Comscore Tracker

Gak Banyak yang Tahu, 5 Cerita Iqbaal Ramadhan Jadi Korban Bullying

Iqbaal pernah jadi korban, ajak anak muda stop bullying!

Iqbaal Ramadhan berbagi kisah bullying yang pernah dialaminya. Rupanya, aktor pemeran Dilan ini dulu pernah juga jadi korban bullying, lho! Menurut Iqbaal, bullying bukan hal yang bisa diremehkan. Ia mengajak generasi muda untuk menyadari bahwa bullying adalah masalah besar yang gak seharusnya dianggap biasa.

Nah, ini dia pengalaman Iqbaal Ramadhan soal bullying yang dibagikan saat webinar bersama UNICEF dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) pada Selasa (28/7/2020).

1. Iqbaal Ramadhan pernah jadi korban bullying saat SD

Gak Banyak yang Tahu, 5 Cerita Iqbaal Ramadhan Jadi Korban BullyingYoutube.com/AJI Indonesia

Gak banyak yang tahu kalau Iqbaal Ramadhan ternyata pernah jadi korban bullying saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Iqbaal mengungkap, waktu kecil, ia pernah di-bully teman-teman di kelasnya.

"Saat itu cara pembuktian saya kepada mereka adalah dengan mengikut acara-acara menyanyi sampai masuk musikal. Saya ingat banget waktu itu acara musikal, saya bagikan flyer ke temen-teman di sekolah kalau saya ada di musikal ini. Lalu yang dilakukan mereka adalah mencoret-coret muka saya lalu membuangnya di koridor sekolah," tuturnya dalam video tersebut.

2. Iqbaal juga di-bully saat menjadi anggota Coboy Junior

Gak Banyak yang Tahu, 5 Cerita Iqbaal Ramadhan Jadi Korban BullyingBerbagai Sumber

Gak cuma saat masih SD, Iqbaal juga menceritakan apa yang dirasakannya saat menjadi anggota Coboy Junior. Sebagai grup remaja, Iqbaal menyebut, banyak orang yang menyerang mereka kala itu.

"SMP, SMA, saya masuk Coboy Junior. Itu juga banyak cacian, bully-an dari orang yang gak suka dengan kami, musik kami, karena merasa kami meracuni generasi muda waktu itu karena kami menyanyi lagu dengan tema cinta-cintaaan. Padahal apa yang kami sampaikan adalah apa yang anak atau remaja rasakan saat itu. Cinta monyet, suka-sukaan pada pasangan. Tapi you cant make everybody happy in your life," tambahnya.

3. Pandemik bikin risiko terpapar cyber bullying meningkat dan itu bukan hal sepele

Gak Banyak yang Tahu, 5 Cerita Iqbaal Ramadhan Jadi Korban BullyingYoutube.com/AJI Indonesia

Masa pandemik ini pun menurut Iqbaal, meningkatkan risiko bullying di internet yang biasa disebut sebagai cyber bullying. Karena masa karantina, banyak orang menghabiskan waktu di dunia maya, melihat kehidupan orang lain yang membuat mereka punya keinginan untuk mengomentari hidup orang tersebut.

"Cyber bullying ini adalah ketika kita menggunakan teknologi untuk melecehkan, mengancam, atau menargetkan orang lain. Dan ketika ada orang dewasa yang terlibat di pelecahan secara online ini bisa disebut sebagai cyber harrasment, dan bisa ditindak tegas bahkan sampai hukuman penjara. Jadi ini real deal bukan cuma sekadar julid mengomentari orang lain, tapi juga bagaimana kamu bisa masuk penjara jika kamu dianggap sudah dewasa dan melakukan cyber harrasment," seru Iqbaal kemudian.

Baca Juga: Aurora Ribero, dari Mimpi hingga Film Bareng Jefri Nichol dan Iqbaal

4. Bahayanya, banyak yang gak sadar kalau melakukan bullying

Gak Banyak yang Tahu, 5 Cerita Iqbaal Ramadhan Jadi Korban Bullying@nareend via instagram.com/iqbaal.e

Yang menjadi kekhawatiran Iqbaal Ramadhan adalah seseorang sering tidak sadar jika dia melakukan bullying. Sering kali komentar fisik, seperti gemukan, kurusan, iteman, jerawatan, dianggap normal, padahal itu termasuk sesuatu yang tak perlu dikomentari.

Tak hanya itu, Iqbaal juga mengkritisi orang-orang yang sampai menciptakan akun palsu untuk menyerang orang lain di dunia maya. Mereka merasa aman karena bisa menyembunyikan identitas aslinya di internet. Padahal, di dunia nyata, mereka mungkin tak akan pernah mengatakan hal-hal mengerikan itu secara langsung.

"Ini memalukan. Problemnya memang kita jadi gak punya identity di medsos. Lu bisa jadi gue, gue bisa jadi lu di medsos tanpa orang lain harus tahu. Itu sudah pernah terjadi. Ada kasusnya orang berpura-pura menjadi saya dan meminta donasi. Sampai akhirnya terungkap dan kami tindak lanjuti dengan tegas. Ini rasanya lumrah sekali, jadi sesuatu yang dinormalisasi. 'Ah kalau gue mau ngatain seseorang, gue pake fake account.' Ini menjadi normal dan it's really really dangerous," serunya.

5. Iqbaal mengajak fans untuk berempati

Gak Banyak yang Tahu, 5 Cerita Iqbaal Ramadhan Jadi Korban BullyingYoutube.com/AJI Indonesia

Karenanya, Iqbaal merasa, semua orang penting untuk menyadari setiap tindakannya dan menghentikan bullying dalam bentuk apapun, verbal, cyber, dan apapun itu. Untuk mengetahui apakah yang kamu lakukan itu termasuk bullying atau tidak, coba tempatkan diri kita di posisi orang tersebut sebelum kamu mengatakan atau melakukan sesuatu pada mereka.

"Bagaimana jika kita yang dibecandain? Apa kita akan marah? Sedih? Atau baik-baik saja? Kan belum tentu. Penting berperilaku baik dan memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan," kata Iqbaal.

Aktor dan musisi ini juga mengajak anak-anak muda untuk selalu memberikan dukungan pada teman yang mengalami bullying. Kamu bisa memberi bantuan dengan cara menghubungi orang dewasa yang kamu percaya, seperti guru, untuk menghalau aksi bullying.

"Gak cuma di pandemi, kalau ngelihat bullying, carikan bantuan untuk mereka. Jangan lupa simpan atau cetak bukti bullying ini," serunya kemudian.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami bullying, jangan takut untuk cari bantuan dari orang-orang terdekat yang kamu percaya, ya! Stop bullying karena mencela orang lain itu gak keren!

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Dikelilingi 4 Ratu, Ini 5 Fakta Film Terbaru Iqbaal Ramadhan

Topic:

  • Zahrotustianah
  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya