TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Tak Terduga yang Bisa Membuat Anak Kos Gembira di Tanggal Tua 

Uang kaget bisa bikin senyum mengembang di tanggal tua

ilustrasi kehabisan uang (pexels.com/ Karolina Grabowska)

Menjadi anak kos berarti siap menjalani hidup dengan segala permasalahan sehari-hari tanpa bantuan orangtua. Walaupun kamu masih mendapat jatah kiriman dana dari orang tua, tetapi bisa saja uang persediaan kamu memang hanya cukup untuk satu bulan.  Dan ketika ada keperluan yang mendadak di luar hal rutin, dompet kamu pun terancam defisit. Alhasil, kamu pun merasa ketar-ketir mempertanyakan apakah sisa uang kamu akan cukup sampai kiriman uang berikutnya.

Ketika mengalami hal itu, kamu pasti akan bersyukur sekali saat mendapatkan rezeki tak terduga yang bisa menyelamatkan hari-hari menjelang tanggal tua. Apa sajakah itu?

1. Diberi makanan oleh ibu kos

ilustrasi makanan (pexels.com/Hải Nguyễn)

Wah, kamu pasti akan merasa sangat senang bukan jika tiba-tiba diberi makan oleh ibu kos? Lumayan kamu bisa menghemat uang makan kamu untuk hari itu.

Ucapkan terima kasih kepada ibu kos yang baik ini dan jangan lupa mengembalikan wadah makanan usai kamu makan. Kembalikan wadahnya dalam keadaan bersih alias sudah dicuci ya.

Baca Juga: 5 Konflik Sosial yang Sering Terjadi di Kalangan Anak Kos

2. Diskon

ilustrasi diskon (pixabay.com/Geralt)

Entah diskon barang yang memang sangat kamu butuhkan sampai diskon harga makanan pesan antar, hal itu tetap saja berguna untuk memperkecil pengeluaran kamu. Kamu bisa memanfaatkan potongan harganya dan menggunakan uangnya untuk keperluan lain.

Kalau kamu rajin mengecek program diskon yang sering diadakan oleh aplikasi online pesan antar makanan, bisa-bisa tidak di tanggal tua pun kamu akan terbiasa memanfaatkan diskon yang memang menguntungkan ini.

3. Ditraktir teman

ilustrasi hangout dengan teman (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Teman kamu mungkin berulang tahun atau sedang merayakan sesuatu dan kamu pun ditraktir makan. Nah, kamu pasti gembira sekali kan? Jika sudah ditraktir, sebaiknya kamu mengingatnya dan gantian mentraktir saat kamu mempunyai rezeki lebih.

Kawan kamu akan sama gembiranya denganmu terlepas dari kondisi keuangannya yang mungkin saja lebih baik darimu. Kawan kamu yang baik ini biasanya tak mempermasalahkan harga makanan yang kamu beri. Kenyataan bahwa kamu ingin berbagi dengannya itu sudah cukup membuatnya senang kok. Artinya kamu gak pelit dan bukan parasit yang cuma mau mengambil untung tanpa mau memberi.

4. Uang kaget

ilustrasi uang (pexels.com/Ahsanjaya)

Ini bukan gak mungkin lho! Bisa saja kamu pernah mengikuti undian berhadiah atau give away dan kamu menjadi pemenangnya. Bisa juga honor kamu dari pekerjaan freelance telah cair. Dan jika kebetulan hal itu terjadi pada saat tanggal tua, artinya uang kaget Ini datang di saat yang tepat bukan?

Baca Juga: 5 Tips Menata Furnitur di Ruangan Sempit, Anak Kos Harus Paham 

Verified Writer

Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya