Comscore Tracker

Bikin Mewek, 5 Rekomendasi Webtoon Ini Ternyata Menguras Air Mata!

Webtoon ini mengusung topik yang dapat menggugah emosi

Tidak sedikit orang yang menyukai cerita-cerita sedih, tak terkecuali para pembaca Webtoon. Namun, apa jadinya jika webtoon yang kamu ikuti awalnya adalah webtoon ringan dan lucu, ternyata berakhir sedih?

Berikut ini 5 rekomendasi webtoon di bawah ini cocok untuk kamu yang mau mendapatkan rasa nano-nano dari membaca webtoon. Dari yang lucu, kasmaran, hingga sedih dan kaget dengan ending yang dihidangkan, yuk kita cek judul-judul webtoon di bawah ini!

1. Kids are All Right oleh HP56

Bikin Mewek, 5 Rekomendasi Webtoon Ini Ternyata Menguras Air Mata!cuplikan Kids are All Right (webtoon.com/kids-are-all-right)

Webtoon ini berkisah tentang keseharian seorang anak kecil bernama Dai, bersama keluarga dan teman-temannya. Ia tinggal bersama ayahnya yang sibuk bekerja, dan sesekali mengunjungi ibunya yang dirawat di rumah sakit. Webtoon ini dikemas dengan ilustrasi lucu dan simpel, ceritanya akan membawamu pada kehidupan dalam kacamata anak-anak yang sederhana. Namun, semakin kita jauh membaca webtoon ini, semakin kita sadar bahwa kehidupan Dai dan keluarganya tidaklah sesederhana itu.

2. Blue oleh Kennsaty

Bikin Mewek, 5 Rekomendasi Webtoon Ini Ternyata Menguras Air Mata!cuplikan Blue (webtoons.com/blue)

Webtoon ini merupakan salah satu jebolan karya anak bangsa. Ceritanya tentang seorang gadis SMA bernama Juni yang dapat melihat hantu. Cerita dimulai ketika ia akan meloncat dari atas jembatan kalau tidak bertemu dengan hantu nyentrik bernama Jim. Bersama Jim, Juni melewati hari-hari di sekolah barunya dengan teman-teman yang bisa menerima penjelasan mengenai Jim dan kemampuannya itu. Keseharian yang ia jalani perlahan membuat semangat hidupnya bangkit, namun suatu hari, sebuah permasalahan menuntunnya pada kebenaran yang tidak pernah disangka-sangka oleh Juni.

Webtoon ini dikemas dengan tone lembut dan sendu, membawa kita pada cerita tentang persahabatan dan hidup. Webtoon ini juga dibumbui sedikit romance dan misteri, tentang asal muasal Jim. Kamu akan dibawa pada roller coaster emosi dengan humor Jim dan teman-temannya, perlakuan Jim yang membuat baper, hingga ending yang tak terkira akan membuatmu tersedu-sedu!

3. My Heart is Beating oleh Ilkwon Ha

Bikin Mewek, 5 Rekomendasi Webtoon Ini Ternyata Menguras Air Mata!cuplikan My Heart is Beating (webtoons.com/my-heart-is)

Berkisah tentang seorang siswa SMA bernama Bae Su Gu, yang selalu dituntut untuk menjadi anak teladan dan rajin belajar oleh ayahnya. Permasalahan bermula ketika ia tertangkap basah sedang mengintip kolam renang perempuan, karena ia bercita-cita menjadi desainer baju renang dan tertarik dengan baju renang.

Karena ia tertangkap basah oleh gurunya yang sedang berusaha membangun ekstrakulikuler polo air untuk wanita, maka sebuah "hukuman" pun keluar: ia diminta untuk menyamar menjadi anggota perempuan dan bergabung dalam tim polo air. Karena ia tidak mau dilaporkan pada ayahnya, akhirnya Su Gu menyetujuinya.

Webtoon ini dimulai dengan kisah ringan bercampur komedi yang sedikit absurd. Tapi, semakin jauh kita membaca, permasalahan tentang Bae Su Gu, ayahnya dan ketertarikannya terhadap baju renang ternyata lebih dalam dari yang kita duga. Webtoon ini mengajarkan kita tentang pentingnya komunikasi, merelakan kehilangan, dan meraih mimpi.

Baca Juga: 10 Drakor Adaptasi Webtoon yang Akan Tayang 2022, Pusing Nungguin!

4. Annarasumanara oleh Ilkwon Ha

Bikin Mewek, 5 Rekomendasi Webtoon Ini Ternyata Menguras Air Mata!cuplikan Annarasumanara (webtoons.com/annarasumanara)

Karya Ilkwon Ha yang satu ini nampaknya sudah cukup populer karena akan segera ditayangkan KDramanya. Meskipun begitu, webtoon ini juga tidak kalah menarik untuk dibaca. Berkisah tentang seorang siswi SMA bernama Yun Ai, yang ingin cepat-cepat dewasa agar ia dapat bekerja dan keluar dari garis kemiskinan. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang pesulap yang enggan untuk menjadi dewasa. Di saat itu, kemampuan sihir dan jiwa kekanakan sang pesulap pada akhirnya dapat mengetuk pintu hati Ai yang dulunya pernah bercita-cita menjadi seorang pesulap.

Webtoon berbalut fantasi ini diisi dengan ilustrasi yang unik dan sarat akan perumpamaan, seperti Ai yang berlari pada jalur tangga uang ketika ia mengejar uangnya yang terbang, atau salah satu teman Ai yang digambarkan memiliki kepala panjang seperti sosis. Topik yang diangkat berupa proses kehidupan menjadi dewasa dan pencarian jati diri akan membuat emosi kita bercampur aduk saat membacanya. Selain itu, ada banyak pesan moral yang dapat dipetik dari webtoon ini.

5. Spirit Fingers oleh Kyoungchal Han

Bikin Mewek, 5 Rekomendasi Webtoon Ini Ternyata Menguras Air Mata!cuplikan Spirit Fingers (webtoons.com/spirit-fingers)

Judul ini juga nampaknya sudah cukup populer di kalangan pembaca webtoon. Bercerita tentang seorang gadis SMA bernama Wooyeon, ia adalah seorang gadis yang pemalu dan rendah diri. Suatu hari, ia sedang menonton sebuah klub gambar yang sedang melukis di taman kota. Ketika ia sedang memikirkan tentang mimpi kecilnya, seorang pria tampan dari klub tersebut mengajak Wooyeon untuk bergabung.

Meskipun webtoon ini condong pada genre romance, namun webtoon ini juga membahas tentang kehidupan Wooyeon, keluarganya juga mimpinya. Webtoon yang dimulai dengan kesan rom-com ini menyajikan konflik yang membuatmu merasakan berbagai emosi dari tertawa terpingkal-pingkal, malu dengan kelakuan nyentrik para karakternya, kasmaran, mau marah,  hingga sedih dan haru. Jangan khawatir, meskipun konfliknya terdengar pelik, tapi webtoon satu ini berakhir dengan happy ending, kok.

Itulah beberapa rekomendasi webtoon yang dapat menguras emosimu. Nah, dari ilustrasi dan deskripsi yang diberikan, webtoon mana yang membuatmu penasaran?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Webtoon Romantis buat Kamu yang Super Bucin

canna bila Photo Writer canna bila

a devoted sunflower.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya