Comscore Tracker

[EKSKLUSIF] 6 Cerita SuperM Di Balik Rilis Album Super One

Sudah dengerin semua lagu #SuperM #WaktunyaKorea

Grup KPop SuperM telah merilis album studio perdana berjudul Super One pada Jumat (25/9/2020) pukul 11.00 WIB. Album Super One dirilis bersamaan dengan peluncuran video musik One (Monster & Infinity). 

Sebelum dirilis, SuperM yang beranggotakan tujuh orang yakni Baekhyun, Kai, Taemin, Lucas, Ten, Taeyong, dan Mark menghadiri konferensi pers global secara daring yang juga diikuti IDN Times pada Jumat (25/9/2020).

Simak keterangan lengkap dari ketujuh member SuperM berikut ini mengenai album Super One.

1. Genre lagu di album Super One bervariasi

[EKSKLUSIF] 6 Cerita SuperM Di Balik Rilis Album Super OneInstagram.com/superm

Leader SuperM, Baekhyun, mengungkapkan album Super One berisi 15 lagu yang terdiri dari berbagai genre dari tropical house ala musim panas, slow jam, breakbeat, hiphop, balada hingga reggae. 

"Album ini menunjukkan kemampuan SuperM dalam membawakan lagu dari genre musik yang bermacam-macam. Kami telah mempersiapkan ini, dan kami berharap kalian menyukainya," tutur Baekhyun.

Baekhyun juga bilang, kalau album Super One berisi 15 lagu termasuk lagu prarilis berjudul 100, Tiger Inside, One, dan satu unreleased track yang telah ditunggu-tunggu penggemar.

2. Pesan SuperM lewat album Super One

[EKSKLUSIF] 6 Cerita SuperM Di Balik Rilis Album Super OneInstagram.com/superm

Menurut Kai, setiap lagu dalam album Super One memberikan pesan positif. Apa pesannya?

"Kita semua adalah makhluk hidup yang "Super", dan setiap dari "One" (kita, red) memiliki kekuatan masing-masing. Jadi, mari mengatasi kesulitan yang kita alami dengan menyatukan kekuatan kita," ajak Kai.

Penyanyi bernama lengkap Kim Jongin ini berharap, lagu-lagu SuperM dapat memberikan kekuatan dan energi bagi masalah yang dihadapi dunia saat ini.

Menambahkan pernyataan Kai, Mark mengajak penggemar untuk tetap bersemangat ketika mendengarkan lagu Together At Home. Lagu tersebut ditulisnya bersama Taeyong.

3. One adalah campuran dua lagu. Apa saja?

[EKSKLUSIF] 6 Cerita SuperM Di Balik Rilis Album Super OneInstagram.com/superm

Dua lagu b-side berjudul Monster dan Infinity digabung menjadi satu lagu andalan berjudul One. Menurut Taemin, lagu ini menunjukkan kekuatan para member SuperM. Tapi, masing-masing dari lagu Monster dan Infinity juga enak didengar.

"Jadi, mohon dengarkan secara terpisah dan bandingkan dengan One. Aku yakin ini dapat memberi pengalaman yang menyenangkan ketika mendengarkan album ini," harap Taemin yang baru saja merilis album solo Never Gonna Dance Again: Act 1 pada 7 September lalu.

Baca Juga: Rilis Lagu Bahasa Inggris, Ini Lirik SuperM - One (Monster & Infinity)

4. One digarap dengan effort khusus. Apa itu?

[EKSKLUSIF] 6 Cerita SuperM Di Balik Rilis Album Super OneInstagram.com/superm

Ada yang unik dari lagu One. Ternyata, One adalah lagu pertama yang digarap sejumlah komposer dari berbagai negara lewat kamp daring oleh SM Entertainment. Sejumlah produser yang terlibat di antaranya berasal dari Swedia, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan. Produser lagu asal Swedia, Moonshine, menuturkan cerita di balik pembuatan lagu ini.

"Persoalan terbesarnya adalah kami tidak dapat menindih dua lagu. Jadi, SM Entertainment memberikan saran dan kami menyepakatinya. Kami menggabungkan bagian-bagian lagu Monster dan Infinity. Transisi inilah yang paling sulit misal dari pre chorus menuju chorus," tutur tim Moonshine.

Mereka pun mengatakan, lagu One akhirnya tercipta setelah proses dan diskusi yang panjang agar terdengar mulus.

5. Makna di balik lagu Monster dan Infinity

[EKSKLUSIF] 6 Cerita SuperM Di Balik Rilis Album Super OneInstagram.com/superm

Lagu hibrida One memang terasa mulus didengar. Tapi, bila didengarkan terpisah, musik kedua lagu tersebut sebenarnya kontras. Hal ini diakui sendiri oleh Taeyong. Rapper bernama lengkap Lee Taeyong itu mengatakan, Infinity terdengar lebih riang daripada Monster. 

Selain itu, kedua lagu ini memiliki pesan berbeda. Lucas mengatakan, Monster adalah wujud SuperM yang gigih dan berhasil mengatasi kesulitan. Taeyong menambahkan pernyataan Lucas, menerangkan bahwa Infinity mencerminkan wujud dan ambisi SuperM yang tak terbatas.

6. SuperM berkolaborasi dengan Marvel?

SuperM berkolaborasi dengan studio Marvel untuk membuat produk merkandis resmi. Merkandis ini terbilang unik karena menggabungkan member SuperM dengan karakter pahlawan super di film-film Marvel. Produk kolaborasi ini segera dirilis agar fans KPop dan Marvel selangkah lebih dekat mengenal SuperM.

Menanggapi duet SuperM dan Marvel, Mark yang berasal dari Kanada mengaku gembira dengan kolaborasi ini. "Kami semua sebenarnya adalah penggemar berat film-film Marvel jadi kami merasa gembira dengan kesempatan kolaborasi kali ini. Secara pribadi, aku merasa ini sangat menarik," tutur Mark.

Itulah pernyataan yang disampaikan para member SuperM bertepatan dengan peluncuran album Super One. So, kamu udah dengerin lagu-lagu SuperM yang baru belum? 

Baca Juga: 9 Pesona SuperM yang Memanjakan Mata Jelang Rilis Album Super One

Defrina Sukma Photo Verified Writer Defrina Sukma

masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya