Comscore Tracker

Sudah Tobat? 5 Karakter Anime yang Pernah Menjadi Perundung

Gak boleh dicontoh, nih!

Perundungan (bullying) memang bukanlah perbuatan yang bisa asal disebut bercandaan saja. Karena masih maraknya kasus perundungan, tak heran jika beberapa film, drama, anime maupun tontonan lainnya masih menggunakan premis perundungan agar penonton dapat merefleksikan diri dari tindakan tersebut. Tak hanya di film dan drama saja, beberapa anime pun juga menyelipkan kisah perundungan yang berbeda-beda, nih. 

Kali ini, penulis akan mengulas lima karakter yang menjadi sosok perundung dalam anime. Beberapa karakter ini melakukan perundungan yang cukup parah dan membuat beberapa korbannya malah mengalami tekanan mental. Penasaran? Yuk, kita ulas sekarang juga!

1. Katsuki Bakugo (My Hero Academia)

Sudah Tobat? 5 Karakter Anime yang Pernah Menjadi PerundungKatsuki Bakugo (dok. bones/My Hero Academia)

Dalam anime My Hero Academia, karakter Bakugo awalnya diceritakan memiliki dendam pribadi dengan Izuku Midoriya. Karena Midoriya tidak memiliki bakat, tetapi punya rasa kepahlawanan yang tinggi, Bakugo jadi begitu membencinya dan merundungnya habis-habisan. Ia juga mengintimidasi Midoriya agar tidak jadi bersekolah di Akademi UA.

Meskipun karakternya ditampilkan sebagai perundung di awal cerita, pengembangan karakter Bakugo justru semakin baik meskipun sifat marah-marah dan sinisnya masih ia pertahankan. Alih-alih merundung Midoriya seperti yang ia lakukan dulu, Bakugo sudah mulai bersaing secara sehat dan memperbaiki hubungannya dengan Midoriya.

2. Ishida Shouya (A Silent Voice)

Sudah Tobat? 5 Karakter Anime yang Pernah Menjadi PerundungIshida Shouya (dok. Kyoto Animation/A Silent Voice)

Karena film A Silent Voice mengangkat isu perundungan terhadap anak difabel, karakter Ishida tentu tak luput dalam daftar ini. Dalam cerita, Ishida diceritakan melakukan perundungan yang berulang terhadap Shouko Nishimiya yang tidak mampu berbicara maupun mendengar. Ia beberapa kali mengerjai, mengejek, dan membuang alat bantu dengar Nishimiya.

Karena perbuatannya ini, sang ibu harus mengganti rugi cukup banyak dan Ishida pun menjadi target perundungan karena perbuatannya. Setelah bertemu kembali dengan Nishimiya, ia pun mencoba untuk berbenah diri dan meminta maaf kepada Nishimiya.

Baca Juga: JoJo: 5 Karakter Anime yang Bisa Dikalahkan oleh Jotaro Kujo

3. Giant (Doraemon)

Sudah Tobat? 5 Karakter Anime yang Pernah Menjadi PerundungGiant (dok. Shin-Ei Animation/Doraemon the Movie: Nobita's New Dinosaur)

Kalau karakter yang satu ini tentu dikenal, nih, karena ia memang sering merundung dan mengintimidasi Nobita. Dengan tubuhnya yang besar dan terkesan kuat, Giant juga sering kali memeras Nobita agar bisa mendapatkan alat-alat dari Doraemon. Karena sifatnya yang mudah marah dan menyelesaikan masalah dengan kekerasan, Giant juga diceritakan menguasai daerah perumahannya, mengintimidasi anak-anak lainnya, dan mencuri. 

Meskipun telah beberapa kali merundung Nobita, Giant juga sering terlihat membantu Nobita, nih. Kadang, karakter bernama asli Takeshi Gouda ini juga dapat menjadi baik. Tak jarang ia turut serta bertualang bersama Nobita dan kawan-kawannya.

4. Sarina Shizukume (Mahou Shoujo Site)

Sudah Tobat? 5 Karakter Anime yang Pernah Menjadi PerundungSarina Shizukume (dok. Production doA/Mahou Shoujo Site)

Sarina adalah salah satu siswi yang merundung Aya Asagiri dalam anime Mahou Shoujo Site. Perundungan yang Sarina lakukan pun terbilang mengerikan dan ia telah melakukannya setiap hari untuk membuat Aya tersiksa. 

Sarina dan teman-temannya meletakkan silet dan paku di loker sepatu Aya, mencoret bangkunya, dan memukulinya di kamar mandi. Karena kebenciannya terhadap Aya, perundungan Sarina pun mulai berubah menjadi keinginan untuk membunuh. Meskipun begitu, kebencian Sarina akan memudar tatkala kebaikan Aya mulai membuatnya sadar. Ia pun kemudian berbalik membantu Aya untuk mengalahkan admin sebagai gadis penyihir. 

5. Tomoo (Elfen Lied)

Sudah Tobat? 5 Karakter Anime yang Pernah Menjadi PerundungTomoo (dok. ARMS/Elfen Lied)

Perundungan yang dilakukan Tomoo terhadap Lucy bisa dibilang keterlaluan. Dalam anime Elfen Lied, Tomoo adalah pemimpin kelompok yang sering merundung anak-anak di panti asuhan. Karena Lucy memiliki tanduk yang baginya cukup aneh, Tomoo kerap kali mengejeknya sapi dan menumpahkan susu di atas tasnya. 

Puncak dari perundungan Tomoo adalah menangkap anak anjing yang dirawat oleh Lucy. Di depan mata Lucy, Tomoo memukuli anak anjing tersebut hingga tewas. Karena merasa begitu marah, Lucy melepaskan Vector untuk pertama kalinya dan membunuh Tomoo bersama para perundung lainnya dengan cara yang mengerikan. 

Kelima karakter ini melakukan perundungan dengan sebab dan akibat yang berbeda. Ada yang menyadari kesalahan mereka dan mencoba memperbaiki diri, tetapi ada juga yang harus meregang nyawa karena perbuatan mereka. Di antara kelima karakter di atas, karakter yang manakah yang paling kamu benci karena perilaku merundung mereka? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: [REVIEW] Uramichi Oniisan—Pemandu Acara yang Bosan Jadi Orang Dewasa

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya