Comscore Tracker

Tegang dan Mencekam, Ini 5 Film Berlatar Tragedi 9/11 

Memperingati 18 tahun setelah tragedi tersebut 

18 tahun yang lalu, tepatnya pada Selasa pagi tanggal 11 September 2001, dunia digemparkan dengan runtuhnya World Trade Center (WTC) akibat serangan teroris Al-Qaeda. Hampir 3,000 orang dinyatakan tewas dan 6,000 lainnya luka-luka akibat tragedi mengerikan tersebut. 

Hingga hari ini, tragedi yang disebut 9/11 ini masih menyisakan duka yang mendalam bagi para keluarga korban. 

Sejumlah film juga diproduksi untuk menggambarkan betapa mengerikan dan menyedihkannya tragedi tersebut, seperti film-film berikut ini.

1. The Flight That Fought Back (2005)

Tegang dan Mencekam, Ini 5 Film Berlatar Tragedi 9/11 Radiotimes.com

Film drama-dokumenter yang dinarasikan oleh Kiefer Sutherland ini menggambarkan rekonstruksi keadaan dalam pesawat United Airlines Flight 93 yang merupakan 1 dari 4 pesawat yang dibajak dalam Tragedi 9/11. 

Film ini menunjukkan bagaimana para penumpang dan awak kabin berusaha mempertahankan hidup mereka ketika pesawat tersebut diambil alih oleh para teroris. Pesawat tersebut akhirnya jatuh di Stonycreek Township, Pennsylvania. 

The Flight That Fought Back juga diproduksi berdasarkan rekaman suara di Air Traffic Control pada hari itu dan wawancara dengan keluarga para korbannya. 

2. World Trade Center (2006)

Tegang dan Mencekam, Ini 5 Film Berlatar Tragedi 9/11 Letterboxd.com

Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini menceritakan tentang John McLoughlin (Nicolas Cage) dan Will Jimeno (Michael Peña), dua orang polisi New York yang terjebak di bawah reruntuhan salah satu gedung World Trade Center dalam Tragedi 9/11. 

Tertimbun reruntuhan selama berjam-jam lamanya, keduanya tetap optimis bahwa mereka akan diselamatkan. Setelah menunggu belasan jam, McLoughlin dan Jimeno berhasil diselamatkan oleh Korps Marinir Amerika Serikat. 

McLoughlin dan Jimeno kemudian menjadi 2 dari 20 orang yang berhasil dievakuasi dari reruntuhan WTC dalam keadaan hidup. 

Baca Juga: Gak Nyangka, 5 Film Hollywood Ini Hanya Sekali Syuting Lho 

3. Extremely Loud and Incredibly Close (2011)

Tegang dan Mencekam, Ini 5 Film Berlatar Tragedi 9/11 Nytimes.com

Oskar Schell (Thomas Horn), merupakan seorang anak berusia 9 tahun yang seringkali diberikan 'misi' oleh sang ayah, Thomas Schell (Tom Hanks) yang berhubungan dengan teka-tekinya. 

Ketika sang ayah meninggal dunia akibat runtuhnya World Trade Center, hubungan Oskar dan ibunya semakin memburuk karena sang ibu tak dapat menjelaskan mengapa gedung tersebut diserang dan mengapa ayahnya meninggal.

Setahun setelah kematian ayahnya, Oskar menemukan sebuah amplop di lemari ayahnya yang berisi kata 'Black' dan sebuah kunci. Menyadari bahwa keduanya merupakan teka-teki sang ayah, Oskar kemudian memutuskan untuk berkeliling kota New York dan bersumpah untuk memecahkan teka-teki tersebut. 

4. Zero Dark Thirty (2012)

Tegang dan Mencekam, Ini 5 Film Berlatar Tragedi 9/11 Slashfilm.com

Zero Dark Thirty merupakan film thriller yang menceritakan tentang pemburuan pemimpin kelompok Al-Qaeda, Osama Bin Laden setelah hampir 10 tahun dicari. Film ini juga menjelaskan bagaimana CIA kemudian ditugaskan untuk menangkap atau membunuh bin Laden. 

Pencarian ini berakhir dengan penemuan kompleks bin Laden dan penggerebekan yang berujung pada kematian bin Laden pada tanggal 2 Mei 2011. 

5. 9/11 (2017)

Tegang dan Mencekam, Ini 5 Film Berlatar Tragedi 9/11 Hollywoodreporter.com

Pada tanggal 11 September 2001, Jeffrey Cage (Charlie Sheen) dan istrinya, Eve (Gina Gershon) tiba di North Tower untuk menandatangani surat cerai. Jeffrey, Eve, dan tiga orang asing lainnya tengah berada di lift ketika American Airlines Flight 11 menabrak gedung tersebut dan menghentikan lift itu. 

Kelima orang tersebut akhirnya terjebak di dalam lift dan berusaha melakukan segala cara untuk dapat menyelamatkan diri mereka. 

Sekarang menara kembar World Trade Center tersebut kini telah dijadikan situs peringatan untuk mengenang para korbannya.

Tak hanya itu, sebuah museum juga didirikan pada bulan Mei 2014. Museum tersebut berisi ribuan foto, rekaman suara, berbagai video, serta barang-barang yang berkaitan dengan tragedi tersebut, seperti mobil pemadam hingga bagian badan pesawat. 

Baca Juga: 5 Film Korea Tentang Depresi ini Bikin Kamu Berempati 

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You