Comscore Tracker

6 Fakta tentang Turki yang Jarang Kamu Tahu

Siap-siap nih buat yang mau liburan ke Turki

Turki, negeri dua benua yang sedang diminati wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan sejarah maupun kotanya. Banyak orang berbondong-bondong datang ke Turki, mungkin kamu salah satunya. Tapi, jangan cuma tahu soal kebab dan turkish delightnya. Ini 5 fakta Turki yang wajib kamu tahu!

1. Lotre atau undian ada di mana-mana

6 Fakta tentang Turki yang Jarang Kamu Tahuhaberturk.com

Bukan rahasia lagi jika Turki merupakan negara sekuler, untuk itu lotre atau undian di negeri dua benua ini laris manis. Di kota besar maupun kota kecil kita akan menemukan orang yang menjajakan undian berhadiah. Salah satu merk lotre yang terkenal adalah Milli Piyango.

2. Daerah-daerah berbahaya untuk dikunjungi

6 Fakta tentang Turki yang Jarang Kamu Tahuexpatguideturkey.com

Setiap daerah tentu memiliki daerah-daerah berbahaya, tak terkecuali di Turki.  Wisatawan yang berkunjung ke Istanbul harus paham empat daerah yang berbahaya untuk dikunjungi, yakni Dolapdere, Sarıgöl, Kuştepe dan Tarlabaşı. Menurut website Expat Guide Turkey, ketiga daerah ini terkenal dengan aktivitas kejahatannya. Untuk itu dihimbau untuk tidak mengunjungi ketiga tempat ini terutama pada malam hari. Di website yang sama, diinformasikan bahwa ada 21 tempat yang berbahaya untuk dikunjungi.

Baca Juga: 5 Kota di Turki yang Seru untuk Dikunjungi Selain Istanbul

3. Pemeriksaan identitas di stasiun dan terminal

6 Fakta tentang Turki yang Jarang Kamu Tahukarar.com

Keamanan merupakan salah satu prioritas di negara ini. Untuk itu, pengecekan identitas untuk orang luar atau pendatang dari negara lain selalu diberlakukan seperti di stasiun dan terminal. Ada beberapa polisi tak berseragam (intel) yang tiba-tiba mendatangi kita dan menanyakan identitas setelah dia menunjukkan kartu tanda anggotanya atau random checking. Belum selesai sampai disitu, identitas kita akan difoto dan dikirim ke kantor pusat untuk memperoleh informasi.

Jika kita tak bermasalah atau tak pernah berafilisasi dengan organisasi teroris, maka kita akan dilepas. Tak hanya itu, jika kita tidak terkena random checking, waktu kita naik bus ke luar kota, akan ada beberapa pos keamana yang akan mengecek identitas kita nantinya Proses ini biasanya memakan waktu lima sampai sepuluh menit. Teknologi di Turki sangatlah canggih untuk masalah keamanan.

4. Kampung Suriah

6 Fakta tentang Turki yang Jarang Kamu Tahuhurriyet.com.tr

Turki memberlakukan open door policy yang mana membuka pintu untuk pengungsi konflik seperti yang terjadi di Suriah. Maka tak heran di beberapa daerah sarat dengan orang Suriah yang bermukim di satu tempat. Daerah-daerah ini disebut juga dengan kampung Suriah dan di sini kita bisa menemukan makanan-makanan khas Suriah yang super lezat lho!

5. Transportasi gratis

6 Fakta tentang Turki yang Jarang Kamu Tahurailwaygazette.com

Transportasi di Turki terbilang unik, ada beberapa potongan harga yang dapat kita dapat sesuai dengan status maupun umur kita. Contohnya saja jika kita naik kereta. Untuk yang berumur dibawah 26 tahun, kita akan mendapat potongan harga sekitar 20 persen.

Hal unik lainnya terkait transportasi adalah transportasi gratis. Seperti di kota Konya di mana pelajar dari negara lain dapat mengakses transportasi gratis dari bus hingga tram. Tentunya fasilitas ini bisa dipakai setelah kita mendaftarkan diridi departmen trasnportasi kota Konya dengan membawa beberapa persyaratan.

6. Modus pemalakan di Istanbul

6 Fakta tentang Turki yang Jarang Kamu Tahutheconversation.com

Berkunjung ke Istanbul memanglah menyenangkan, namun kita harus berhati-hati. Pasalnya, ada beberapa modus yang dilancarkan oleh beberapa orang untuk melakukan pemalakan. Salah satunya adalah dengan menawarkan sol sepatu secara gratis. Ada yang memaksa dengan mengatakan untuk melarisi jasanya dan tidak dipungut biaya. Setelah sepatu kita diservis, mereka meminta bayaran dengan cara memaksa padahal awalnya bilang gratis.

Nah, itu dia 6 hal tentang Turki yang jarang orang tahu. Semoga menambah pengetahuan kamu ya tentang Turki!

Baca Juga: 5 Barang ini Cuma Bisa Kamu Beli di Turki, Cocok Jadi Oleh-oleh

Adli Hazmi Photo Writer Adli Hazmi

Perfectionist Gemini

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya