuni SMA-nya. Di sana, bukan hanya bertemu dengan teman-temannya dulu, Kirana juga dapat jackpot karena berhasil mewujudkan impiannya selama ini. Kehidupan yang selama ini dia idamkan dan belum pernah dirasakannya, jadi kenyataan.

5. Harga yang harus dibayar

Review Film Rumput Tetangga, Enaknya Jadi Diri Sendiri Tanpa Iri Instagram.com/film_rumputtetangga

Setiap mimpi butuh usaha, setiap keinginan pasti butuh harga yang harus dibayar. Begitu juga dengan Kirana yang sudah mendapatkan mimpinya sebagai wanita karier. Harus ada risiko yang ditanggungnya untuk menebus kesuksesan yang dia dapatkan.

https://www.youtube.com/embed/M_6OwiVtpRM

Secara keseluruhan cerita, Rumput Tetangga merupakan gambaran film keluarga yang manis dan menggugah hati. Pesan tentang selalu bersyukur dan bangga pada diri sendiri bisa diterima dengan baik oleh penonton. Ide ceritanya juga tidak biasa dan bisa divisualisasikan dengan baik melalui pemilihan pemain yang pas. Setelah menontonnya, kamu bakal tahu bahwa hidup yang kamu hidupi sekarang itu jauh lebih enak dari hidup siapapun yang kamu inginkan.

Beberapa karakter seperti Asri Welas dan Gading Marten selalu bisa diandalkan. Kirana Larasati juga cukup menghibur karena peran polosnya. Tak perlu ditanya, Donita dan Titi Kamal rasanya memang sudah merajai dunia film romansa sehingga bisa melakukan tugasnya dengan baik. Salut untuk pasnya sutradara memilih pemain yang setara dengan karakter filmnya.

Rumput Tetangga merupakan film yang bisa ditonton siapa saja. Fantasinya yang tidak berlebihan membuatnya sangat relatable untuk kehidupan zaman sekarang. Konflik yang dibangun juga pas dan klimaksnya dapet. Film ini juga mematahkan stereotip tentang pekerjaan Ibu Rumah Tangga yang dianggap orang ‘tidak bekerja’. Sinematografi rapi, skoring dan pemain yang oke, Rumput Tetangga mendapat skor 3/5 dari IDN Times.

Baca Juga: Review Film Mantan Manten, Sisi Lain Wanita Karier yang Kental Budaya

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya