Comscore Tracker

Banjir Air Mata! Ini 5 Rekomendasi Film Anime Tersedih Sepanjang Masa

Jangan lupa sedia tisu sebelum nonton! #IDNTimesHype

Semakin digandrungi semua kalangan, animasi khas Jepang atau anime memang menawarkan berbagai genre dan cerita yang menarik untuk para penonton. Meskipun hanya berformat animasi, nyatanya beberapa anime juga berhasil mengacak-acak emosi penontonnya dengan alur cerita yang sedih, lho.

Nah, kalau suka film-film sedih, gak ada salahnya kamu coba nonton lima rekomendasi film anime di bawah ini. Dijamin bakal bikin kamu nangis, deh. Yuk, kita simak!

1. Grave of Fireflies

https://www.youtube.com/embed/4vPeTSRd580

Mengambil latar pada zaman perang, Grave of Fireflies adalah salah satu anime yang digarap oleh studio Ghibli pada 1988. Alur cerita dalam film ini rupanya diadaptasi dari kisah nyata sang penulis, Akiyuki Nosaka, lho.

Film ini menceritakan tentang dua kakak beradik bernama Seita dan Setsuko. Situasi perang membuat keduanya harus kehilangan rumah serta orang tua mereka. Mereka pun pergi ke rumah bibi mereka, tetapi keadaan yang serbasulit membuat sang bibi juga enggan menerima mereka. 

Tak punya pilihan, Seita pun mengajak adiknya untuk tinggal di sebuah tempat pengungsian terbengkalai dan mencoba bertahan hidup. Keadaan menjadi semakin sulit bagi Seita ketika persediaan makanan mereka habis dan sang adik menderita malnutrisi. Akankah mereka bisa bertahan hidup?

2. A Silent Voice

https://www.youtube.com/embed/nfK6UgLra7g

Digarap oleh Kyoto Animation, A Silent Voice menampilkan animasi yang indah dengan alur cerita yang cukup emosional. Berfokus pada topik bullying, film yang juga berjudul Koe no Katachi ini menceritakan tentang Ishida Shouya yang memiliki kehidupan layaknya anak SD lainnya.

Suatu hari, seorang anak bernama Nishimiya Shouko datang ke sekolahnya sebagai murid pindahan. Memiliki kekurangan dalam mendengar dan berbicara, Ishida beserta teman-temannya mulai merundung Nishimiya. Perundungan ini mulai terdengar oleh orangtua Nishimiya dan pihak sekolah sehingga Ishida dan teman-temannya saling menuduh siapa yang memulai perundungan tersebut.

Akibatnya, Ishida dijauhi oleh teman-temannya dan berganti menjadi target bullying. Setelah bertahun-tahun kemudian, Ishida secara kebetulan bertemu lagi dengan Nishimiya dan bertekad untuk memperbaiki hubungannya dengan gadis tersebut.

Baca Juga: 5 Anime yang Ternyata Dicekal di Beberapa Negara, Apa Alasannya?

3. I Want to Eat Your Pancreas

https://www.youtube.com/embed/MmoBvmJA9XI

I Want to Eat Your Pancreas karya Yoru Sumino sebelumnya telah digarap sebagai film dan dibintangi oleh Takumi Kitamura dan Minami Hamabe. Namun, jangan salah, versi animenya juga tidak kalah sedih dan bisa menguras air matamu, lho.

Anime ini menceritakan tentang Haruki Shiga yang secara kebetulan menemukan sebuah jurnal di rumah sakit. Jurnal itu rupanya milik teman sekelasnya, Yamauchi Sakura. Tertulis di jurnal, Sakura rupanya memiliki penyakit pada pankreasnya dan hanya memiliki sisa waktu yang sedikit untuk hidup. 

Karena Haruki merupakan satu-satunya teman yang mengetahui rahasia Sakura, Sakura pun meminta Haruki untuk menemaninya menghabiskan sisa waktu hidupnya.

4. Ride Your Waves

https://www.youtube.com/embed/n7HtNsJdMDw

Bergenre romance fantasy, film yang juga berjudul Kimi to, Nami ni Norareta ini juga gak kalah sedih dan sempat ditayangkan di Festival International du Film d'Animation d'Annecy pada 2019 lalu, lho. 

Film ini dibuka dengan seorang gadis bernama Hinako yang sangat menyukai laut dan  pindah ke daerah pinggir pantai. Suatu hari, apartemennya terbakar dan ia bertemu dengan seorang pemadam kebakaran bernama Minato. Memiliki minat yang sama dan saling mencintai, keduanya pun akhirnya berpacaran. 

Suatu hari, Minato meninggal karena berusaha menyelamatkan seseorang yang tenggelam di pantai. Hinako tentu saja sangat syok dan akhirnya pindah ke daerah tempat ia tidak bisa melihat pantai lagi. Masih bersedih dengan kematian Minato, Hinako pun kemudian menyanyikan lagu yang bisa ia dengarkan dengan Minato. Secara ajaib, arwah Minato muncul di dalam air setiap kali Hinako bernyanyi.

5. Maquia: When the Promised Flower Blooms

https://www.youtube.com/embed/I_Q7LcYSehY

Dirilis 2018, film Maquia: When the Promised Flower Blooms ini memiliki alur cerita yang menarik sekaligus mengharukan. Sesuai judulnya, film ini menceritakan tentang seorang gadis dari suku Iorph bernama Maquia. Suku Iorph adalah makhluk abadi dan mereka menenun kain untuk menyambung hidup.

Suatu hari, suku Iorph diserang oleh tentara kerajaan. Para pria dibunuh dan yang perempuan akan ditangkap. Maquia berhasil selamat, tetapi harus mendapati kenyataan bahwa teman-teman dan desanya telah dihancurkan. Dalam perjalanannya di hutan, ia menemukan seorang bayi laki-laki bernama Ariel yang kemudian ia angkat menjadi anak. 

Meski tidak memiliki pengalaman sebagai seorang ibu, Maquia berusaha sebaik mungkin untuk menjadi ibu bagi Ariel. Namun, Ariel adalah seorang manusia. Ia tentu tumbuh dengan cepat, sedangkan Maquia tidak menua sedikit pun. Karena hal ini, Ariel yang awalnya adalah anak kecil manja yang sangat menyayangi ibunya mulai menarik diri dari Maquia. Ariel pun bergabung sebagai tentara kerajaan dan meninggalkan Maquia.

Kelima film tadi memang sangat menarik karena dapat membuat penonton merasa sedih dari berbagai perspektif. Kira-kira dari daftar di atas, menurutmu film yang mana, nih, yang paling sedih? Share komentarmu di bawah, ya!

Baca Juga: 5 Studio Anime Terbaik yang Pernah Ada, Penghasil Anime Populer

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya