Comscore Tracker

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio Ghibli

Ada voice actor favoritmu? #IDNTimesHype

Studio Ghibli merupakan studio film animasi yang berbasis di Koganei, Tokyo, Jepang yang hingga kini telah memproduksi banyak film animasi populer dan juga mendapat pujian yang luas dari seluruh dunia. 

Dari beberapa judul animasi yang telah tayang ada banyak karakter yang dibalik layarnya melibatkanvoice actor atau pengisi suara yang diantaranya adalah para aktor populer Jepang. 

Seperti dibawah ini adalah beberapa voice actor yang mengisi suara karakter utama wanita. Penasaran ada siapa saja? simak artikelnya sampai habis, ya!  

1. Rumi Hiiragi 

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliRumi Hiiragi merupakan voice aktor untuk karakter Chihiro Ogino / Sen dalam film animasi Spirited Away (nautiljon.com)

Rumi Hiiragi adalah salah satu aktris Jepang kelahiran 1987 yang memulai karirnya sekitar 1995 dengan membintangi berbagai iklan dan drama.

Pada tahun 2001 Rumi ikut mengisi suara untuk karakter Chihiro, seorang gadis berusia 10 tahun yang tersesat di dunia lain dalam film animasi produksi Studio Ghibli bertajuk Spirited Away. Dengan perannya tersebut Rumi pun kemudian meraih kemenangan Best Voice Actor dalam Tokyo Anime Award tahun 2002.

Selain Spirited Away, Rumi Hiiragi juga mengisi suara dalam film animasi Studio Ghibli lainnya untuk karakter Sachiko Hirokoji dalam film From Up on Poppy Hill dan Young Mother (婦人, Wakai Hahaoya) dalam film Ponyo. 

2. Noriko Hidaka

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliNoriko Hidaka merupakan voice actor asal Jepang untuk karakter Satsuki Kusakabe dalam film animasi My Neighbor Totoro (news.ponycanyon.co.jp)

Noriko Itō atau dikenal dengan nama panggung Noriko Hidaka adalah satu aktris Jepang yang memulai karirnya sejak tahun 1979. Wanita kelahiran Chiyoda, Tokyo, Jepang pada  31 Mei 1962 ini juga telah memiliki catatan panjang dalam karirnya termasuk menjadi seorang voice actor. 

Salah satu karakter yang pernah diperankannya sebagai voice actor adalah Satsuki Kusakabe, seorang gadis berusia 10 tahun yang ceria dalam film My Neighbor Totoro (1988), produksi Studio Ghibli.

Selain itu, Noriko Hidaka pun pernah menjadi voice actor dalam serial anime dan film populer seperti karakter Masumi Sera di film Detective Conan, Near di Death Note, Yuki Tsukumo di Jujutsu Kaisen, Jean Roque Raltique di Nadia: The Secret of Blue Water dan Kikyo di Inuyasha

3. Chieko Baisho

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliChieko Baisho merupakan voice actor untuk karakter Sophie Hatter dalam film animasi Studio Ghibli Howl's Moving Castle (eigeki.com)

Memulai karir sejak tahun 1961, aktris sekaligus penyanyi Chieko Baisho lahir pada 29 Juni 1941 di Kita, Tokyo, Jepang. Hingga tahun ini dia masih aktif di dunia entertainment dan telah membintangi berbagai judul film.

Tak mau ketinggalan, wanita yang kini akan berusia 80 tahun ini juga ikut menjajaki karir sebagai voice actor yang salah satunya dalam film animasi Howl's Moving Castle (2004) dengan melakoni dua peran sekaligus yaitu Sophie Hatter versi tua dan muda. Selain itu dia juga ikut mengisi tema lagu dalam film tersebut.   

Berkat aktingnya untuk pengisi suara dalam film animasi tersebut, dia juga dianugrahi kemenangan Best Voice Actor/Actress pada Tokyo Anime Award (2005). 

4. Yoko Honna

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliYoko Honna merupakan voice actor untuk karakter Shizuku Tsukishima dalam film animasi studio Ghibli whisper of the heart (instagram.com/codylewis7127)

Baca Juga: Multitalenta, Gak Heran 9 Artis Didapuk jadi Pengisi Suara Film

Yoko Honna adalah salah satu voice actor  karakter utama wanita dalam film animasi produksi Studio Ghibli bertajuk Whisper of the Heart. Dalam film tersebut, aktris sekaligus penyanyi yang lahir pada 7 Januari 1979 di Sōka, Saitama Prefecture, Jepang ini berperan sebagai Shizuku Tsukishima, siswa SMP berusia 14 tahun yang sangat mencintai buku. Tak hanya mengisi suara, Yoko pun ikut membawakan salah satu lagu tema untuk film tersebut. 

SelainWhisper of the Heart (1995), aktris yang memulai karirnya sejak tahun 1989 ini juga menjadi voice actor dalam film Studio Ghibli lainnya untuk karakter Taeko Okajima (5th grade) dalam film Only Yesterday (1991). 

5. Minami Takayama 

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliMinami Takayama merupakan voice actor untuk karater Kiki dalam film animasi Studio Ghibli Kiki's Delivery Service (instagram.com/dconan4ever)

Memulai karirnya dari tahun 1987, voice actress, singer sekaligus narrator kelahiran Adachi, Tokyo, Jepang pada 5 Mei 1964 ini juga menjadi salah satu voice actor dalam film populer produksi Studio Ghibli, Kiki's Delivery Service (1989).

Dalam film tersebut Minami Takayama atau pemilik nama lahir Izumi Arai ini mengisi suara untuk karater Kiki, seorang gadis berusia 13 tahun yang pergi meninggalkan rumahnya untuk melatih kemampuannya sebagai penyihir pemula.  

Di sepanjang karirnya, Minami juga telah menjadi voice actor untuk banyak serial televisi dan film. Dari semuanya perannya yang paling populer sebagai voice actor adalah dalam Detective Conan sebagai Conan Edogawa.

6. Mirai Shida

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliMirai Shida merupakan voice actor untuk karakter Arrietty dalam film animasi Studio Ghibli Arrietty (kamenrider.fandom.com)

Mirai Shida adalah aktris kelahiran 10 Mei 1993, Ayase, Kanagawa, Jepang dan memulai karirnya sebagai aktris cilik tahun 1999. Sampai saat ini dia telah tampil dalam banyak film, televisi, dan iklan.

Untuk karirnya sebagai voice actor, dia pernah mengisi suara dalam film produksi Studio Ghibli, Arrietty (2010) sebagai Arrietty, yang merupakan 'Borrower', sang manusia kecil.

7. Sara Takatsuki

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliSara Takatsuki merupakan voice actor untuk karakter Anna Sasaki dalam film animasi Studio Ghibli When Marnie Was There (listal.com)

Sara Takatsuki adalah aktris Jepang kelahiran 10 August 1997 di Kanagawa Prefecture, Jepang. Dia memulai karirnya pada tahun 2008 dan member dari grup idol Bump.y dari tahun 2009 hingga 2014.

Selain film dan acara TV, Sara juga menjadi voice actor  untuk film When Marnie Was There (2014) sebagai Anna Sasaki, gadis berusia 13 tahun yang mengidap asma dan terpaksa harus tinggal di kota tepi laut pedesaan yang terletak di antara Kushiro dan Nemuro.

8. Kasumi Arimura 

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliKasumi Arimura merupakan voice actor untuk karakter Marnie (Young) dalam film animasi Studio Ghibli When Marnie Was There (instagram.com/arimura_kasumi_funaccount)

Kasumi Arimura adalah aktris Jepang kelahiran 1993 di Itami, Hyōgo Prefecture, Jepang. 

Sejak bergelut di dunia entertainment tahun 2010, Kasumi telah membintangi banyak film, dan drama TV. Dia juga menjajaki karir sebagai voice actor untuk beberapa film seperti When Marnie Was There (2014), sebagai Marnie, gadis misterius yang tinggal di sebuah rumah di sebrang rawa.  

Selain itu, dia juga menjadi voice actor untuk karakter Clara dalam film Nutcracker Fantasy (2014), Bianca di Dragon Quest: Your Story (2019), Adult Sayaka di Show Me the Way to the Station (2019), dan juga bergabung dalam film Rurouni Kenshin: The Final (2021) dan Rurouni Kenshin: The Beginning sebagai Yukishiro Tomoe (2021). 

9. Keiko Yokozawa

9 Seiyuu Karakter Wanita di Film Animasi Studio GhibliKeiko Yokozawa merupakan voice actor untuk karakter Sheeta (Princess Lucita Toel Ul Laputa) dalam film animasi Studio Ghibli Castle in the Sky(anidb.net)

Keiko Yokozawa atau Keiko Nanba, lahir pada 2 september 1952 di Niigata, Niigata, Jepang. Dia adalah voice aktor yang memulai karirnya sejak tahun 1975 dan telah menjadi pengisi suara untuk puluhan judul anime, video game hingga dubbing

Di film animasi Castle in the Sky (1986), Keiko menjadi voice actor untuk karakter Sheeta, yaitu seorang gadis yang jatuh dari langit dan kemudian berpetualang bersama dengan Pazu untuk mencari Laputa, sebuah kastil terbang sebelum musuh menemukan mereka. Selain di film tersebut, Keiko juga sangat dikenal dengan perannya sebagai Dorami di anime Doraemon,  Mami Sakura di Esper Mami, dan Benio Hanamura di Haikara-san ga Tōru

Nah itulah sembilan voice actor yang memerankan karakter utama wanita dalam film produksi Studio Ghibli. Dari semuanya, siapa favoritmu?.

Baca Juga: 9 Fakta Hiroshi Kamiya, Pengisi Suara Levi di 'Attack on Titan'

Sakura Sakura Photo Verified Writer Sakura Sakura

Just trying my best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya