Comscore Tracker

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020

Dari Leonardo DiCaprio sampai Robert Pattinson

Film Joker menjadi perbincangan hangat di kalangan penikmat film sejak awal penayangannya pada awal Oktober lalu. Performa akting Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck meraih banyak pujian, hingga tidak sedikit kritikus yang memprediksi nama Joaquin akan berjaya di ajang Academy Awards tahun 2020 mendatang.

Namun, Joaquin Phoenix bukanlah satu-satunya aktor yang diprediksi kuat akan melenggang ke Oscars. Selain sang pemeran badut kriminal, 10 nama aktor berikut juga memukau publik lewat peran dalam film yang dirilis sepanjang tahun 2019. Siapa saja mereka?

1. Adam Driver - "Marriage Story"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020spotern.com

Berperan sebagai sosok suami melankolis dari Scarlett Johansson, performa Adam Driver banyak disebut 'Oscar-worthy' oleh kritikus. Aktingnya dalam film ini sekaligus membuktikan bahwa Adam mampu keluar dari karakternya yang paling populer, sebagai Kylo Ren di Star Wars.

2. Leonardo DiCaprio - "Once Upon a Time in Hollywood"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020businessinsider.sg

Pernah meraih empat nominasi dengan satu kemenangan lewat film The Revenant, bukan tidak mungkin bagi Leo untuk kembali bersinar di Oscars 2020 mendatang. Apalagi, perannya sebagai Rick Dalton di Once Upon a Time in Hollywood menjadi nyawa dari film besutan sutradara Quentin Tarantino tersebut.

3. Robert De Niro - "The Irishman"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020vanityfair.com

Aktor veteran Robert De Niro juga diprediksi kuat masuk nominasi atau bahkan menang kategori Aktor Terbaik di Oscars 2020. Penampilannya di The Irishman meraih banyak pujian dari kritikus. Apalagi jika menengok prestasinya di Academy Awards, De Niro sudah pernah meraih tujuh nominasi dan dua kali menang.

4. Eddie Murphy - "Dolemite is My Name"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020goldderby.com

Nama Eddie Murphy juga tidak ketinggalan dari kandidat Aktor Terbaik. Kembali main film setelah tiga tahun lewat Dolemite is My Name, performa komedi dari Murphy banjir pujian.

5. Antonio Banderas - "Pain and Glory"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020cbsnews.com

Dari luar Amerika, muncul nama Antonio Banderas yang tahun ini membintangi film Spanyol berjudul Pain and Glory. Performa sang aktor dalam film tersebut disebut sebagai salah satu yang terbaik dalam 30 tahun kariernya.

Baca Juga: Bukti Totalitas, Ini 5 Perjuangan Joaquin Phoenix Memerankan Joker

6. Christian Bale - "Ford v Ferrari"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020themoviemylife.com

Meski terbilang cukup jarang bagi film bertema balap untuk bisa masuk nominasi Oscars, sejumlah kritikus menilai akting Christian Bale di Ford v Ferrari besutan sutradara James Mangold layak dianugerahi nominasi Aktor Terbaik atau Aktor Pendukung Terbaik.

7. Jonathan Pryce - "The Two Popes"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020vulture.com

Film The Two Popes dari Netflix memang meraih respon yang beragam dari kritikus. Ada yang menikmati film ini, namun ada pula yang memberikan kritik pada jalan ceritanya. Meski begitu, sebagian besar kritikus setuju bahwa performa Jonathan Pryce di film ini sudah mencapai level Academy Awards.

8. Taron Edgerton - "Rocketman"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020nypost.com

Penampilan Taron Egerton dalam film biopik tentang kisah sukses musisi Elton John di Rocketman banyak dibandingkan dengan kesuksesan Rami Malek sebagai Freddy Mercury di Bohemian Rhapsody. Apalagi, Rocketman ditangani oleh sutradara yang sama dengan Bohemian Rhapsody. Jika Rami berhasil membawa pulang piala Aktor Terbaik, bukan tidak mungkin prestasi yang sama akan diraih oleh Taron.

9. Adam Sandler - "Uncut Gems"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020independent.co.uk

Sepanjang 32 tahun kariernya di Hollywood, Adam Sandler belum pernah satu kali pun masuk nominasi Oscars. Sejumlah kritikus menilai performanya di film Uncut Games menjadi peluang terbaik bagi Sandler untuk bisa menembus Oscars tahun depan.

10. Robert Pattinson - "The Lighthouse"

10 Aktor Diprediksi Jadi Saingan Joaquin Phoenix 'Joker' di Oscar 2020cinemablend.com

Terakhir, ada Robert Pattinson yang meraih banyak pujian berkat aktingnya di film The Lighthouse bersama aktor senior William Dafoe. Sejumlah kritikus menilai akting Robert layak dianugerahi nominasi Oscars untuk kategori Aktor Terbaik, namun ada pula yang menyebut Robert lebih cocok di kategori Aktor Pendudukung Terbaik.

Itulah 10 aktor yang diprediksi akan melenggang ke nominasi Academy Awards 2020 dan akan menjadi saingan bagi Joaquin Phoenix dari film Joker. Jagoan kamu yang mana nih?

Baca Juga: Dipimpin Joker, 10 Film Rating Dewasa dengan Pendapatan Tertinggi

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Just For You