Comscore Tracker

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKON

#4EverWith7KON Dari debut hingga kehilangan sang leader

Boyband iKON merayakan empat tahun anniversary debut mereka pada 15 September lalu. Bobby, Jinhwan, Yunhyeong, Donghyuk, Junhoe, dan Chanwoo menyapa para iKONIC melalui siaran langsung di aplikasi Naver V Live.

Empat tahun berkiprah di panggung musik KPop, perjalanan iKON tak selalu mulus. Simak kisah lika-liku perjalanan karier iKON sejak awal debut sampai sekarang.

1. Pertama kali diperkenalkan sebagai Team B di WIN: Who is Next

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKONettoday.net

B.I, Bobby, Jinhwan, Junhoe, Donghyuk, dan Yunhyeong pertama kali dikenal publik sebagai Team B di program Mnet WIN: Who is NEXT. Dalam program tersebut, mereka harus bersaing dengan Team A untuk mendapatkan kesempatan debut bersama YG Entertainment.

Selama tampil dalam program WIN, Team B merilis single Just Another Boy dan Climax yang mendapat sambutan hangat dari publik. Sayang, persaingan ketat bersama Team A harus berakhir kekalahan bagi B.I dkk. Team A akhirnya menang melalui perolehan suara dari publik dan didebutkan oleh YG Entertainment dengan nama grup WINNER.

2. Nyaris gagal debut, iKON diuji lagi dalam program Mix & Match

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKONdaum.net

Kekalahan di program WIN tentu saja menimbulkan kekecewaan bagi penggemar Team B. Beruntung pada tahun 2014, YG Entertainment kembali menguji bakat mereka dalam program Mnet bertajuk Mix & Match. Dalam program ini, Bobby, B.I dan Jinhwan secara resmi dipilih sebagai anggota untuk grup baru. Sedangkan Junhoe, Yunhyeong, dan Donghyuk harus bersaing dengan tiga trainee baru, Jung Jin Hyeong, Yang Hong Seok, dan Jung Chan Woo untuk berebut posisi tersisa.

Hasilnya, YG Entertainment resmi membentuk grup baru bernama iKON yang beranggotakan enam personel Team B ditambah Jung Chan Woo, yang sebelumnya dikenal sebagai aktor cilik di drama Boys Before Flowers dan The Heirs.

3. Single My Type dirilis 15 September 2015 dan langsung menuai sukses

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKONkpopmap.com

YG Entertainment mengumumkan debut iKON melalui website resminya pada 15 September 2015. Di hari yang sama, single sekaligus MV My Type dirilis dan langsung meraih 1,7 juta penonton dalam waktu 24 jam.

Satu minggu kemudian, lagu My Type memenangkan posisi pertama di chart MBC Music Core, bahkan sebelum iKON resmi memulai debutnya di atas panggung.

Baca Juga: 5 Momen Tak Terlupakan di Asian Sound Syndicate 2019, Ada Bobby iKON!

4. Januari 2016, IKON debut di Jepang lewat album Welcome Back

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKONseoulbeats.com

Setelah panen sukses di Korea Selatan, iKON akhirnya mencoba peruntungannya di negeri sakura. B.I dkk mengawali debut lewat album Welcome Back versi Jepang yang terjual sebanyak 61,508 kopi. Di penghujung tahun, iKON memenangkan penghargaan Artis Pendatang Baru Terbaik di Japan Record Award 2016.

5. Tur konser Asia pertama digelar pada Januari-September 2016

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKONDok. YG Entertainment

Tur konser bertajuk iKoncert 2016: Showtime Tour berawal di Seoul pada 30 Januari. Konser berlanjut di Taiwan, Tiongkok, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, hingga berakhir di Indonesia pada 3 September 2016.

6. Februari 2017, iKON gelar konser di Jepang yang meraup ratusan ribu fans

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKONbarks.jp

Tahun 2017 merupakan puncak popularitas iKON di Jepang. Baru satu tahun debut di sana, mereka sudah sukses menggelar tur konser dome dengan 22 pertunjukan di delapan kota besar, dan meraup total 233 ribu fans.

7. Sepanjang tahun 2018, IKON semakin ngehits lewat lagu Love Scenario

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKONDok. YG Entertainment

Album kedua iKON bertajuk Return dirilis pada 25 Januari 2018 berisi 12 lagu baru yang semuanya langsung merajai berbagai chart musik, terutama single andalan Love Scenario. Situs Genie Music bahkan menamai iKON sebagai Artis Paling Top pada paruh pertama tahun 2018 karena lagu-lagu mereka berhasil menempati puncak tangga lagu selama 35 hari.

8. Juni 2019, IKON ditinggal sang leader B.I yang tersandung kasus narkotika

Rayakan 4 Tahun Debut, 8 Kisah Lika-liku Perjalanan Karier iKONkoreatimes.co.kr

Sayangnya di usia karier yang terbilang masih seumur jagung, iKON harus kehilangan leader mereka. Pada Juni 2019 media Dispatch mewartakan kasus narkotika yang melibatkan B.I pada tahun 2016. B.I akhirnya mengundurkan diri dari grup yang telah membesarkan namanya, diikuti dengan pemutusan kontrak dari YG Entertainment.

Kini iKON melanjutkan aktivitas dengan formasi enam member tersisa, Bobby, Junhoe, Jinhwan, Yunhyeong, Donghyuk, dan Chanwoo. Semoga sukses selalu untuk iKON!

Baca Juga: Ditetapkan Sebagai Tersangka, 10 Kronologi Kasus Narkotika B.I iKON

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Just For You