Comscore Tracker

Anggota Ikut Produce X 101, Ini 6 Potret Perjalanan Boy Group UP10TION

Dua orang anggota Up10tion berkompetisi dalam Produce X 101

UP10TION menjadi salah satu dari beberapa boy group yang satu atau dua anggotanya berpartisipasi dalam acara survival Produce X 101. Grup yang satu ini menjadi boy group ketiga yang berada di bawah naungan T.O.P Media selain Teen Top dan 100%. Tak hanya aktif berpromosi di Korea Selatan saja, Up10tion juga banyak berkegiatan di Jepang.

Melakukan aktivitas dengan formasi anggota yang tidak lengkap tentu bukan hal mudah. Para anggota UP10TION berusaha memberikan penampilan terbaik mereka kepada para penggemar. Yuk, simak potret perjalanan UP10TION berikut ini.

1. Debut

Anggota Ikut Produce X 101, Ini 6 Potret Perjalanan Boy Group UP10TIONTwitter.com/@UP10TION

UP10TION melakukan debut pada bulan September tahun 2015 lalu di bawah naungan T.O.P Media. Agensi tersebut didirikan oleh anggota termuda dari boy group legendaris Shinhwa, yakni Andy. Sebelum mendebutkan UP10TION, T.O.P Media telah terlebih dahulu menaungi dua boy group lainnya.

Boy group pertama adalah Teen Top. Teen Top merupakan boy group pertama yang didebutkan oleh T.O.P Media pada tahun 2010. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2012, T.O.P Media kembali mendebutkan sebuah boy group yang bernama 100%.

UP10TION merupakan salah satu grup idol yang anggotanya lumayan banyak. Boy group tersebut memiliki sepuluh orang anggota dengan Jinhoo sebagai leader-nya. Sembilan anggota lainnya adalah Kuhn, Kogyeol, Wei, Bitto, Wooshin, Sunyoul, Gyujin, Hwanhee, dan Xiao.

Mereka debut dengan lagu So, Dangerous yang merupakan title track dari EP Top Secret. Selain itu, Honey10 merupakan sebutan untuk penggemar dari UP10TION.

2. Comeback pertama

Anggota Ikut Produce X 101, Ini 6 Potret Perjalanan Boy Group UP10TIONTwitter.com/@UP10TION

Boy group yang satu ini cukup cepat melakukan comeback setelah selesai dengan kegiatan debut mereka. UP10TION melakukan comeback pertamanya dua bulan setelah debut, yakni pada bulan November tahun 2015. Mereka meluncurkan EP kedua yang bertajuk Bravo! dengan lagu Catch Me! sebagai title track.

Baca Juga: 10 Potret Jinhyuk UP10TION, Peserta Produce X 101 yang Genap 24 Tahun

3. Debut Jepang

Anggota Ikut Produce X 101, Ini 6 Potret Perjalanan Boy Group UP10TIONTwitter.com/@UP10TION_JAPAN

Selama tahun 2015 hingga 2016, UP10TION telah merilis enam buah EP (termasuk EP limited edition). Selanjutnya pada bulan Februari tahun 2017, UP10TION melakukan debut Jepang mereka di bawah naungan KISS Entertainment dengan single album berjudul ID (アイディー).

Single album debut Jepang UP10TION tersebut mendapat sambutan yang hangat dari penggemar di Jepang. Terjual lebih dari 150 ribu kopi, UP10TION pun mendapatkan sertifikasi Gold untuk single album tersebut dari Recording Industry Association of Japan (RIAJ, Asosiasi Industri Rekaman Jepang).

4. Comeback dengan sembilan orang anggota

Anggota Ikut Produce X 101, Ini 6 Potret Perjalanan Boy Group UP10TIONTwitter.com/@UP10TION

Untuk pertama kalinya, UP10TION melakukan comeback Korea dan berkegiatan dengan formasi sembilan orang anggota. Wooshin tidak dapat berpartisipasi dan diumumkan akan hiatus untuk sementara waktu dari kegiatan grup.

UP10TION pun melakukan promosi untuk mini album keenam mereka yang bertajuk Star;dom. Ep tersebut memiliki title track berjudul Runner dan diluncurkan pada bulan Juni tahun 2017.

Masih pada tahun dan formasi grup yang sama, UP10TION merilis 2017 Special Photo Edition yang memiliki dua buah lagu dengan lead track Going Crazy.

5. Album studio pertama dan kembali dengan anggota lengkap

Anggota Ikut Produce X 101, Ini 6 Potret Perjalanan Boy Group UP10TIONTwitter.com/@UP10TION

Setelah hiatus selama beberapa waktu, Wooshin kembali beraktivitas bersama anggota UP10TION lainnya. Mereka melakukan comeback dengan formasi lengkap pada bulan Maret tahun 2018. Kali ini, UP10TION meluncurkan album studio pertama mereka yang bertajuk Invitation. Album tersebut berisi sebelas lagu dengan track berjudul Candyland sebagai lagu utama.

Berikutnya, selama tahun 2018, UP10TION disibukkan dengan kegiatan yang padat termasuk dua comeback Jepang, satu lagi comeback Korea (setelah album Invitation), serta tur di berbagai negara.

6. Tur di Amerika Utara dan Produce X 101

Anggota Ikut Produce X 101, Ini 6 Potret Perjalanan Boy Group UP10TIONTwitter.com/@studio_pav

Pada tahun 2019, bekerja sama dengan Studio PAV, UP10TION mengadakan tur bertajuk Laberinto Tour di Amerika Utara. UP10TION akan mengunjungi penggemar mereka di enam kota dari akhir bulan Mei hingga awal Juni.

Anggota Ikut Produce X 101, Ini 6 Potret Perjalanan Boy Group UP10TIONTwitter.com/@mnet_produce101

Sementara itu, dua orang anggota UP10TION, yakni Wei dan Wooshin, tidak dapat berpartisipasi dalam tur tersebut. Keduanya berkompetisi dalam acara survival Produce X 101 (Produce 101 musim keempat) sebagai bagian dari 101 peserta pelatihan.

Wei terdaftar dengan nama Lee Jinhyuk, sedangkan Wooshin terdaftar dengan nama Kim Wooseok. Pada beberapa episode terbaru Produce X 101, keduanya tampak semakin populer di kalangan penggemar yang menonton acara tersebut.

UP10TION merupakan salah satu boy group yang produktif. Mereka memiliki jadwal yang padat sejak awal debut. Terbukti dengan banyaknya album yang dirilis dalam kurun waktu tiga tahun lebih. Belum lagi beberapa acara temu penggemar, serta konser dan tur yang banyak berada di luar Korea Selatan. 

Keikutsertaan dua orang anggota Up10tion dalam acara Produce X 101diharapkan dapat membawa lebih banyak perhatian dan penggemar untuk boy group tersebut. Sukses selalu untuk UP10TION.

Baca Juga: 7 Fakta Kim Wooseok, Sang Pencuri Hati 'Love Shot' di Produce X 101

Tari N. Photo Verified Writer Tari N.

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya