Comscore Tracker

5 Fakta Manga Haikyuu!! Komik Olahraga yang Akhirnya Tamat Tahun Ini

Manga olahraga terbaik sedekade terakhir!

Di tahun 2020 ini tercatat ada beberapa manga bagus yang akhirnya tamat. Setelah Kimetsu no Yaiba dan The Promised Neverland, manga olahraga Haikyuu!! pun resmi tamat setelah lebih dari delapan tahun serialisasi (manga Haikyuu!! tamat di chapter 402).

Untuk menghargai dan menghormati manga inspiratif ini, penulis sudah merangkum 5 fakta manga Haikyuu!!. Simak dengan saksama fakta-fakta di bawah ini!

1. Informasi dasar tentang manga Haikyuu!!

5 Fakta Manga Haikyuu!! Komik Olahraga yang Akhirnya Tamat Tahun Inimangaplus.shueisha.co.jp

Manga Haikyuu!! dimuat di majalah manga mingguan Weekly Shonen Jump, majalah manga terbitan perusahaan Shueisha. Weekly Shonen Jump sendiri memang dikenal sebagai majalah manga terbaik dan paling digemari, Weekly Shonen Jump adalah majalah manga tempat diserialisasikannya manga Naruto, One Piece, Dragon Ball, Kimetsu no Yaiba, My Hero Academia, The Promised Neverland, dan Dr. Stone.

Manga Haikyuu!! ditulis dan diilustrasikan oleh Haruichi Furudate, serta pertama kali diserialisasikan majalah Weekly Shonen Jump tanggal 20 Februari 2012.

Haikyuu!! menceritakan tentang Hinata Shouyou seorang pemuda yang walaupun tubuhnya pendek, namun dia tidak menyerah mewujudkan cita-citanya menjadi pemain voli seperti idolanya, raksasa kecil.

2. Haikyuu!! adalah anime dan manga olahraga terbaik sedekade terakhir

5 Fakta Manga Haikyuu!! Komik Olahraga yang Akhirnya Tamat Tahun Inihaikyu.jp

Di rentang tahun 2012 hingga saat ini, Haikyuu!! adalah anime dan manga olahraga terbaik. Haikyuu!! bahkan diklaim sebagai anime dan manga olahraga terbaik sepanjang masa, mengalahkan Slam Dunk dan Ashita no Joe.

Hal tersebut tentu saja masuk akal mengingat Haikyuu!! memiliki kualitas cerita yang luar biasa. Kualitas Haikyuu!! sendiri bisa dibilang lebih bagus daripada Naruto, Attack on Titan, My Hero Academia, Kimetsu no Yaiba, dan The Promised Neverland.

3. Kesuksesan adaptasi anime Haikyuu!!

5 Fakta Manga Haikyuu!! Komik Olahraga yang Akhirnya Tamat Tahun Inithemagicrain.com

Anime Haikyuu!! termasuk ke dalam jajaran anime terbaik yang pernah dibuat. Di setiap musim penayangannya, anime Haikyuu!! selalu berhasil meraih kesuksesan besar. Haikyuu!! S3 (Haikyuu!! Karasuno High VS Shiratorizawa Academy) adalah musim penayangan terbaik dan paling sukses anime Haikyuu!! sejauh ini.

Musim pertama anime Haikyuu!! tayang perdana tanggal 6 April 2014 dan berakhir tanggal 21 September 2014 (spring 2014-summer 2014).

Sedikit informasi, jadwal penayangan anime Haikyuu!! To the Top S2 (Haikyuu!! S4 Part 2) yang seharusnya awal bulan Juli 2020 (summer 2020) diundur menjadi awal bulan Oktober 2020 (fall 2020), hal tersebut disebabkan pandemi COVID-19 yang mempengaruhi proses produksi dan distribusi anime.

Baca Juga: 8 Anime Bertema Olahraga Ini Pernah Menemani Masa Kecilmu

4. Adaptasi game dan teater Haikyuu!!

5 Fakta Manga Haikyuu!! Komik Olahraga yang Akhirnya Tamat Tahun Inisgcafe.com

Tidak hanya mempunyai adaptasi anime, Haikyuu!! juga mempunyai adaptasi game dan teater (stage play).

Haikyuu!! sampai saat ini sudah diadaptasi menjadi satu permainan trading card dan tiga video game. Trading card Haikyuu!! bernama Haikyū!! Volleyball Card Game, permainan kartu ini sudah dapat dimainkan di Indonesia. Tiga adaptasi video game Haikyuu!! adalah Haikyū!! Tsunage! Itadaki no Keshiki!! (Nintendo 3DS khusus Jepang), Haikyū!! Cross Team Match! (Nintendo 3DS khusus Jepang), dan Haikyū!! Donpisha Match!! (Android dan iOS khusus Jepang, tapi sekarang sudah diberhentikan).

Adaptasi teater (stage play) Haikyuu!! bernama Hyper Projection Engeki: Haikyu!!, seri teater ini pertama kali dipertunjukkan tahun 2015 dan sekarang sudah memiliki sembilan cerita untuk teaternya, cerita terbarunya adalah pertandingan Karasuno VS Inarizaki.

5. Meskipun berkualitas, ternyata Haikyuu!! memiliki popularitas yang tergolong biasa

5 Fakta Manga Haikyuu!! Komik Olahraga yang Akhirnya Tamat Tahun Iniaminoapps.com

Sebenarnya hal ini bukan hanya berlaku kepada Haikyuu!!, pada kenyataannya semua anime dan manga olahraga pasti mempunyai popularitas yang tidak terlalu tinggi. Walaupun cerita Haikyuu!! sangat bagus dan inspiratif, banyak orang yang masih beranggapan genre olahraga tidak lebih seru dari genre action dan super power.

Ditambah lagi, Haikyuu!! adalah anime dan manga olahraga realistis. Semua kemampuan bermain bola voli di Haikyuu!! berdasarkan kenyataan, di Haikyuu!! tidak ada namanya kemampuan di luar nalar seperti halnya di anime dan manga Kuroko no Basket, Eyeshield 21, dan Captain Tsubasa.

Itulah, 5 fakta manga Haikyuu!!. Terima kasih Haruichi Furudate untuk manga olahraga yang sangat menginspirasi dan menghibur ini!

Baca Juga: 5 Anime Adaptasi Manga Paling Digemari Sekarang, Apa Saja?

SYH Network Photo Verified Writer SYH Network

Asian Muslim Influencer. Focus on Anime & Manga, Movies & TV Series, and Geek Culture. Fan of Duniaku.com (https://duniaku.idntimes.com). | Instagram: @iamsyh42991 | Twitter: @SultanYardhi | YouTube: SYH Network |

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya