Comscore Tracker

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaik

Seram sekaligus ceritanya berkualitas! #IDNTimesHype

Genre horor atau genre menakutkan, mengerikan, atau menyeramkan memang sangat digemari banyak kalangan. Di dunia anime dan manga sendiri, ada banyak sekali anime dan manga horor yang punya cerita bagus sekaligus menakutkan.

Pada artikel kali ini penulis hanya membuat daftar 10 manga (dan manhwa) horor terbaik. Silahkan simak daftar di bawah ini! Mungkin akan ada manga dan manhwa yang bakal menarik perhatian kamu!

1. Berserk

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikzerochan.net

Berserk adalah manga terbaik saat ini. Manga yang secara keseluruhan bergenre seinen, action, adventure, demons, drama, fantasy, horror, supernatural, military, psychological ini ditulis dan diilustrasikan oleh Kentarou Miura, serta pertama kali diserialisasikan tanggal 25 Agustus 1989. Sampai saat ini manga Berserk belum tamat dan sering hiatus panjang.

Sinopsis Berserk:

Guts, mantan tentara bayaran yang sekarang dikenal sebagai "Pendekar Hitam," keluar untuk membalas dendam. Setelah masa kanak-kanak yang penuh gejolak, dia akhirnya menemukan seseorang yang dia hormati dan percaya bahwa dia dapat dipercaya, hanya untuk membuat semuanya berantakan ketika orang ini mengambil semua yang penting bagi Guts untuk memenuhi keinginannya sendiri. Sekarang ditandai untuk kematian, Guts menjadi dikutuk ke takdir dimana dia tanpa henti dikejar oleh makhluk iblis.

Memulai pencarian mengerikan yang penuh dengan kemalangan, Guts, dipersenjatai dengan pedang besar dan kekuatan mengerikan, tidak akan membiarkan apapun menghentikannya, bahkan kematian itu sendiri, sampai dia akhirnya mampu mengambil kepala orang yang melucutinya — dan orang yang dicintainya — kemanusiaan mereka. [Sumber: MAL Rewrite]

2. JoJo's Bizarre Adventure Part 7: Steel Ball Run (JoJo no Kimyou na Bouken Part 7: Steel Ball Run)

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikcultture.com

JoJo's Bizarre Adventure Part 7: Steel Ball Run adalah seri manga terbaik dari semesta manga JoJo's Bizarre Adventure (serangkaian manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hirohiko Araki). Dibandingkan dengan manga JoJo's Bizarre Adventure lainnya, JoJo's Bizarre Adventure Part 7: Steel Ball Run punya kesan horor lebih kuat.

Sinopsis JoJo's Bizarre Adventure Part 7: Steel Ball Run:

Di American Old West, perlombaan terhebat di dunia akan segera dimulai. Ribuan orang berbaris di San Diego untuk melakukan perjalanan lebih dari enam ribu kilometer untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah utama sebesar lima puluh juta dolar. Dengan era kuda yang sudah mencapai puncaknya, kontestan diperbolehkan menggunakan kendaraan apapun yang mereka inginkan. Pesaing harus menanggung kondisi yang melelahkan, menempuh perjalanan hingga seratus kilometer sehari melalui tanah terlantar yang belum dipetakan. Steel Ball Run benar-benar merupakan acara yang unik.

Johnny Joestar yang masih muda, mantan pembalap kuda yang lumpuh, telah datang ke San Diego untuk menyaksikan awal balapan. Di sana dia bertemu Gyro Zeppeli, seorang pembalap dengan dua bola baja di pinggangnya, bukan pistol. Johnny menyaksikan Gyro menggunakan salah satu bola bajanya untuk melepaskan kekuatan luar biasa, memaksa seorang pria untuk menembakkan pistolnya ke dirinya sendiri selama duel. Di tengah-tengah aksi, Johnny kebetulan menyentuh bola baja dan merasakan kekuatan melonjak di kakinya, memungkinkan dia untuk berdiri untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Bersumpah untuk menemukan rahasia bola baja, Johnny memutuskan untuk bersaing dalam perlombaan, dan memulai petualangan anehnya di seluruh Amerika di Steel Ball Run. [Sumber: MAL Rewrite]

Fakta unik, JoJo's Bizarre Adventure Part 7: Steel Ball Run sebenarnya pertama kali diserialisasikan di majalah Weekly Shonen Jump dengan nama Steel Ball Run dan tidak direncanakan sebagai sekuel JoJo's Bizarre Adventure (itulah kenapa JoJo's Bizarre Adventure Part 7: Steel Ball Run lebih terkesan sebagai semesta alternatif JoJo's Bizarre Adventure Part 1: Phantom Blood).

Namun kemudian, serialisasi manga JoJo's Bizarre Adventure Part 7: Steel Ball Run dipindah ke majalah Ultra Jump (majalah untuk demografi seinen atau pria dewasa) dan diumumkan sebagai sekuel JoJo's Bizarre Adventure Part 6: Stone Ocean.

3. Attack on Titan (Shingeki no Kyojin)

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikkodanshacomics.com

Berbeda dengan animenya, manga Attack on Titan ternyata bergenre horor. Perbedaan ini dikarenakan banyak adegan atau scene mengerikan dari manga Attack on Titan yang sengaja tidak ditampilkan di animenya.

Bagi kamu yang belum tahu, Attack on Titan adalah manga action, mystery, fantasy, horror, super power yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hajime Isayama, serta pertama kali dimuat di majalah Bessatsu Shonen Magazine tanggal 9 september 2009.

Sinopsis Attack on Titan:

Ratusan tahun yang lalu, makhluk mengerikan yang menyerupai manusia muncul. Raksasa yang menjulang tinggi dan tidak berakal, yang disebut "Titan", terbukti menjadi ancaman eksistensial, karena mereka memangsa manusia apapun yang dapat mereka temukan untuk memuaskan nafsu makan yang tampaknya tak pernah berakhir. Tidak dapat secara efektif memerangi para Titan, umat manusia terpaksa membarikade diri mereka sendiri di dalam tembok besar yang mengelilingi apa yang mungkin menjadi tempat perlindungan terakhir umat manusia di dunia.

Saat ini, kehidupan di dalam tembok akhirnya menemukan kedamaian, karena penduduk tidak berurusan dengan Titan selama bertahun-tahun. Eren Yeager, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert adalah tiga anak kecil yang bermimpi mengalami semua yang ditawarkan dunia, tumbuh besar dengan mendengar cerita tentang keajaiban di balik tembok. Tetapi ketika keadaan ketenangan tiba-tiba dihancurkan oleh serangan Titan setinggi 60 meter, mereka dengan cepat mengetahui betapa kejamnya dunia ini. Pada hari itu, Eren berjanji kepada dirinya sendiri bahwa dia akan melakukan apapun untuk membasmi setiap Titan dari muka Bumi, dengan harapan suatu hari nanti, umat manusia sekali lagi akan dapat hidup di luar tembok tanpa rasa takut. [Sumber: MAL Rewrite]

4. Dorohedoro

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikcbr.com

Manga Dorohedoro mengusung kombinasi genre serupa JoJo's Bizarre Adventure, manga ini mengkombinasikan cukup banyak genre, mulai dari seinen, action, adventure, comedy, fantasy, horror, mystery.

Manga Dorohedoro ditulis dan diilustrasikan oleh Q Hayashida, serta pertama kali diserialisasikan tanggal 30 November 2000. Saat ini manga Dorohedoro sudah berstatus tamat.

Sinopsis Dorohedoro:

Di kota yang begitu suram hingga hanya dikenal sebagai "Hole (Lubang)", klan Penyihir telah menarik orang-orang dari jalanan untuk digunakan sebagai kelinci percobaan untuk "eksperimen" mengerikan dalam seni hitam. Di gang gelap, Nikaido menemukan Caiman, seorang pria dengan kepala reptil dan kasus amnesia yang buruk. Untuk membatalkan mantranya, mereka berburu dan membunuh Penyihir di Hole, berharap pada akhirnya mereka akan membunuh yang benar. Tetapi ketika En, kepala Penyihir, mendapat kabar tentang seorang pria kadal yang membantai bangsanya, dia mengirim kru "pembersih" ke dalam Hole, memicu perang antara dua dunia. [Sumber: Viz Media]

5. Bastard (Hulejasig)

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikaminoapps.com

Manhwa (komik Korea) Bastard adalah salah satu manhwa terbaik saat ini, bahkan Bastard merupakan manhwa horor terbaik saat ini. Manhwa Bastard ditulis oleh Carnby Kim dan diilustrasikan oleh Young-Chan Hwang, serta di-publish dalam bentuk webtoon di Naver Webtoon (LINE Webtoon) tanggal 4 Juli 2014.

Sinopsis Bastard:

Tidak ada tempat dimana Seon Jin bisa menemukan penghiburan. Di sekolah, dia diintimidasi dengan kejam karena sifatnya yang sangat pendiam dan penampilannya yang lemah. Namun, ini bukanlah sumber teror Jin yang tidak dapat diatasi: hal yang paling dia takuti adalah ayahnya sendiri.

Bagi kebanyakan orang, ayah Jin adalah pengusaha sukses, orang yang suka membantu orang kesusahan, dan orang tua yang penyayang. Tapi itu hanyalah fasad; sebenarnya, dia adalah pembunuh berantai yang gila — dan Jin adalah kaki tangannya yang enggan. Selama bertahun-tahun, mereka telah melakukan tipu muslihat ini dengan polisi yang tidak bijak. Namun, ketika ayahnya tertarik pada murid pindahan cantik Yoon Kyun, Jin harus membuat keputusan — menjadi pengecut yang mengirim Yoon Kyun ke tiang gantungan seperti yang lainnya, atau menjadi bajingan dari anak yang menentang orangtuanya yang jahat. [Sumber: MAL Rewrite]

Baca Juga: 5 Perbedaan antara Anime dan Manhwa 'Tower of God'

6. Tokyo Ghoul dan Tokyo Ghoul:re

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikzerochan.net

Nama Tokyo Ghoul pastinya sudah sering kamu dengar! Kualitas manga horor Tokyo Ghoul memang tidak perlu diragukan lagi, sayangnya adaptasi anime Tokyo Ghoul itu kualitasnya biasa saja bahkan cenderung mengecewakan (anime Tokyo Ghoul banyak memotong adegan penting dan terlalu berlebihan dalam mensensor adegan).

Manga Tokyo Ghoul terdiri dari dua rangkaian cerita, Tokyo Ghoul (2011-2014) dan Tokyo Ghoul:re (2014-2018). Manga Tokyo Ghoul ditulis dan diilustrasikan oleh Sui Ishida, serta diserialisasikan di majalah Young Jump (majalah Jump untuk demografi seinen atau pria dewasa).

Sinopsis Tokyo Ghoul:

Ken Kaneki yang pemalu sangat senang bisa berkencan dengan Rize yang cantik. Tapi ternyata Rize hanya tertarik pada tubuhnya — yaitu, memakannya. Ketika penyelamatan yang dipertanyakan secara moral mengubahnya menjadi hibrida setengah manusia setengah Ghoul pertama, Ken ditarik ke dalam dunia Ghoul yang gelap dan penuh kekerasan, yang ada bersama dunia kita. [Sumber: Viz Media]

7. Chainsaw Man

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikviz.com

Chainsaw Man adalah manga shounen, action, adventure, demons yang ditulis dan diilustrasikan oleh Tatsuki Fujimoto, serta pertama kali dimuat di majalah Weekly Shonen Jump tanggal 3 Desember 2018. Manga Chainsaw Man tamat tanggal 14 Desember 2020 dengan total 97 chapter dan 11 volume.

Sinopsis Chainsaw Man:

Nama mengatakan semuanya! Kehidupan kemiskinan Denji berubah selamanya ketika ia bergabung dengan anjing gergaji mesin peliharaannya, Pochita! Sekarang dia tinggal di kota besar sebagai pemburu iblis resmi. Tapi dia harus banyak belajar tentang pekerjaan barunya dan kekuatan gergaji mesinnya. [Sumber: MANGA Plus]

Sedikit informasi, manga Chainsaw Man akan dibuat sekuel ceritanya yang direncanakan bertajuk Chainsaw Man Part 2: School Arc (Chainsaw Man Part 2: Gakkou-hen) dan diserialisasikan di website manga Shonen Jump+.

8. Sweet Home

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikdrunkenanimeblog.com

Ditulis oleh Carnby Kim dan diilustrasikan oleh Young-Chan Hwang, duo manhwaga (kreator manhwa) Bastard membuat manhwa webtoon Sweet Home tentu saja tidak boleh diragukan kualitasnya. Sweet Home sendiri pertama kali dimuat dalam bentuk webtoon di Naver Webtoon (LINE webtoon) tanggal 12 Oktober 2017.

Sinopsis Sweet Home:

Setelah tragedi keluarga yang tidak terduga, seorang siswa sekolah menengah yang tertutup terpaksa meninggalkan rumahnya - hanya untuk menghadapi sesuatu yang jauh lebih menakutkan: kenyataan dimana monster mencoba untuk memusnahkan umat manusia. Sekarang dia harus bertarung bersama segelintir pahlawan yang enggan mencoba menyelamatkan dunia sebelum terlambat. [Sumber: Line Webtoon]

9. The Promised Neverland (Yakusoku no Neverland)

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikmangaplus.shueisha.co.jp

The Promised Neverland adalah manga shounen, fantasy, mystery, horror, psychological, sci-fi, thriller yang ditulis oleh Kaiu Shirai dan diilustrasikan oleh Posuka Demizu, serta pertama kali diserialisasikan di majalah Weekly Shonen Jump tanggal 1 Agustus 2016.

Sinopsis The Promised Neverland:

Emma, ​​Norman dan Ray adalah anak-anak paling cerdas di panti asuhan Grace Field House. Dan di bawah asuhan wanita yang mereka sebut sebagai "Ibu", semua anak menikmati kehidupan yang nyaman. Makanan enak, pakaian bersih, dan lingkungan yang sempurna untuk belajar — apa lagi yang bisa diminta oleh seorang yatim piatu? Namun, suatu hari, Emma dan Norman mengungkap kebenaran gelap dunia luar yang dilarang mereka lihat. [Sumber: Viz Media]

Sedikit fakta, berkat kepopuleran dan kualitas ceritanya, The Promised Neverland mendapatkan banyak sekali adaptasi media. Mulai dari anime, film live-action Jepang bahkan nantinya akan mempunyai serial live-action Hollywood yang ditayangkan secara streaming di Amazon Prime Video.

10. Parasyte (Kiseijuu)

Termasuk Sweet Home, 10 Manga dan Manhwa Webtoon Horor Terbaikchaospin.com

Manga horor Parasyte ditulis dan diilustrasikan oleh Hitoshi Iwaaki, serta pertama kali dimuat di majalah Afternoon tanggal 22 November 1989. Uniknya, manga yang secara keseluruhan bergenre seinen, action, drama, horror, sci-fi, psychological ini baru mendapatkan adaptasi anime dan live-action Jepang tahun 2014 (25 tahun setelah serialisasi manganya).

Sinopsis Parasyte:

"Parasit" adalah makhluk seukuran bola tenis, yang jumlah dan asal-usulnya tidak diketahui. Mereka menyerang dan mengambil alih pikiran manusia untuk bertahan hidup. Shinichi Izumi adalah seorang siswa SMA berusia 16 tahun yang tinggal bersama orang tuanya di lingkungan yang tenang. Suatu malam, Parasit menyerang tubuh Shinichi untuk mencoba mengendalikannya. Namun, gagal menyelesaikan proses pengambilalihan dan akhirnya hanya menghuni lengan kanannya.

Jadi, baik Shinichi maupun Parasit — yang menyebut dirinya Migi — mempertahankan pikiran masing-masing. Sekarang dalam hubungan "manusia dan alien" yang aneh, Migi mengusulkan agar mereka bekerja sama untuk bertahan hidup. Shinichi tidak punya pilihan selain setuju, dan dia sekarang harus berpegang teguh pada moralitasnya saat dia dan Migi berhadapan dengan Parasit haus darah lainnya. [Sumber: MAL Rewrite]

Nah, itulah 10 manga dan manhwa webtoon horor terbaik yang bukan hanya seram namun ceritanya juga berkualitas. Bagaimana pendapat kamu? Silahkan beri komentar dan bagikan artikel ini ke media sosial kamu!

Baca Juga: 5 Hal yang Hanya Diketahui oleh Pembaca Manga tentang Hunter x Hunter

SYH Network #SungJinWoo성진우 Photo Verified Writer SYH Network #SungJinWoo성진우

Asian Muslim Influencer | Dukung SYH Network agar Tetap Terus Berkarya dengan Cara Beri Donasi: SociaBuzz (https://sociabuzz.com/syh_network/tribe), Trakteer (https://trakteer.id/syh_network) | YouTube: SYH Network (https://www.youtube.com/channel/UCEktzUz4WyYelfLUayP7d0g/)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya