Comscore Tracker

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Naruto

Dapatkah My Hero Academia melampaui seniornya!

My Hero Academia adalah anime yang sering disebut-sebut punya banyak kemiripan dengan anime Naruto, bahkan banyak orang yang menyebut anime ini Green Naruto. Sama-sama adaptasi majalah Weekly Shonen Jump, berpremis from zero to hero atau weak to strong, serta memiliki banyak karakter yang peran ceritanya mirip, anime My Hero Academia sebenarnya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan Naruto.

Lantas, apa sajakah kelebihan dan kekurangan anime My Hero Academia dibandingkan Naruto tersebut? Untuk menjawabnya, mari simak dengan saksama pembahasannya di bawah ini!

1. Kelebihan: My Hero Academia punya pace cerita yang minim filler

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

Bukannya tidak ada filler, My Hero Academia yang merupakan anime seasonal tentunya punya keunggulan dalam segi kepaduan cerita.

Anime panjang seperti halnya Naruto punya kelemahan terbesar yaitu jumlah episode selingan tidak penting (filler) diceritanya, karena alasan itu jugalah One Piece yang cerita manganya lebih bagus dari Fullmetal Alchemist malah kalah dalam adaptasi anime.

2. Kekurangan: Desain karakter dan dunia My Hero Academia tidak sekeren Naruto

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

Satu alasan kenapa banyak orang ragu untuk menonton anime My Hero Academia karena desain karakternya yang kurang dapat masuk untuk semua orang. Masalah klasik ini pun kurang lebih sama dengan One Piece, banyak orang yang tidak menyukai desain karakter One Piece karena agak tidak sopan.

Sebaliknya Naruto diterima baik diseluruh dunia karena membawa desain karakter dan desain dunia ninja yang anti mainstream, siapa sih yang tidak mau punya lambang ninja dan klan yang keren seperti di Naruto?

3. Kelebihan: Animasi My Hero Academia tentunya lebih bagus dari Naruto

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

Ya pastinya beda kualitasnya! Naruto pertama tayang tahun 2002, Naruto Shippuden pertama tayang tahun 2007, sedangkan My Hero Academia pertama kali tayang tahun 2016.

Ditambah lagi My Hero Academia dibuat studio animasi Bones, studio animasi yang membuat anime Fullmetal Alchemist Brotherhood, Mob Psycho 100, dan Bungou Stray Dogs. Sedangkan Naruto dibuat Studio Pierrot, studio dibalik buruknya animasi Tokyo Ghoul, Boruto: Naruto Next Generations, dan Kingdom.

Baca Juga: 5 Shinobi Sakti di Naruto Ini Lebih Kuat dari Para Kage

4. Kekurangan: Cerita My Hero Academia dibatasi premis masa SMA

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

My Hero Academia punya premis yang jelas namun juga ceritanya terbatas, My Hero Academia bercerita tentang masa-masa SMA Midoriya Izuku (Deku) dan Bakugou Katsuki sebelum menjadi pahlawan pro.

Sekalipun My Hero Academia punya time skip cerita, time skip ceritanya hanya akan ditempatkan di akhir untuk menampilkan Deku dan Bakugou yang telah menjadi pahlawan pro.

Berbeda dengan Naruto yang walaupun animenya sudah tamat tapi masih memiliki banyak hal untuk dieksplorasi, contohnya saja klan Ootsutsuki.

5. Kelebihan: Kepribadian para karakter My Hero Academia lebih variatif daripada Naruto

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

Keunggulan yang harus diakui dari My Hero Academia adalah para karakternya yang punya penokohan yang kuat. Karakter utama dan karakter pendukung My Hero Academia memiliki alasan mereka tersendiri untuk menjadi pahlawan.

Bakugou Katsuki yang pemarah namun memiliki hati pahlawan (mirip Ironman), Todoroki Shouto yang ingin menjadi pahlawan yang lebih baik dari ayahnya, Kirishima Eijirou yang ingin menjadi pahlawan yang tak kenal takut, bahkan Toogata Mirio yang tidak pernah menyerah untuk menjadi pahlawan yang menyelamatkan jutaan orang.

Sebaliknya Naruto terlalu terfokus kepada pengembangan karakter Uzumaki Naruto saja. Sakura menjadi karakter yang kurang punya peranan dan Sasuke menjadi karakter yang naif.

6. Kekurangan: Pertarungan di My Hero Academia belum seimpresif Naruto

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

My Hero Academia punya banyak pertarungan bagus, tapi memang pertarungannya belum seimpresif dan berdampak sama besarnya dengan Naruto. Misalnya, Naruto VS Pain dan pertarungan terakhir Naruto VS Sasuke.

Harus ditegaskan, My Hero Academia punya kesempatan besar memperbaiki kekurangannya ini, My Hero Academia yang manga dan animenya masih bisa terus berkembang dan belum menunjukkan akan segera tamat, masih menyimpan beberapa pertarungan besar yang nantinya akan terjadi, contohnya saja pertarungan terakhir Deku dan Bakugou VS Shigaraki Tomura.

7. Kelebihan: My Hero Academia membuat perkembangan karakter protagonis dan antagonis yang seimbang

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

Karena penokohan karakter My Hero Academia sangat kuat, My Hero Academia memberikan porsi pengembangan karakter protagonis dan antagonis yang seimbang. Jika Deku belajar dan berlatih untuk menjadi pahlawan terhebat, Shigaraki Tomura belajar untuk menyadari buruknya dunia dan mengembangkan idealisme penjahatnya.

Sebaliknya anime Naruto hanya mengembangkan karakter protagonis saja, karakter seperti halnya Nagato (Pain), Obito, Madara, dan Kaguya adalah antagonis yang tekadnya tidak sebanding dengan Naruto.

8. Kekurangan: Deku hanya sedikit dibawah Naruto sebagai karakter yang inspiratif

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

Naruto memang memiliki kisah hidup paling inspiratif, dari seorang anak kecil yatim piatu yang diremehkan menjadi seorang pahlawan yang mengubah dunia shinobi dan pada akhirnya mencapai cita-citanya, Hokage.

Deku hanya sedikit saja di bawah Naruto, Deku yang keluarganya masih lengkap hanya harus memperjuangkan mimpinya sebagai pahlawan walaupun dia pada awalnya tidak memiliki Quirk.

9. Kelebihan: Scoring My Hero Academia digarap sedikit lebih baik daripada Naruto

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutoheroaca.com

Scoring di sini bukan hanya tentang opening dan ending anime saja, namun tentang semua sound yang digunakan di anime secara keseluruhan. Anime My Hero Academia adalah anime prioritas produser Toho Animation, tentu saja salah satu produser terbesar di dunia anime ini sangat total untuk menggarap My Hero Academia.

My Hero Academia bukan hanya memiliki opening dan ending anime yang bagus, tetapi juga memiliki insert song, lnstrumental theme song, dan sound effect jempolan. Ditambah lagi, semua aktor suara (seiyuu) di anime My Hero Academia adalah para aktor suara papan atas. Daiki Yamashita (Yushirou Kimetsu no Yaiba dan Zeke Attack on Titan), Yuki Kaji (Eren Attack on Titan dan Meliodas Seven Deadly Sins), dan Nobuhiko Okamoto (Nishinoya Haikyuu!! dan Khun Aguero Tower of God) adalah beberapa diantaranya.

10. Kekurangan: Penguatan pesan moral My Hero Academia belum sampai ke tahap yang sama dengan Naruto

5 Kelebihan dan Kekurangan Anime My Hero Academia Dibandingkan Narutorandomc.net

Anime Naruto sudah berjalan lebih dari 500 episode (termasuk Naruto Shippuden), sementara My Hero Academia saat ini belum mencapai 100 episode. Ditambah lagi Naruto selalu menggunakan flashback untuk menguatkan ceritanya. Hal itu tentu saja mempengaruhi kedalaman pesan moral anime Naruto.

Sangat wajar bagi anime My Hero Academia belum mencapai tahap pesan moral sekuat Naruto. Setidaknya, My Hero Academia butuh lebih dari 100 episode untuk menyamai Naruto.

Kesimpulan, My Hero Academia masih mempunyai banyak kekurangan dibandingkan Naruto, tetapi bukan berarti My Hero Academia tidak dapat melampaui Naruto. Cerita manga dan anime My Hero Academia masih bisa terus berkembang!

Baca Juga: My Hero Academia: 5 Alasan Mengapa Deku Cocok Menjadi Kekasih Uraraka

SYH Network Photo Verified Writer SYH Network

Asian Muslim Influencer. Focus on Anime & Manga, Movies & TV Series, and Geek Culture. Fan of Duniaku.com (https://duniaku.idntimes.com). | Instagram: @iamsyh42991 | Twitter: @SultanYardhi | YouTube: SYH Network |

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya