Comscore Tracker

Wakil Indonesia di Oscars, 7 Fakta Film "Kucumbu Tubuh Indahku"

Sempat tuai protes lho

Film "Kucumbu Tubuh Indahku" telah resmi dipilih mewakili Indonesia untuk dikirimkan pada seleksi masuk nominasi di ajang Academy Awards 2020. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh pihak Indonesian Academy Awards 2019 lewat konferensi pers yang digelar 17 September lalu.

Sebelumnya "Kucumbu Tubuh Indahku" harus bersaing ketat dengan "Ave Maryam" dan "27 Steps of May" sebagai wakil Indonesia. Hingga akhirnya komite Persatuan Produser Film Indonesia memutuskan film garapan sutradara Garin Nugroho yang paling layak mewakili perfilman tanah air.

Sempat tuai pro dan kontra, berikut tujuh fakta menarik yang harus kamu tahu tentang "Kucumbu Tubuh Indahku".

1. Bercerita tentang masa kecil yang penuh trauma dan berdampak pada saat dewasa

Wakil Indonesia di Oscars, 7 Fakta Film Kucumbu Tubuh Indahkuinstagram.com/garin_film

Cerita berawal dari bocah bernama Juno (Raditya) yang harus bertarung melawan rasa kesepian sejak ditinggal oleh ayahnya. Di usia belia, Juno menjadi saksi rentetan kejadian traumatis mulai dari dihukum secara fisik oleh Bulik (tante) dan guru di sekolah, hingga menyaksikan tetangganya yang seorang Guru Lengger (Sujiwo Tejo) membantai selingkuhan sang istri secara brutal.

Setelah beranjak remaja, Juno akhirnya bekerja sebagai seorang penari lengger, namun trauma masa kecil tetap terbenam di dalam hatinya. Juno dewasa yang merasa kesepian akhirnya terlibat dalam konflik cinta dengan banyak orang, mulai dari seorang petinju (Randy Pangalila) hingga seorang Warok.

2. Mengangkat budaya Indonesia mulai dari Tari Lengger hingga Warok dan Gemblak

Tak hanya mengangkat cerita psikologis tentang bagaimana trauma masa kecil bisa terbawa hingga dewasa, film ini juga lekat dengan unsur budaya Indonesia, mulai dari memperkenalkan Tari Lengger asal Banyumas hingga kisah Warok dan Gemblak asal Ponorogo, Jawa Timur.

Tari Lengger sendiri merupakan tari tradisional yang memang biasanya dipentaskan oleh laki-laki. Tarian ini menggabungkan sisi maskulin dan feminin dalam satu tubuh dari sang penari. Sedangkan Warok dan Gemblak merupakan tradisi di mana seorang Warok (orang sakti) mengangkat bocah laki-laki sebagai Gemblak yang dipelihara olehnya.

3. Sempat menuai protes dan dilarang tayang di beberapa daerah

Wakil Indonesia di Oscars, 7 Fakta Film Kucumbu Tubuh Indahkuinstagram.com/fourcoloursfilms

Rilis tanggal 18 April 2019, sayangnya film "Kucumbu Tubuh Indahku" tidak mampu bertahan lama di bioskop. Begitu masa tayang dimulai, film ini meraih protes dan diboikot di Palembang, Padang, Depok, Semarang, dan beberapa kota lainnya.

Bahkan muncul sebuat petisi di change.org yang menuntut agar film besutan sutradara Garin Nugroho ini berhenti tayang.

Baca Juga: 6 Film Hollywood Keren yang Warnai Bioskop Indonesia Oktober 2019

4. Mayoritas protes yang datang menganggap film ini terlalu vulgar

Wakil Indonesia di Oscars, 7 Fakta Film Kucumbu Tubuh Indahkuinstagram.com/fourcoloursfilms

Hampir semua pemerintah kota dari daerah yang melarang penayangan "Kucumbu Tubuh Indahku" memberikan alasan yang sama, yaitu film ini dianggap terlalu vulgar karena menampilkan unsur LGBT. Film ini juga dianggap bertentangan dengan nilai agama dan budaya ketimuran.

5. Padahal, "Kucumbu Tubuh Indahku" meraih sambutan hangat di luar negeri

Wakil Indonesia di Oscars, 7 Fakta Film Kucumbu Tubuh Indahkuinstagram.com/garin_film

Sebelum tayang di Indonesia, mahakarya Garin Nugroho ini sempat wara wiri terlebih dahulu di beberapa festival film luar negeri. Film ini berhasil meraih Cultureal Diversity Awards di Asia Pasific Screen Award 2018, Bisato D'Oro Award di Venice Independent Film Critic 2018, hingga Best Film di ajang Festival Film di Perancis.

Bahkan media asing seperti The Hollywood Reporter juga turut menulis review untuk "Kucumbu Tubuh Indahku". Media tersebut memuji keunikan ide cerita serta kekuatan unsur budaya di dalam film.

6. Komite Film Indonesia menganggap film "Kucumbu Tubuh Indahku" sebagai paket lengkap

Wakil Indonesia di Oscars, 7 Fakta Film Kucumbu Tubuh Indahkuinstagram.com/fourcoloursfilms

Christine Hakim selaku ketua dari Komite Film Indonesia yang dibentuk khusus untuk persiapan menuju Academy Awards 2020 menggambarkan "Kucumbu Tubuh Indahku" sebagai paket film lengkap yang menampilkan bahasa oral, bahasa batin, dan rasa. Film ini juga mengangkat budaya tanah air sehingga bisa memperkenalkan kepada dunia tentang kekayaan budaya di Indonesia.

7. Diprediksi akan bersaing dengan "Parasite" dan "Weathering with You"

Wakil Indonesia di Oscars, 7 Fakta Film Kucumbu Tubuh Indahkuimdb.com

Tahap selanjutnya setelah dipilih sebagai wakil Indonesia adalah "Kucumbu Tubuh Indahku" harus bersaing dengan berbagai film luar negeri lainnya untuk bisa masuk dalam nominasi International Feature Film di ajang Academy Awards 2020 yang digelar di Los Angeles, 9 February 2020 mendatang.

Di kawasan Asia saja, pesaing terberat bagi film ini untuk tembus nominasi Oscars 2020 adalah film "Parasite" dari Korea Selatan dan "Weathering with You" dari Jepang. Kedua film ini menjadi fenomenal dan banjir pujian dari para kritikus film di Hollywood.

Kamu sendiri sudah nonton film "Kucumbu Tubuh Indahku", belum?

https://www.youtube.com/embed/5J9t1dyaBeA

Baca Juga: Klarifikasi Livi Zheng Soal Isu Miring Terdengar Seperti Lagu Usang

Topic:

  • Venita Beauty
  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya