Comscore Tracker

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1

#FlyHigherX1 #RiseForIZONE Semoga masalahnya cepat selesai

Penyelidikan kasus dugaan manipulasi voting pada program pencarian bakat produksi Mnet berujung pada penangkapan terhadap beberapa produser, termasuk produser utama Ahn Joon Young. Saat memenuhi panggilan polisi pada 5 November, Ahn Joon Young telah mengakui bahwa dirinya terlibat dalam manipulasi hasil suara akhir di Produce X 101 dan Produce 48.

Pengakuan ini berdampak pada perjalanan karier dari dua grup yang terbentuk lewat ajang tersebut, yakni grup IZ*ONE dari Produce 48 dan X1 dari Produce X 101. Selain dihadapkan pada sejumlah komentar negatif atas kasus ini, aktivitas promosi IZ*ONE dan X1 juga terhambat oleh beberapa cobaan berikut ini.

1. Comeback IZ*ONE untuk full album pertama "BLOOM*IZ" terpaksa ditunda

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1twitter.com/izone_stats

IZ*ONE dijadwalkan untuk comeback pada 11 November lalu. Namun seluruh jadwal kegiatan untuk promosi album baru mereka, termasuk showcase di tanggal yang sama, terpaksa dibatalkan demi menghindari pengaruh negatif dari kasus manipulasi voting.

Mnet mengumumkan pembatalan ini pada 7 November. Pihaknya juga meminta agar fans menunggu kabar selanjutnya mengenai kegiatan IZ*ONE.

2. Penampilan IZ*ONE di sejumlah acara TV dibatalkan

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1kpopmap.com

Dalam rangka promosi comeback album baru, beberapa member IZ*ONE sudah melakukan syuting untuk penampilan di program tvN Amazing Saturday, JTBC Idol Room, dan MBC My Little Television. Namun siaran ketiga program tersebut yang dijadwalkan pada 19 September terpaksa dibatalkan oleh pihak stasiun TV. Pengumuman pembatalan ini dirilis hanya sesaat setelah kabar penangkapan produser Ahn Joon Young beredar.

3. Premier film konser "Eyes on Me" juga ditunda

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1naver.com

Tak hanya aktivitas comeback dan penampilan di TV, proyek film konser IZ*ONE bertajuk "Eyes on Me" juga ikut terdampak oleh kasus manipulasi voting. Film ini semula dijadwalkan untuk rilis pada 15 September, namun akhirnya ditunda sampai waktu yang belum ditentukan.

4. X1 kehilangan kontrak iklan, pemotretan majalah, hingga syuting variety show

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1allkpop.com

Sejumlah kontrak iklan, pemotretan majalah, dan syuting variety show untuk X1 juga dibatalkan pada bulan Agustus hingga September lalu demi menghindari komentar miring dari publik.

Baca Juga: Gagal Debut di X1, Ini Kabar Terbaru 9 Mantan Trainee "Produce X 101"

5. Beredar kabar yang menyebut bahwa X1 belum resmi menandatangani kontrak dengan CJ ENM

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1theqoo.net

Meski sudah resmi debut sejak 27 Agustus, X1 dikabarkan belum resmi menandatangani kontrak dengan agensi CJ ENM yang menangani aktivitas promosi mereka.

Menurut pemberitaan dari media Ilgan Sports dan Joy News 24, agensi dari beberapa member X1 telah menandatangani kontrak bersama CJENM. Namun ada pula beberapa member beserta agensinya yang belum bersedia menandatangani kontrak karena adanya beberapa peraturan yang tidak disetujui.

6. Kabar lain menyebut X1 belum dibayar sama sekali meski sudah tiga bulan debut

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1allkpop.com

Debut X1 pada bulan Agustus terbilang sukses besar, dengan penjualan album mencapai 570 ribu kopi, serta belasan kemenangan di program musik. Namun siapa sangka, dengan kesuksesan sebesar ini, 11 member X1 kabarnya belum dibayar sepeser pun oleh pihak CJ ENM. Media Sports Seoul mewartakan pada 11 November bahwa seluruh member X1 beserta para agensi mereka belum mendapat bagian dari total keuntungan yang didapat selama promosi X1.

Namun tak lama setelah kabar ini ramai diberitakan, salah satu agensi dari member X1 akhirnya memberikan klarifikasi. Melalui perwakilannya, agensi ini menyatakan, "Baru berjalan tiga bulan sejak X1 debut, jadi memang benar bahwa pembagian hasil belum kami terima. Bahkan keuntungan dari penjualan album digital dan fisik juga belum dihitung dan dibagi rata."

Memang di dunia hiburan Korea, beberapa artis tidak dibayar di tiga bulan pertama debut. Bahkan ada yang harus menunggu sampai setahun baru diberikan gaji penuh. Namun tetap saja namanya hak harus segera dibayarkan ya sesuai kontrak.

7. Mental para member IZ*ONE dan X1 juga turut terdampak masalah ini, hingga muncul rencana pembubaran

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1https://www.koreaboo.com/news/izone-comeback-showcase-cancel/

Segala bentuk komentar negatif yang ditujukan pada kasus manipulasi voting Produce 48 dan Produce X 101 juga turut berdampak pada kondisi mental para personel IZ*ONE dan X1. Hal ini diungkapkan sendiri oleh perwakilan dari agensi salah satu personel.

Perwakilan dari agensi personel IZ*ONE menyatakan, "Dengan semakin ramainya pemberitaan tentang skandal ini, member IZ*ONE sekarang merasa tidak nyaman dan tertekan. Kami sepakat bahwa akan sangat sulit bagi para member untuk melanjutkan promosi."

Kondisi ini memicu rencana para agensi untuk membubarkan IZ*ONE dan X1 demi kebaikan masa depan karier masing-masing personel. Hal ini juga ditanggapi oleh perwakilan dari agensi X1 yang mengatakan, "CJ ENM akan membuat keputusan final. Tapi kami semua (agensi individual member X1) sudah setuju bahwa tidak ada lagi alasan untuk melanjutkan aktivitas grup X1. Saat ini publik sudah menilai X1 sebagai 'grup yang curang' dan para member juga turut terdampak komentar negatif akibat skandal manipulasi voting."

8. Namun pihak Mnet menegaskan belum ada rencana untuk membubarkan IZ*ONE dan X1

Dampak Kasus Produce, 8 Cobaan yang Dialami IZ*ONE dan X1allkpop.com

Meski pihak agensi individual dari IZ*ONE dan X1 sudah sepakat bahwa bubar menjadi keputusan terbaik untuk masa depan IZ*ONE dan X1, namun nyatanya pihak Mnet tidak berpendapat demikian.

Dilansir dari Naver, perwakilan dari Mnet mengklarifikasi tentang kabar pembubaran IZ*ONE dan X1 dengan menyatakan, "Memang benar album baru IZ*ONE telah ditunda, tapi tidak ada rencana untuk bubar. Kami saat ini sedang mendiskusikan aktivitas mereka selanjutnya. Kami tidak pernah diskusi tentang pembubaran grup."

Pada akhirnya, korban sesungguhnya adalah para member dan fansnya. Para member pada dasarnya sama seperti trainee lainnya di manapun yang memimpikan untuk debut. Mereka juga tidak punya power untuk melawan kekuatan para petinggi. Apa pun itu kita doakan yang terbaik untuk mereka ya. Yang penting jaga jari, jaga ucapan agar tidak menyebarkan komentar negatif. 

Baca Juga: Bikin Heboh ONE IT, 7 Potret Lee Hangyul X1 Pakai Baju Batik Bali

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Just For You